Cuaca Ekstrem Bikin Pabrik Mobil Ini Stop Produksi

19/02/2021

Pasar mobil

2 menit

Akibat cuaca ekstrem yang melanda sebagian besar benua Amerika, pabrik mobil di Amerika dan Meksiko mengumumkan tak lagi beroperasi dan meliburkan karyawannya.

Cuaca dingin yang mengganggu pasokan gas di Amerika bagian selatan dan Meksiko membuat sebagian besar pabrik mobil berhenti beroperasi. Setelah sebelumnya General Motors menghentikan proses produksi, kabar terbaru menyebutkan Ford, Nissan, dan Toyota melaporkan gangguan pada jalur perakitan mereka.

Pabrik mobil tak lagi beroperasi

Pemberitaan mengenai cuaca buruk di Amerika, khususnya Texas, menjalar di lini masa. Yang terburuk, puluhan orang meninggal akibat hipotermia karena sistem pemanas yang tidak menyala, mayoritas lansia. Dikarenakan cuaca buruk membanjiri jaringan listrik Texas dan memutus pasokan gas alam dari Texas ke Meksiko.

penduduk yang sedang mengeruk salju di Texas
Cuaca buruk menghasilkan salju tebal dan beberapa penduduk dilaporkan meninggal

>>> Tesla Bakal Bangun Pabrik Mobil Listrik di India Selatan

Selain berdampak pada masyarakat sipil, hal ini juga membuat sebagian besar pabrik mobil menghentikan operasi mereka. Termasuk Meksiko, dimana sebagian besar tenaga untuk mengoperasikan pabrik menggunakan gas alam yang diimpor langsung dari Amerika. Termasuk terhentinya rantai pasokan komponen yang terjadi di kedua sisi perbatasan.

Selain Texas, enam negara bagian Meksiko mengalami pemadaman listrik. Secara signifikan berkontribusi pada penangguhan operasi di pabrik perakitan mobil. Pasokan yang lebih sedikit membuat sebagian pabrik melaporkan pengurangan konsumsi energi sekitar 20% hingga 30% sejak Selasa, (16/2), jelas Asosiasi Otomotif Meksiko, AMIA.

>>> Pabrik Porsche Pertama di Luar Jerman Siap Dibangun di Malaysia

Terhenti sejak Selasa lalu

Pabrik mobil General motors, Ford, dan Toyota telah menghentikan produksi mereka di Amerika karena kondisi caca yang ekstrem, sebagaimana dilaporkan oleh Bloomberg Selasa lalu. Tercatat, perusahaan GM yang berlokasi di Arlington, belum beroperasi sejak hari Senin (15/2). Perusahaan menghentikan operasi karena pemadaman listrik dan ketidakmampuan pekerja untuk datang karena salju tebal.

pembangkit listrik yang ada di Amerika
Pemadaman listrik terjadi di berbagai negara bagian di Amerika

Ford juga menangguhkan pekerjaan di pabrik mereka di Michigan, Missouri, dan Ohio karena cuaca buruk. Selain Texas, Toyota terpaksa membatalkan shift pekerja yang beroperasi di pabrik perakitan mobil mereka di Indiana, Kentucky, Mississippi, dan Virginia Barat.

Sejak Selasa, 24 kota di Amerika memperbaharui rekor suhu terdingin sejak tahun 2000-an. Kota Corpus Christi dan Houston di Texas melaporkan suhu mencapai 8 derajat di bawah nol untuk pertama kalinya sejak 1985 dan 1905. Penduduk Texas harus berhadapan dengan badai musim dingin yang dimulai sejak Kamis (11/2) dan berlanjut hingga hari ini.

>>> Berbagai pilihan terbaik mobil baru dan bekas ada di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top