Cintamobil TV: Road Test Hyundai Ioniq, Efisien dan Menyenangkan

06/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Cintamobil TV: Road Test Hyundai Ioniq, Efisien dan Menyenangkan
Setelah beberapa waktu lalu kami mengulas mobil listrik termurah di Indonesia ini, berikut impresi kami ketika melakukan road test 3 hari bersama Hyundai Ioniq.

Hyundai Ioniq merupakan salah satu pelopor mobil listrik murni yang saat ini dipasarkan di Indonesia. Sebelumnya tim Cintamobil TV sudah lebih dulu mengungkapkan apa saja yang diberikan pada review Hyundai Ioniq. Namun kali ini, kami akan mencoba rasa mengemudi Hyundai Ioniq untuk pengendaraan harian di jalanan Tanah Air.

Efisiensi berkendara dan running cost

Tanpa adanya mesin konvensional, baterai berkapasitas 38,3 kWh Lithiun-ion dan motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor menawarkan pengendaraan yang senyap. Hanya terdengar suara angin dan road noise ketika Anda berkendara tanpa musik yang dihidupkan dari head unit berukuran 7 inci dengan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay ini.

tampilan mesin Hyundai Ioniq dengan baterai listrik
Baterai listrik yang digunakan sangat hemat dibandingkan mesin pembakaran internal

Penggunaan daya listrik murni membuat mobil ini sangat efisien dibandingkan mobil dengan pembakaran internal. Selain mengisi daya di rumah, Anda bisa men-charge mobil ini di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dengan biaya fast charging Rp 1.600/kWh. Membuat pengisian dari 0% ke 100% Ioniq dengan kapasitas 38,3 kWh hanya Rp 61.280.

Biaya yang sangat rendah dibandingkan pengisian bahan bakar konvensional. Hanya dengan sekali pengisian penuh, Anda bisa membawa mobil ini sejauh 373. Bandingkan dengan mobil Low Cost Green Car (LCGC) Honda Brio Satya yang memiliki efisiensi 15 km/L dan kapasitas tangki 45 L, Anda bisa berjalan sejauh sekitar 750 km menggunakan bahan bakar RON 92 dengan biaya Rp 405 ribu.

cara pengukuran kapasitas baterai Hyundai Ioniq
Anda bisa melihat pemakaian dan sisa baterai pada head unit

Apalagi dengan biaya perawatan yang jauh lebih terjangkau dibandingkan mobil bermesin bakar. Memiliki Hyundai Ioniq, Anda tidak perlu lagi memikirkan biaya penggantian oli, filter udara, busi, dan berbagai komponen lainnya. Untuk Ioniq, komponen fast moving yang perlu diganti adalah kampas rem dan blade wiper.

Bahkan kampas rem bukanlah komponen yang aus lebih cepat pada Ioniq. Mobil ini sudah dilengkapi dengan Regenerative Braking yang bisa diatur kekuatannya melalui paddle shift yang terdapat di belakang kemudi. Anda hanya perlu melepas pedal gas ketika ingin melambat atau melakukan deselerasi.

>>> Review Hyundai Ioniq Electric 2020: Godaan Mobil Listrik Termurah di Indonesia

Penyesuaian rasa berkendara

Selain pengunaan pedal rem yang tidak terlalu signifikan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengendarai Hyundai Ioniq. Butuh penyesuaian, terutama pada saat menggunakan transmisi otomatis pada Ioniq. Tanpa tuas persneling, Anda bisa memilih transmisi dengan menekan tombol yang ada pada konsol tengah.

Ada beberapa mode berkendara yang diberikan: Normal, ECO, dan Sport. Jika mode Normal akan mengatur pengendaraan standar selama berkendara, mode ECO tentu saja memaksimalkan pengemudian agar lebih hemat bahan bakar. Ketika dibawa ke mode Sport, ada sedikit ubahan pada panel instrument yang lebih sporty dan akselerasi yang lebih kencang, tapi tentu saja dibarengi daya baterai yang lebih cepat habis.

tampilan instrumen kluster mode berkendara Hyundai Ioniq
Mode berkendara Sport milik Ioniq yang memiliki tampilan lebih sporty

Hyundai global mengklaim akselerasi 0-100 km/jam Ioniq berada pada 9,9 detik ketika menggunakan mode Sport. Tapi pengetesan yang kami lakukan, Ioniq mampu menuntaskan akselerasinya hanya dalam 9,4 detik. Meski terasa cukup aneh mengingat percepatan yang kami lakukan benar-benar tanpa suara.

Tapi bagi Anda yang ingin meningkatkan efisiensi baterai, ada pilihan mode berkendara lainnya, yaitu ECO+. Keitka mode ini diaktifkan, maka sistem akan membatasi kecepatan tertinggi mobil menjadi 90 km/jam sekaligus mematikan pendingin udara. Anda dan penumpang hanya mendapatkan udara yang dialirkan dari luar ke dalam kabin.

>>> Pilihan Mobil Listrik yang Bisa Dibeli dengan DP 0%

Kenyamanan di dalam kabin

Ioniq bukan hanya memberikan kabin yang kedap. Tapi bantingan suspensi ketika berada di dalam mobil cukup mengesankan. Terlebih ketika diajak menghadapi speed trap atau polisi tidur yang sering mengganggu ketika berkendara di jalanan perkotaan. Pengaturan suspensi Ioniq bisa dibilang suda pas: tak terlalu empuk, namun tidak terlalu kaku.

interior dari kabin Hyundai Ioniq
Ioniq menghadirkan kabin yang nyaman dan kedap

Insturment cluster memberikan berbagai informasi dengan MID yang lengkap. Mulai dari petunjuk tentang sisa baterai, penggunaan baterai listrik per jam, memberikan informasi mengenai tekanan udara ban, serta beberapa pengaturan pada mobil, seperti Auto Door Lock dan One Touch Turn Signal.

