Cintamobil TV: Mengintip Kecanggihan 4 Sedan Andalan Mercedes-Benz

05/04/2021

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Sejak kehadirannya, Mercedes-Benz menjadi benchmark mobil mewah di Indonesia. Apa saja yang membuat mobil ini special?

Penasaran bagaimana Mercedes-Benz yang sudah hadir 50 tahun di Indonesia bisa bertahan dan tetap menjadi favorit pecinta otomotif? Perjalanan Mercedes-Benz diawali saat Daimler-Benz AG Selaku produsen mobil Mercedes-Benz mendirikan PT Star Motors Indonesia (SMI) sebagai agen tunggal pemegang produk Daimler-Benz AG di Indonesia pada 8 Oktober 1970. Sebagai produsens mobil mewah terkemuka di Indonesia, ada berbagai rahasia yang membuat mobil ini nyaman, mudah dikendalikan, dan aman dalam kondisi apa pun.

Kali ini tim Cintamobil TV akan mengupas tentang lini produk sedan sebagai andalan dari Mercedes-Benz. Seperti apa Mercedes-Benz menjadi brand mobil premium terbesar di Indonesia dan apa saja faktor pendukungnya? Simak selengkapnya!

>>> Review Renault Triber RXL 2020: Triber Termurah Di Indonesia

Mercedes-Benz A-Class

tampilan samping Mercedes-Benz A-Class

Mercedes-Benz A-Class memiliki desain yang eksklusif

Mercedes-Benz A-Class merupakan anggota keluarga paling muda & baru di lini sedan Mercedes-Benz. Mobil ini menggunakan desain dan sasis baru yang akan berefek baik pada handling dan rasa mengemudinya. Nggak hanya itu, dengan desain yang jauh lebih baik daripada sebelumnya, Mercedes-Benz A-Class memiliki desain yang lebih minimalis dan terkesan eksklusif.

Lini sedan ini memang diperuntukkan bagi segmen anak muda yang ingin bergabung ke keluarga Mercedes-Benz dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, pastinya mobil ini menawarkan berbagai ekspektasi anak muda di dalam kabin.

Jika Anda lihat dari sisi kabin, Anda akan bisa menikmati momen perjalanan yang menyenangkan. Tak hanya memiliki desain yang cantik, tapi juga bagian yang futuristic di bagian dalam. Dilengkapi ambient light dengan 64 berbagai pilihan warna. Meskipun tergolong mobil entry-level, di Mercedes-Benz A-Class juga dilengkapi berbagai fitur keselamatan yang super lengkap.

Kabin Mercedes-Benz A-Class

Nuansa futuristik pada kabin Mercedes-Benz A-Class

Seperti Forward Collision Alert dan Forward Collision Braking yang menjaga pengemudi lebih baik saat lengah. Mobil ini juga dilengkapi fitur Active Park Assist, serta Rear Cross Traffic Alert dan bantuan pengereman. Jadi, saat Anda mundur keluar dari tempat parkir, Anda akan dibantu pengereman jika ada mobil yang tak kelihatan oleh pandangan mata.

Memiliki Mercedes-Benz A-Class memang pilihan masuk akal dengan harga terjangkau. Sayangnya, karena ini adalah mobil entry-level, Anda tak mendapatkan fitur seperti di C-Class, E-Class, dan S-Class. Series A-Class yang ditujukan pada segmen anak muda yang mana akan mengemudi sendiri, mobil ini memiliki bantingan suspensi yang kaku. Namun, jangan khawatir sebab ada faktor penting yang kerap dilupakan, yang akan mengubah sensasi mengemudi mobil ini, yakni pemilihan ban.

>>> My BMW App, Aplikasi Remote Vehicle Terbaru dari BMW

Mercedes-Benz C-Class

tampilan samping Mercedes-Benz C-Class

 

Berbeda dengan A-Class, untuk sedan C-Class memiliki karakter yang berbeda karena tampilan mobil yang lebih dewasa. Sebagai lini produk legendaris dari Mercedes-Benz, mobil ini awalnya diciptakan untuk mengikuti ajang balapan internasional. Makanya untuk series ini, dari generasi awal hingga generasi terbaru, Mercedes-Benz tidak meninggalkan kesan mewah dari eksteriornya.

