Citroen Ami Kendaraan Listrik Mungil 2 Kursi Akan Tersedia di Inggris

01/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Citroen Ami Kendaraan Listrik Mungil 2 Kursi Akan Tersedia di Inggris
Saingan Renault Twizy ini dimaksudkan untuk menarik pembeli generasi baru yang ingin berkeliling kota Citroen Ami sedang dipertimbangkan untuk masuk Inggris.

Produsen mobil asal Perancis Citroen ingin membawa Ami kendaraan mungil dua kursi ke pasar Inggris. Sebagai langkah awal Citroen Ami akan diimpor dua contoh dari Prancis untuk pengujian bulan depan guna mengevaluasi potensi penjualan di masa depan.

>>> Citroen Bikin Mobil Listrik yang Bisa Dikendarai Tanpa SIM

Gambar menunjukan Citroen Ami

Tampilan dari quadricycle Ami

Citroen Ingin Tes Pasar Terlebih Dahulu

“Saya sangat senang dengan Citroen Ami dan ingin melihatnya di Inggris,” kata Bos Citroen Inggris, Eurig Druce seperti dikutip dari lama Autocar (30/9). “Saya melakukan semua yang saya bisa, tapi pertama-tama kita harus mengukur reaksi dan kemudian membangun rencana dari situ untuk melihat apakah itu bisa berhasil. Yang jelas sejauh ini adalah bahwa orang menyukai gaya yang tidak konvensional dan mereka tertarik padanya. Yang ingin saya ketahui adalah apakah kita bisa melangkah lebih jauh." tutupnya.

Di Prancis, Citroen menawarkan kepada konsumen tiga model penggunaan untuk Ami, penyewaan jangka panjang, berbagai mobil dan pembelian tunai. Sewa membutuhkan deposit sebesar £ 2200 (Rp 42 juta) dan pembayaran bulanan sebesar £ 17 (Rp 326 ribu). Melalui skema berbagi mobil Free2Move, pelanggan dapat mengendarai Ami dengan biaya 26 sen per menit. Untuk membeli, Ami dijual seharga £ 5054 (Rp 97 Juta).

Meskipun di Prancis dapat dikemudikan oleh siapa pun yang berusia minimal 14 tahun atau lebih tanpa lisensi izin mengemudi. Tampaknya status quadricycle Ami di Inggris akan memerlukan lisensi untuk bisa mengemudikannya.

>>> Pilih Hidrolik atau Elektrik, Ini Beda Jenis Power Steering Mobil

Gambar menunjukan Citroen Ami

Tampilan dari pintuk unik quadricycle Ami

Spesifikasi Citroen Ami

Ami yang berfokus pada kendaraan kota digolongkan sebagai quadricycle, seperti Renault Twizy. Panjangnya hanya 2,41m dan memiliki lingkaran putar 7,2m. Kendaraan mungil ini didukung oleh baterai lithium ion 5.5kWh yang dapat memberikan jangkauan hingga 47 mil dan satu-satunya motor memungkinkannya mencapai kecepatan tertinggi 26 mph. Baterai dapat diisi ulang dalam tiga jam untuk bisa terisi penuh.

Pintu Ami terbuka ke arah berlawanan, berengsel belakang di sisi pengemudi dan berengsel depan di sisi penumpang, adapun konfigurasi ini dimaksudkan untuk membantu akses masuk. Selain itu pada bagian atapnya sudah panoramik yang diklaim mampu memberi kesan lapang bagi penghuninya serta jarak pandang yang baik.

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Citroen e-C4 Debut Akhir Juni, Bakal Jadi Pesaing VW ID.3

15/06/2020

Mobil baru

3 menit

Citroen mengumumkan debut Citroen e-C4 pada 30 Juni 2020. Crossover listrik ini digadang bakal menjadi pesaing Volkswagen ID.3 yang sudah dijual massal di Eropa

Lihat juga

Bagaimana Jadinya Jika Citroen DS Hadir Sebagai Sedan Modern?

16/09/2020

Pasar mobil

4 menit

Masih ingat Citroen DS? Salah satu sedan mewah tahun 1960-an yang sangat ikonik itu dihidupkan lagi sebagai sedan modern lewat karya yang dibuat desainer otomotif asal Korea Selatan.

Lihat juga

Citroen Bikin Mobil Listrik yang Bisa Dikendarai Tanpa SIM

11/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Bila biasanya untuk berkendara membutuhkan SIM sebagai legalitas, berbeda dengan mobil yang satu ini. Citroen membuat mobil yang bisa dikendarai tanpa SIM.

Lihat juga