Crossover Mach-E Hadir, Ford Siapkan Mustang Listrik Betulan?

03/12/2019

Pasar mobil

5 menit

Crossover Mach-E Hadir, Ford Siapkan Mustang Listrik Betulan?
Setelah memperkenalkan crossover Mach-E, Ford tampaknya sedang menyiapkan varian listrik dari mobil muscle Ford Mustang dengan basis platform serupa.

Jelang peluncuran Mach-E, Ford sebenarnya sudah menyiapkan modifikasi Ford Mustang elektrik. Bekerja sama dengan Webasto, mobil muscle kenamaan Amerika itu disulap jadi mobil listrik yang diberi nama Ford Mustang Lithium.

>>> Dipasarkan akhir tahun depan, Ford Mustang Mach-E hadirkan lima varian

Disiapkan untuk ajang SEMA 2019, Ford Mustang Lithium memiliki tenaga 900 HP dan torsi 1.356 Nm. Namun yang menarik dari mobil konsep ini adalah penggunaan transmisi manual enam percepatan, dan layout konsol tengah futuristik dengan penggunaan layar sentuh berdimensi besar.

Motor listrik yang digunakan Ford Mustang Lithium Concept

Motor listrik Ford Mustang Lithium Concept memiliki tenaga sampai 900 HP

Sayangnya, mobil konsep dengan transmisi manual enam percepatan ini tidak akan jadi basis untuk Ford Mustang elektrik. Menurut Ron Heisler, Chief Engineer Ford Mustang Mach-E yang baru meluncur, mobil tersebut akan jadi basis mobil listrik Ford lainnya, termasuk Mustang.

>>> Lagi cari mobil? Coba klik link ini dulu 

Berbicara kepada Motoring, Heiser menjelaskan bahwa Mach-E saat ini menggunakan arsitektur baru yang disiapkan untuk line-up mobil listrik Ford di berbagai segmen, tak terkecuali Ford Mustang elektrik.

Ford Mustang Mach-E dan Ford Mustang dipamerkan dalam peluncuran Ford Mustang Mach-E

Ford Mustang Mach-E akan jadi pembuka dari line-up mobil listrik Ford lainnya

Seperti platform MQB Volkswagen, arsitektur mobil listrik Ford cukup fleksibel, di mana pabrikan Blue Oval itu dapat membuat mobil dengan berbagai spesifikasi dari platform tersebut, mulai dari panjang sasis, layout powertrain, sampai jenis dan kapasitas baterai yang digunakan.

>>> Selalu update berita mobil baru Anda di sini

“Saya tidak bisa membahas mobil itu (Mustang Lithium). Namun jika Anda melihat masa depan, entah kapan waktunya, pasar pada akhirnya akan beralih menuju mobil listrik,” ujar Heisler, seolah mengisyaratkan bahwa kehadiran Ford Mustang EV hanya soal waktu saja.

Mobil konsep Ford Mustang Lithium

Apa Ford Mustang listrik nanti akan lebih kencang dari Lithium? Menarik untuk ditunggu

Sebagai catatan, Ford Mustang Mach-E hadir dalam dua pilihan powertrain, 282 HP dengan penggerak roda belakang dan 332 HP dengan penggerak empat roda. Jarak tempuh Mach-E berkisar antara 480 – 600 km dalam satu kali pengisian.

>>> Berita terlengkap seputar otomotif dapat Anda lihat di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top