Hyundai tak ketinggalan membawa berbagai fitur keselamatan tingkat tinggi untuk meningkat rasa aman ketika berkendara. Ioniq sudah dilengkapi Blind Spot Monitoring Assist, Rear Cross Traffic Alert, Vehicle Stability Control dengan kontrol traksi, serta tak ketinggalan Cruise Control. Walaupun Ioniq yang dipasarkan di Indonesia belum mendapatkan fitur Adaptive Cruise Control yang bisa membantu pengereman secara otomatis.

>>> Hyundai IONIQ Concept Cabin, Konsep Kabin Mobil Layaknya Rumah

Kelebihan dan kekurangan Hyundai Ioniq

Salah satu kelebihan Hyundia Ioniq adalah harga yang ditawarkan Hyundai bagi mobil ini. Ioniq bisa didapatkan dengan harga Rp 569 juta (Off the Road). Begitu juga dengan pajak tahunan yang tak terlalu tinggi. Hyundai Ioniq memiliki PKB atau Pajak Kendaraan Bermotor senilai Rp 2.860.000 dengan total pajak Rp 3.300.000, sama seperti pajak Low MPV atau hatchback kompak. 

Menggunakan mobil listrik juga menjadikan Anda ‘kebal’ peraturan ganjil genap. Hal ini tertuang dalam peraturan Pemerintah DKI Jakarta yang sudah diresmikan beberapa waktu lalu. Membuat mobil ini mampu melaju di berbagai jalanan di daerah ibu kota.

>>> Intip Kecanggihan Hyundai Ioniq EV Berteknologi Fast Charging

stasiun pengisian daya listrik Hyundai Ioniq
Stasiun pengisian masih menjadi masalah tersendiri bagi Hyundai Ioniq

Namun yang masih menjadi pemasalahan besar bagi kendaraan listrik murni seperti Ioniq adalah kehadiran stasiun pengisian yang masih langka. Hanya ada beberapa stasiun pengisian di Jakarta, dan satu masing-masing di Bandung dan Bali. Mengurangi kepraktisan ketika harus membawa mobil ini dalam perjalanan jauh.

Kekurangan lainnya terdapat pada daya yang diperlukan ketika Anda ingin mengisi baterai di rumah. Dengan daya 4.400 watt, pengisian dari 37% hingga 100% membutuhkan waktu 14 jam. Karena itu, bagi Anda yang ingin membawa pulang mobil ini perlu mempersiapkan dana lebih untuk meningkatkan daya listrik di rumah agar bisa menikmati pengisian yang lebih cepat.

Kesimpulan

Efisiensi daya dan biaya yang dikeluarkan untuk perawatan dan pengendaraan mobil listrik menjadi keuntungan membeli mobil ini. Apalagi rasa berkendara Hyundai Ioniq tak terlalu jauh berbeda dibandingkan mobil konvensional. Meski beberapa masalah yang perlu diperhatikan yaitu stasiun pengisian yang masih langka, tapi memiliki Ioniq sebagai kendaraan sehari-hari merupakan alternatif yang sangat menarik.

>>> Pilihan mobil Hyundai terbaik bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Hyundai IONIQ Concept Cabin, Konsep Kabin Mobil Layaknya Rumah

25/09/2020

Mobil baru

3 menit

Interior salah satu hal penting dari sebuah mobil. Melalui Hyundai IONIQ Concept Cabin kita diperlihatkan definisi dari kabin mobil seharunya dibuat.

Lihat juga

Ioniq Sekarang Jadi Sub-Merek Hyundai yang Berfokus di Segmen Mobil Listrik

10/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Pembuat mobil asal Korea akan meluncurkan tiga mobil listrik baru dalam tiga gaya tubuh di bawah merek baru Ioniq. Semuanya akan diperkenalkan secara bertahap.

Lihat juga

Intip Kecanggihan Hyundai Ioniq EV Berteknologi Fast Charging

22/02/2020

Mobil baru

3 menit

Hyundai Ioniq EV mobil listrik dari produsen mobil asal Korea Selatan resmi dijual di Indonesia. Lalu bagaimana spesifikasinya? Simak infonya di bawah ini.

Lihat juga

First Drive: Hyundai Ioniq Electric, Mobil Listrik Paling Terjangkau di Indonesia

27/01/2020

Mobil baru

4 menit

Hyundai Mobil Indonesia tak main-main menawarkan mobil listrik pertamanya di Indonesia, Hyundai Ioniq Electric. Impresi pengendaraannya cukup menyenangkan, dipuncaki banderol harga yang mengejutkan.

Lihat juga

Mobil Listrik Termurah Di Indonesia, Pemesanan Hyundai Ioniq Dibuka

23/01/2020

Mobil baru

2 menit

Hyundai Ioniq resmi diperkenalkan di Indonesia dan sudah bisa dipesan. Mobil listrik penuh termurah di Indonesia dengan tampilan futuristik dan fitur berlimpah.

Lihat juga