Cruise Control Bermasalah, Tesla Recall 300 Ribu Mobil di China

28/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Sekitar 300 ribu mobil listrik Tesla Model Y dan Model 3 buatan China harus direcall karena masalah pada Cruise Control yang bisa aktif secara tidak sengaja.

Masalah pada sistem autopilot mengharuskan Tesla melakukan penarikan terhadap ratusan ribu Model Y dan Model 3 buatan China. Dikhawatirkan terjadi akselerasi mendadak akibat cruise control yang tiba-tiba aktif tanpa sengaja yang berpotensi menjadi bahaya besar.

Dikutip dari Bloomberg, (26/6/2021), seluruh mobil yang harus direcall merupakan model Made In China (MIC) alias buatan Giga Shanghai. Sedangkan untuk mengisi kekosongan sementara waktu Tesla disarankan untuk mengimpor Model Y dan Model 3 sampai masalah recall benar-benar tuntas.

"Sistem autopilot mobil [cruise control] dapat diaktifkan secara otomatis, berpotensi menyebabkan kecelakaan dari akselerasi mendadak, kata agensi China." tulis Bloomberg.

Foto Dashboard Tesla Model Y

Fitur Cruise Control bermasalah, ratusan ribu mobil Tesla kena recall

Agensi China yang dimaksud adalah Administrasi Negara untuk Peraturan Pasar di China, The State Administration for Market Regulation (SAMR).

>>> Main Game PlayStation 5 Nantinya Bisa di Dalam Mobil Tesla

Ada 285.000 Mobil Terdampak

Menurut SAMR recall kali ini melibatkan sekitar 285.000 mobil, dengan rincian:

  • 211.256 MIC Model 3, tahun produksi antara 19 Desember 2019, dan 7 Juni 2021,
  • 38.599 MIC Model Y, produksi tahun ini hingga 7 Juni, dan
  • 35.665 Model 3 impor dengan tahun produksi antara 12 Januari dan 27 November 2019.

Atas recall ini Tesla China menyampaikan maaf kepada para pelanggan dan menegaskan bahwa recall tetap harus dilakukan demi meningkatkan keselamatan.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh penarikan ini kepada semua pemilik mobil," kata Tesla dalam pemberitahuan melalui akun dukungan pelanggan resminya di platform media sosial China, Weibo. “Tesla akan terus meningkatkan keselamatan sesuai dengan persyaratan nasional.”

>>> Selain Tesla, 13 Mobil Listrik Juga Dikalahkan Wuling MINI EV

Sekilas Tentang Penjualan Tesla di China

Dalam beberapa waktu terakhir Tesla memang menghadapi beragam hal tak mengenakkan di China. Dari protes pelanggan di pameran Shanghai Auto 2021 April lalu, hingga sejumlah kecelakaan yang membuat opini negatif terhadap merek asal Amerika tersebut.

Foto menunjukkan para pengunjung melihat model Tesla yang dipamerkan

Penjualan Tesla di China berkontribusi besar terhadap penjualan global

 

Meski demikian mobil ini tetap menarik minat pelanggan di China dengan bukti penjualan yang tetap tinggi. Di bulan Mei, penjualan retail Tesla mencapai 12.728 unit untuk Model Y dan 9.208 unit untuk Model 3. Kedua model tersebut hanya kalah dari Wuling MINI EV yang terjual sebanyak 29.706 unit.

>>> Tertarik mobil listrik Tesla, cek harganya di sini!

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top