Cintamobil TV: SUV Termurah Nissan Magnite dengan Fitur Berlimpah

15/04/2021

Pasar mobil

4 menit

Cintamobil TV: SUV Termurah Nissan Magnite dengan Fitur Berlimpah
Nissan tak mau kalah dalam menyediakan tren SUV di pasar Indonesia. Hadirnya Nissan Magnite Premium 1.0L Turbo CVT apakah bisa menjadi favorit?

Seiring dengan beralihnya tren otomotif di Indonesia yang lebih condong ke SUV, berbagai produsen di Indonesia mulai menghadirkan pilihan mobil tersebut dengan ukuran kompak. Salah satunya adalah Nissan Magnite. Dengan varian tertinggi, mobil ini dijual dengan harga sekitar Rp 238 juta. Tim Cintamobil TV mencari tahu, apakah mobil ini menjadi salah satu mobil yang cocok saat Anda beralih dari segmen hatchback ke segmen compact SUV. Simak selengkapnya di sini!

Interior Nissan Magnite

Kali ini Cintamobil TV memberikan ulasan Nissan Magnite Premium 1.0L Turbo CVT. Pertama kali lihat, tim Cintamobil TV sepakat jika desain interiornya menjadi favorit. Pada bagian dashboard, bentuk trapesium di kisi-kisi AC mirip sekali dengan milik Lamborghini Huracan. Lingkar kemudinya memiliki desain yang terkesan mahal.

jok Nissan Magnite

Jok depan seolah memeluk pengemudi

Sementara bagian desain jok, tak ada kesan kesan murahan sama sekali. Jok sporty seat ini seolah bisa meluk badan pengemudi. Jadi Anda nggak perlu khawatir bergeser-geser ketika duduk di bagian joknya. Meskipun tidak menggunakan bahan berkualitas nomor satu, Nissan Magnite tidak terlihat murahan. Kombinasi bahan yang digunakan justru terlihat funky bagi anak muda.

Hal yang patut dikagumi lainnya adalah ruang akomodasi, padahal dimensi seluruhnya sekitar 3,9 m tapi ruangnya luar biasa luar. Ruang kepala sudah diatur cukup dan Anda bisa mengatur ketinggian headrest serta paha akan ditopang dengan baik oleh sandaran kaki yang cukup tinggi. Hal ini bisa didapatkan dari penggunaan platform yang sama dengan Renault Triber.

ventilator Nissan Magnite 2021

Ventilator AC untuk baris kedua

Akomodasi yang baik juga ada pada bagian ventilator AC di bagian belakang sehingga penumpang jadi lebih nyaman karena mendapatkan hembusan AC yang cukup baik. Tak hanya untuk penumpang saja, di ruang bagasi juga Anda sudah bisa membawa koper besar sekalipun. Ruang bagasi yang cukup luas dan jika terasa kurang, Anda bisa melipat bangku baris kedua.

>>> Tips Modifikasi Velg MPV Biar Mobil Tambah Ganteng

Fitur Nissan Magnite Premium 1.0L Turbo CVT

Salah satu nilai jual utama dari mobil ini adalah soal fitur yang melimpah. Mobil ini memiliki value for money yang sangat baik. Sata Anda masuk ke dalam kabin, mobil ini dibekali fitur Keyless Entry, tinggal memencet tombol di depan pintu begitupun untuk menguncinya.

Untuk menyalakannya pun sangat mudah. Tinggal pencet tombol engine start-stop, mobil langsung menyala. Fitur lainnya yang tak kalah canggih adalah pada bagian instrument cluster serba digital yang tampilannya sangat futuristis dan modern. Animasinya pun tergolong menarik untuk mobil dengan harga Rp 238 juta ini.

panel instrume Nissan Magnite 2021

Panel instrumen serba digital

Informasi juga sudah cukup lengkap. Apalagi di instrument cluster terdapat fitur Tyre Pressure Monitor System meskipun bukan dalam bentuk angka. Hanya bentuk OK untuk memastikan bahwa tekanan angin tepat di posisi yang sudah Anda set. Fitur menarik lainnya terdapat di bagian head unit. Head unit ini ukurannya sudah cukup besar dengan tampilan futuristis. Ada juga fitur Wireless Apple CarPlay dan Android Auto yang menariknya, fitur wireless ini bisa Anda temukan di mobil premium seperti BMW.

pengoperasian Nissan Magnite 2021

Desain pengoperasian AC yang futuristik

Knop pengoperasian AC yang tergolong futuristis dan mudah dioperasikan. Anda tinggal memutar ke kanan dan ke kiri saja, tampilannya juga digital. Sementara untuk fitur keselamatannya, Nissan Magnite Premium 1.0L Turbo CVT sudah dilengkapi dua buah airbag SRS di bagian depan, fitur traction control, stability control, cruise control, dan headlamp adjuster yang sangat berguna saat Anda ingin mengoperasikan di malam hari.  

