Cruise Diizinkan Uji Coba Mobil Berteknologi Otonom di San Francisco

19/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Cruise Diizinkan Uji Coba Mobil Berteknologi Otonom di San Francisco
Cruise telah diizinkan untuk melakukan serangkaian uji coba mobil berteknologi otonom yang berjalan tanpa bantuan manusia di jalan-jalan San Francisco.

Cruise perusahaan mobil self-driving asal Amerika yang berkantor pusat di San Francisco, California menjadi yang pertama menerima izin untuk menguji mobil tanpa pengemudi berada di jalan-jalan San Francisco. Izin tersebut diberikan dari Departemen Kendaraan Bermotor California. 

>>> BMW dan Mercedes Tunda Proyek Kolaborasi Mobil Otonom

Gambar menunjukan Mobil Otonom

Armada Cruise berteknologi otonom

Cruise Bukan yang Pertama

Cruise yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh General Motors dan menunjuk Honda dan SoftBank Group menjadi investor telah menguji 180 mobil self-driving di San Francisco dengan safety driver di belakang kemudi. Kini dengan adanya izin tersebut memungkinkan Cruise menguji mobil berteknologi otonom berjalan dalam keadaan kosong tanpa pengemudi atau penumpang. 

“Jadi itu satu atau dua langkah di luar apa yang awalnya akan kami lakukan dengan izin ini,” kata Dan Ammann, kepala eksekutif Cruise seperti dikutip dari Reuters. “Ini tidak terlalu jauh,” katanya. Dalam postingan blognya, dia menambahkan, "Kami bukan perusahaan pertama yang menerima izin ini, tapi kami akan menjadi yang pertama menggunakannya di jalan-jalan kota besar di AS," tutupnya.

>>> Honda Temukan Cara Berkendara Baru Lewat Konsep Augmented Driving

Gambar menunjukan Mobil otonom

Armada Cruise berteknologi otonom

Waymo Menjadi yang Pertama Terima Izin di Tahun 2018 

Cruise adalah perusahaan kelima yang menerima izin melakukan uji coba mobil berteknologi otonom di California. Sedangkan perusahaan pertama yang mendapatkan kepercayaan ialah Waymo untuk melakukan uji coba mobil berteknologi otonom dengan kecepatan hingga 65 mil per jam pada tahun 2018 silam.

Tahun ini, Nuro yang didukung SoftBank yang kendaraannya tidak memiliki roda kemudi atau pedal, juga disetujui dan telah mengirimkan pasokan medis untuk rumah sakit penanganan Covid-19. Startup asal China AutoX & AMZN, O Zoox dari Amazon.com Inc juga telah mendapatkan izin dalam beberapa bulan terakhir. Empat izin sebelumnya adalah untuk kota-kota di Silicon Valley yang lebih mudah dinavigasi.

Untuk mempersiapkan masa depan taxi berteknologi otonom, Cruise juga saat ini sedang berupaya meningkatkan aplikasi pemesanan kendaraan yang digunakan karyawan secara gratis untuk berkeliling kota.  Masa depan itu kemungkinan pada akhirnya akan mencakup Cruise Origin sebuah kendaraan listrik tanpa roda kemudi atau pedal yang diluncurkan pada bulan Januari, tetapi itu akan membutuhkan persetujuan dari Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA).

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top