Cintamobil TV: Palisade Signature AWD 2021, SUV Hyundai Harga Rp 1 Miliar

14/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Hyundai Palisade Signature AWD 2021 menjadi SUV termahal yang dijual Hyundai di Indonesia. Apa saja istimewanya?

Hyundai Palisade diluncurkan di Indonesia pada akhir 2020. Bukan hanya menawarkan desain eksterior yang memukau, tapi juga berbagai fitur di segmen SUV premium di Tanah Air. Jangan heran jika mobil ini menjadi incaran.

Tim Cintamobil TV berkesempatan mencoba Hyundai Palisade Signature AWD 2021 yang merupakan SUV terbesar, termewah, dan termahal yang dijual Hyundai di Indonesia. Bisa dibilang mobil ini sangat value for money karena dengan harga kisaran Rp 1 miliar, mobil ini menawarkan dimensi besar, kemewahan fitur, dan berpenggerak All Wheel Drive (AWD). Nah, apa lagi yang membuat mobil ini istimewa? Simak selengkapnya!

>>> Review Honda City Hatchback RS 2021 CVT: Siap Pertahankan Takhta Honda Jazz

Eksterior Hyundai Palisade Signature AWD 2021

Review Bagian Depan

Bagian samping Hyundai Palisade Siganture AWD 2021

Memiliki tampilan depan yang gagah

Kesan desain mobil Amerika dan Timur Tengah, begitu melihat eksterior Hyundai Palisade Signature AWD 2021 ini. Mulai dari gril, headlamp, hingga bumper bawah memiliki ukuran yang besar. Di gril terdapat aksen satin chrome sehingga asyik dan gagah dilihat.

Terdapat empat sensor di bagian depan yang akan memudahkan Anda mengendarai di jalan sempit atau tempat terbatas. Tiga buah projector di bagian headlamp berwarna hitam dan di bagian atas ada lampu sen dan lampu DRL (Day Running Light) yang memanjang.

Review Bagian Samping

Bagian samping Hyundai Palisade Siganture AWD 2021

Menggunakan velg ukuran 20

Mobil ini memiliki dimensi panjang 4,9 m dan lebar 1,9 m. Karena mobil ini memiliki dimensi yang besar, tentunya membutuhkan velg dengan ukuran besar juga. Mobil ini menggunakan velg berukuran 20 inci dengan ban 245/50. Bahkan di mobil Jepang atau Korea yang dijual di Indonesia, tak ada yang menggunakan ban sebesar ini.

Review Bagian Belakang

bagasi Hyundai Palisade Signature AWD 2021

Bagasi Hyundai Signature AWD 2021

Kesan mewah juga terlihat dari bagian belakang mobil ini. Terdapat stoplamp besar full LED dengan akses satin chrome. Untuk bagian bagasinya, Palisade Signature AWD 2021 memiliki ruang akomodasi yang besar, apalagi jika jok baris ketiga tidak diaktifkan. Sementara jika jok baris ketiga diaktifkan, ruang bagasinya pun terbilang cukup luas juga. Anda bisa menyimpan dua hingga tiga koper ukuran medium. Melipatnya pun mudah karena ada tombol di bagian kiri dan Anda bisa melipat secara elektris.

>>> Review Mazda CX-3 1.5L Sport 2021: Your First Mazda SUV

Interior Hyundai Signature AWD 2021

Jika Anda masuk ke dalam interiornya, mobil ini memang luar biasa mewah. Bahkan jika Anda akan masuk atau keluar dari mobil, jok otomatis mundur untuk memudahkan Anda masuk atau keluar. Kalau Anda sedang parkir di pinggir jalan dan ingin membuka pintu, akan ada alert yang menandakan jika di belakang tidak aman, seperti ada kendaraan yang akan melaju sehingga lebih aman.

Review Kabin & Fitur Mobil Hyundai Palisade Signature AWD 2021

Kabin Hyundai Palisade Signature AWD 2021

Fitur lengkap di mobil ini

Plafon mobil menggunakan bahan suede atau beludru yang sangat halus dan premium saat dipegang, seperti plafon mobil Bentley. Panel instrumen menunjukkan tampilan RPM, kecepatan panas mesin, dan indikator bahan bakar yang masih analog. Di tengahnya sudah ada MID berukuran cukup besar yang menampilkan beragam drive info dan beberapa pengaturan interior mobil.

Untuk dimensi mobil yang besar, ukuran dashboardnya pun tergolong kecil. Meskipun fiturnya memang sudah lengkap. Tersedia fitur Apple CarPlay dan Android Auto. Anda bisa mengatur fitur interiornya, seperti Quiet Mode yang mengaktifkan suara audio yang akan fokus di bagian baris pertama saja atau pengaturan AC melalui layar head unit.

Responsnya pun tergolong cepat dengan desain yang mudah diterima mata orang Indonesia. Mobil Palisade Signature AWD 2021 juga sudah disupport fitur Clean Air sehingga sirkulasi udaranya semakin clean, aman, dan menyehatkan.