Selain itu, semua lampu, baik di bagian depan termasuk lampu utama dan foglamp sudah menggunakan LED DRL atau Daytime Running Lights. Fitur bantuan tak kalah menariknya lagi adalah kamera 360 beserta sensor parkir di bagian belakang, meskipun harus diakui jika kualitas kamera ini tergolong kurang baik.

>>> Manfaatkan Kemudahan Klaim Akses Body & Paint Astra Peugeot

Operasi Mesin Nissan Magnite Premium 1.0L Turbo CVT

mesin  Nissan Magnite 2021

Nissan Magnite 2021 memiliki efisiensi bahan bakar yang baik

Salah satu yang spesial dari Nissan Magnite adalah soal mesinnya. Mobil ini menggunakan mesin 1000cc-3 silinder dibantu turbo yang menghasilkan 100 HP dengan torsi 160 nm. Itu artinya, dengan bobot 1.000 kg, mobil ini memiliki rasio 1HP setiap 10 kg. Hal ini menjadi keuntungan apalagi bisa memberikan efisiensi bahan bakar yang sangat baik.

Dari hasil pengujian Cintamobil TV, di rute dalam kota kecepatan rata-rata 22 km/jam, mobil ini bisa berjalan sampai dengan 15,5 km untuk setiap liternya. Sementara di rute tol mencapai 20,3 km untuk setiap liter dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam. Terasa menyenangkan, apalagi jika Nissan Magnite ini digunakan di perkotaan. Efisiensi bahan bakar mobil ini tidak hanya didapat dari mesin dengan kapasitas kecil, tapi juga dibantu dengan transmisi CVT XTronic dari Nissan yang menjadi salah satu settingan transmisi menyenangkan di industri otomotif Indonesia.

Transmisi ini tergolong responsif untuk kecepatan rendah, begitupun untuk mempertahankan putaran mesin cukup rendah ketika kecepatan tinggi. Karena ketika berjalan di kecepatan 100 km/jam, mobil ini hanya membutuhkan putaran mesin hingga sekitar 1800rpm saja dan rasanya masih sangat ringan untuk naik lagi ke sekitar kecepatan 120 km/jam. Untuk performa akselerasinya cukup baik 0-100 km per jam dalam waktu 11,3 detik saja.

akselerasi Nissan Magnite 2021

Nissan Magnite 2021 memiliki akselerasi yang baik

Salah satu resep sukses mobil ini untuk mempunyai akselerasi yang baik itu dari transmisi segitiga juga karena menggunakan transmisi CVT dengan setup yang sesuai dengan kebutuhan mesinnya. Untuk sebuah mobil dengan mesin tergolong kecil walaupun dibantu turbo, mobil ini tidak terasa berat untuk diajak berakselerasi maupun cruising di kecepatan tinggi atau melaju di kecepatan tinggi dengan konstan, di tol khususnya.

Salah satu faktor yang paling kuat untuk Anda agar beralih dari versi hatchback ke mobil SUV compact seperti ini adalah soal fleksibilitas. Dengan fleksibilitas ground clearance yang lebih tinggi Anda punya kepercayaan diri yang lebih tinggi ketika mengemudikan mobil ini. Apalagi seperti kita ketahui di musim hujan ini pun banyak sekali jalanan di perkotaan yang rusak karena tergerus air hujan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika Anda harus menghantam lubang atau mungkin melewati gap jalan yang cukup tinggi karena ground clearancenya cukup tinggi mencapai 185 mm.

Salah satu hal yang menunjang kenyamanannya adalah dibekali dengan bantingan suspensi yang tergolong empuk. Jadi, ketika Anda harus melewati jalan berkontur buruk, Anda tidak perlu khawatir merasa banyak terguncang karena suspensinya mampu meredam dengan sangat baik.