Tak hanya kesan sporty, dari interiornya pun, C-Class terasa modern dan futuristic, terbukti dari desain dashboard yang minimalis dan ada layar ukuran besar, baik di layar infotainment. Panel instrument dari C-Class ini juga sangat menarik karena sudah full digital otomatis.

Berkendara dengan Mercedes-Benz C-Class ini sangat nyaman, apalagi sudah menggunakan ban Michelin Primacy 3 untuk mengakomodir kebutuhan mobil ini. Tipe ban ini juga dilengkapi dengan tapak ban yang fleksibel, hal ini menjadi bantala untuk meredam getaran dari aspal. Dinding ban yang didesain khusus berbentuk melengkung dikombinasikan dengan tapak ban fleksibel meredan getaran berlebih saat melewati jalan berkontur buruk.

Penggunaan teknologi FlexMax dengan tapak ban yang fleksibel, berfungsi untuk mencegah berubahnya bentuk tapak ban saat menerima tekanan. Dan fitur tak kalah penting adalah diselipkan tekstur menonjol yang membuat tapak ban saling mengunci untuk meningkatkan pengendalian. Dengan teknologi ini juga ban Michelin Primacy 3 MO dapat dikendarai secara aman saat di jalan basah.

Mercedes-Benz E-Class

tampilan Mercedes-Benz E-Class

Mercedes-Benz E-Class memiliki tampilan mewah dan sporty

Tak hanya legendaris, Mercedes-Benz E-Class juga menjadi benchmark untuk sedan mewah saat ini. Desainnya yang sporty dan mewah, tak lupa juga pada sisi interior yang modern. Saat Anda masuk ke mobil ini, Anda akan disambut dengan dua Widescreen Cockpit yang canggih dan layarnya yang hi-definition serta Ambient Light 64 warna.

Tidak hanya menyetir saja yang menyenangkan. Saat Anda duduk di baris kedua di E-Class, Anda juga akan tetap nyaman karena dilengkapi dengan set suspensi yang empuk dan kekedapan kabin yang sangat baik. Bahan yang digunakan untuk material interior mobil ini juga berkualitas, mulai dari dashboard, door trim, panel tengah, dan semua part yang terasa solid untuk menambah kesan mewah.

kabin Mercedes-Benz E-Class

Mercedes-Benz E-Class memiliki widescreen cockpit

Mercedes-Benz S-Class

tampilan Mercedes-Benz S-Class

 

Untuk mobil satu ini, S-Class ditunjukkan sebagai transportasi super mewah yang pas untuk kalangan eksklusif, pejabat, pengusaha kelas atas, hingga presiden. Mobil ini disebut-sebut sebagai mobil super mewah dengan value for money dengan berbagai fitur mewahnya.

Sound system Burmester

Burmester menjadi salah satu sound system terbaik di Mercedes-Benz

Dengan harga kisaran Rp 2,4 miliar untuk off the road, Anda mendapatkan segala kemewahan yang Anda inginkan dari semua mobil. Ada sound system dari Burmester yang menjadi salah satu sound system terbaik di Mercedes-Benz.

Ada juga fitur charger, layar monitor, dan jok dan bantalan kepala yang empuk. Mobil ini juga mudah dikendarai dengan fitur semi-autonomous yang disebut Distronic di Mercedes-Benz. Dengan begitu pengemudi bisa menyesuaikan jarak secara otomatis dengan kendaraan di depan. Dari sisi performa mesin, S-Class juga luar biasa buas. Dari 0 ke 100 km/h cukup 5,4 detik saja, dengan tenaga 367 hp dan torsi 500 nm.  

Itu dia rahasia lini sedan Mercedes-Benz. Series manakah yang menjadi favorit dan impian Anda?

>>> Dapatkan informasi review mobil lainnya di Cintamobil.com

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top