Panel Instrumen Hyundai Palisade Signature AWD 2021

Panel instrumen menunjukkan RPM, kecepatan panas mesin, dan indikator bahan bakar

Dibagian tengah interior, terdapat pengaturan transmisi. Ada Auto hold dan pilihan mode berkendara, mengingat mobil ini merupakan varian AWD, sehingga memiliki fitur off road, seperti mode Snow, Mud, dan Sand. Terdapat juga compartment ukuran besar hingga wireless charging di bagian bawah dan dua buah cup holder yang bisa Anda lipat. Anda bisa memanfaatkan ruang di area tengah.

Mobil ini juga memiliki fitur dua Panoramic Roof di bagian depan dan belakang. Namun, hanya di baris pertama saja fitur sunroof bisa dibuka. Ada juga fitur spion elektrokromatik yang akan membantu Anda mengemudi di malam hari karena tidak akan menyilaukan mata saat ada kendaraan di belakang. Sayangnya, mobil secanggih dan semewah ini tidak dilengkapi Auto Wiper.

Review Interior di Baris Kedua

Baris kedua Hyundai Palisade Signature AWD 2021

Captain seat membuat perjalanan lebih nyaman

Ada kemungkinan besar Anda akan lebih sering duduk di baris kedua ini. Untungnya, mobil ini juga mengakomodir penumpangnya di baris kedua ini. Captain Seat pada baris kedua akan membuat Anda duduk nyaman karena jok yang empuk. Jok berwarna merah marun dengan cutting diamond yang terasa mewah.

Legroomnya dan headroomnya juga sangat memadai. Anda juga bisa mengatur AC melalui tombol di bagian tengah dengan pengaturan yang praktis. Jika ingin menjaga privasi atau mengurangi cahaya yang masuk, terdapat sun shade yang bisa Anda aktifkan. Mobil ini juga sudah dilengkapi dua USB port dan soket 12 volt di bagian bawah.

Review Interior Baris Ketiga

Jok baris ketiga Hyundai Palisade Signature AWD 2021

Memiliki tombol untuk akses keluar lebih praktis

Nah, bagaimana dengan baris ketiga? Keunggulan mobil ini adalah bisa memuat banyak penumpang. Untuk Anda yang memiliki postur tinggi, memang duduk di baris ketiga terasa kurang nyaman, kecuali jok di baris kedua dimajukan terlebih dahulu.  Namun, legroom dan headroom di baris ketiga masih cukup nyaman. Tak perlu repot saat Anda akan keluar dari jok baris ketiga karena ada tombol khusus yang akan memberi akses keluar lebih praktis.

>>> Chevrolet Konfirmasi Silverado Electric Akan Diproduksi

Mesin Palisade Signature AWD 2021

mesin Hyundai Palisade Signature AWD 2021

Akselerasi yang sama persis dengan Hyundai SantaFe

Berbicara tentang mesin, spesifikasinya bisa dibilang mirip dengan Hyundai SantaFe, yakni mesin 2200 cc Turbo Diesel yang menghasilkan tenaga nyaris 200 HP dan torsi 446 Nm dengan transmisi 8-percepatan otomatis. Saat Tim Cintamobil TV, mengetes mobil ini, ternyata akselerasinya sama persis dengan Hyundai SantaFe. Pengemudi bisa mencapai 0-100 dalam 8,9 detik. Bukan angka yang pelan mengingat mobil ini memiliki bobot yang berat. Konsumsi BBM-nya, untuk rute kota hanya bisa 11,7 km per liter dan untuk rute tol bisa 16,5 km per liter.

Mobil ini sangat nyaman dikendarai, apalagi bantingan suspensi yang empuk mengayun. Begitu juga dengan kekedapan kabin mobil yang jempolan yang suara mesinnya tidak terdengar. Hanya terdengar samar-samar suara ban mengingat mobil ini menggunakan ban khusus performa. Namun, itu pun tidak terasa mengganggu.

Spesifikasi Hyundai Palisade Signature AWD 2021

Spesifikasi Palisade Signature AWD 2021
Mesin 2.199 cc 4-silinder turbo diesel
Tenaga 198 ps/3.800 rpm
Torsi 440 Nm/1.750-2.750 rpm
Transmisi AWD/Otomatis 8-percepatan
Dimensi PxLxT 4.980 x 1.975 x 1.750 mm
Wheelbase 2.900 mm
Ukuran ban 245/50 R20
Harga Rp 1,078 miliar

>>> Pembaruan harga mobil BMW terbaru Januari 2021 Di Indonesia

Penasaran bagaimana mobil Palisade Signature AWD 2021 dijalankan dalam mode off road? Simak selengkapnya di video ini!

Bagaimana, apakah Anda tertarik dengan Hyundai Palisade Signature AWD 2021?

>>> Baca Review Mobil Lainnya di Cintamobil.com

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top