>>> Teknologi Formula 1 Shell V-Power Nitro+ Bikin Mobil Lebih Bertenaga

Kekurangan Mobil Nissan Magnite

Sayangnya dengan setup suspensi yang empuk, membawa kita ke kekurangan mobil ini. Handling mobil ini terasa kurang akurat, bahkan cenderung agak malas ketika Anda harus bermanuver di kecepatan yang cukup tinggi. Apalagi saat Anda berbelok dengan kecepatan tinggi agak sedikit bumpy. Terkadang arah mobil bisa berubah seketika walaupun Anda mempertahankan posisi stir atau kemudi di posisi yang Anda inginkan.

spakbor Nissan Magnite 2021

Spakbor tidak tertutup sempurna

Jadi hal ini akan membuat Anda agak repot ketika mengemudikan mobil ini karena harus mengoreksi posisi lingkar kemudi sesuai dengan arah yang Anda ingin. Selain itu ketika Anda bermanuver, mobil ini rasanya juga punya body roll yang tergolong cukup besar karena ground clearance cukup tinggi dengan setup suspensi yang empuk sehingga mobil ini rasanya terlalu banyak bersandar dan agak banyak berubah derajat kemiringannya.

Ketika anda berbelok dengan kecepatan tinggi, suspensi ini akan membuat Anda harus lebih berhati-hati walaupun dalam posisi lurus, dengan jalanan yang bumpy seperti Tol Cipali atau Tol JORR.

Kekurangan lainnya yang cukup mengganggu adalah soal getaran mesin dari tiga silindernya bahkan ketika Anda di posisi idle atau kondisi macet, getaran mesin ini bahkan terasa sampai ke bagian joknya. Memang harus diakui mesin dengan silinder ganjil tidak bisa memberikan getaran yang lebih nyaman dibandingkan mesin dengan jumlah silinder yang genap.

arm rest Nissan Magnite 2021

Arm rest yang menjadi kekurangan Nissan Magnite 2021  

Kemudian posisi mengemudi yang terasa kurang ergonomis apalagi karena posisi lingkar kemudinya ini tidak bisa diatur telescopic, hanya bisa tilt steering saja. Sehingga untuk beberapa postur tertentu, pengemudi sulit mendapatkan posisi yang ideal.

Soal kualitas dari manufakturnya juga menjadi kekurangan mobil Nissan Magnite ini. Di bagian tengah, mobil dibekali arm rest. Namun, bagian tengah tidak bisa difungsikan sebagai tempat penyimpanan dan tidak bisa dimajukan untuk mengakomodir tangan penumpang agar lebih nyaman.  Di beberapa bagian panel eksteriornya pun terasa tidak konsisten dan kurang presisi.

Kekurangan lainnya ada di bagian spakbor mobil yang rasanya tidak tertutup sempurna di bagian belakang. Sehingga membuat estetika mobil ini sedikit terganggu. Meskipun desain memang subjective, Nissan Magnite ini dari depan bentuk grilnya terlihat sangat Datsun.

Spesifikasi Nissan Magnite 2021

Dimensi Nissan Magnite 2021

Panjang x Lebar x Tinggi

3.995 mm x TBA x TBA

Jarak Poros Roda

TBA

Ground Clearance

205 mm

Radius Putar

5.0 m

Mesin Nissan Magnite 2021

Tipe Mesin

1.5L 4-silinder segaris

Kapasitas Silinder

1.488 cc

Tenaga Maksimal

TBA

Torsi Maksimal

TBA

Transmisi

Manual

Sistem Penggerak

Front-wheel drive

Kaki-Kaki Nissan Magnite 2021

Suspensi

TBA

Rem

TBA

Tipe Ban

TBA

Velg

16 inci

>>> Daftar Harga Nissan terbaru Januari 2021

Setelah mempertimbangkan matang-matang Nissan Magnite ini menjadi salah satu pilihan compact SUV SUV dan cocok sekali untuk Anda yang mendambakan mobil dengan pilihan fitur yang luar biasa melimpah dan tentunya value for money yang baik dari sebuah mobil. Mengingat Nissan Magnite ini dijual dengan harga Rp 50 juta lebih mudah dibandingkan rivalnya seperti Kia Sonet. Namun, sayangnya untuk mendambakan mobil atau sebuah SUV yang menyenangkan untuk dikemudikan, mobil ini bukan salah satu pilihan yang akan menyenangkan Anda. 

>>> Baca Review Mobil Lainnya di Cintamobil.com
 

Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top