Corvette C8.R, Babak Baru Chevrolet di Balap Ketahanan

03/10/2019

Pasar mobil

5 menit

Corvette C8.R, Babak Baru Chevrolet di Balap Ketahanan
Jelang debut musim IMSA 2020, mobil balap Corvette C8.R diperkenalkan bersamaan dengan peluncuran Chevrolet Stingray terbaru.

Bertempat di Kennedy Space Centre, Chevrolet memperkenalkan mobil balap terbarunya Corvette C8.R bersamaan dengan Stingray generasi terbaru, dan akan memulai debutnya pada pembuka IMSA WeatherTech SportsCar Championship 2020, Rolex 24 di Daytona International Speedway. C8.R menggantikan generasi C7.R yang memenangi Le Mans 24 jam 2015 kelas GTE dengan Oliver Gavin, Tommy Miller, dan Jordan Taylor.

Chevrolet C7.R, pemenang Le Mans 24 jam 2015

C8.R akan jadi suksesor C7.R, pemenang Le Mans 24 jam 2015 kategori GTE PRO

Corvette C8.R lebih dari sekadar Chevrolet Stingray 2020 yang disiapkan untuk balapan,” ujar Jim Campbell, wakil presiden Chevrolet US bagian performa dan motorsport.

>>> Tidak hanya kencang, Corvette C8 menghadirkan pengalaman audio yang mengasyikkan

“Ini merupakan puncak dari pengujian serta pengembangan selama bertahun-tahun antara divisi desain GM, teknisi, dan Corvette Racing Team. Kolaborasi ini memungkinkan kami untuk meningkatkan performa mobil ini menuju level selanjutnya, baik itu di jalanan ataupun sirkuit.”

Corvette C8.R akan jadi satu dari dua mobil yang akan memulai debutnya pada IMSA 2020, satu lagi adalah Porsche 911 RSR-19, yang sudah lebih dulu memulai debutnya di FIA World Endurance Championship.

>>> Temukan mobil pilihan dengan harga terbaik di sini

Telah meraih kesuksesan dengan mobil-mobil layout mesin depan seperti C5, C6, dan C7, C8.R yang menerapkan layout mesin tengah, membuka bab baru Corvette Racing, salah satu tim balap ketahanan tersukses di Amerika Utara.

Corvette C8.R 2020 tampak samping belakang

C8.R akan jadi mobil balap Corvette pertama dengan layout mesin tengah

>>> Berita seputar pasar mobil bisa Anda lihat di sini

Sejak 1999, Corvette Racing telah memeangi 107 balapan, 13 gelar juara tim, serta 12 gelar pembalap dan pabrikan. Tahun 2015, mereka bahkan jadi tim balap pertama selama 15 tahun terakhir yang memenangi Triple Crown balap ketahanan, Rolex 24 di Daytona, Sebring 12 jam, dan Le Mans 24 jam pada tahun yang sama.

Namun, Chevrolet belum membocorkan spesifikasi teknis Corvette C8.R, begitupun dengan line-up pembalap dan program balap selain mengikuti IMSA 2020 satu musim penuh. Kemungkinan besar, informasi tersebut akan dibeberkan pada putaran terakhir IMSA 2019, Petit Le Mans, yang berlangsung pekan depan, dan jadi balapan terakhir Chevrolet C7.R.

>>> Berita otomotif terlengkap bisa Anda lihat di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top