Cintamobil TV: Mazda CX-3 1.5 Sport Semakin Terjangkau

16/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Cintamobil TV: Mazda CX-3 1.5 Sport Semakin Terjangkau
Hanya memiliki perbedaan Rp 100 ribu dengan Honda HR-V, bagaimana spesifikasi Mazda CX-3 Sport 2021?

New Mazda CX-3 Sport resmi diluncurkan oleh PT Eurokars Motor Indonesia. Mazda Indonesia merilis Mazda CX-3 dalam tiga varian baru, yakni varian pro sebagai varian tertinggi dengan mesin 2000 cc, varian menengah yakni sport 2000 cc, dan varian sport 1500cc yang menjadi varian terendahnya.
Kali ini tim Cintamobil TV berkesempatan untuk mengulas tentang Mazda CX-3 1.5 Sport. Simak selengkapnya.

Eksterior Mazda CX-3 1.5L Sport 2021

Satu hal yang menjadi nilai jual mobil ini adalah soal desain, karena Mazda mempertahankan makna desain Kodo-Soul of Motion. Tak hanya terlihat cantik dan elegan, tetapi dalam kondisi diam saja mobil ini terasa seperti berjalan kencang karena bentuk yang dinamis.

Meskipun masuk dalam varian termurah, tak banyak fitur yang dikurangi. Mobil ini masih dilengkapi dengan lampu utama LED dengan projector DRL, lampu sein di bagian bawah yang menggunakan bohlam halogen, dan fog lamp berukuran kecil khas Mazda.

gril Mazda CX-3 Sport 2021

Sentuhan chrome grey smoke pada gril Mazda CX-3 Sport 2021

Bagian depan, khususnya pada gril memiliki akses chrome di bagian tengah dengan sentuhan grey smoke sehingga tampilannya terkesan sporty dan agresif. Sedangkan di bagian samping, khususnya velg, mobil ini memiliki desain baru dengan warna sama smoke grey two tone polished berukuran 18 inci, sehingga akan memudahkan Anda untuk modifikasi pada bagian velg.

Hal menarik lainnya adalah aksen shark fin antenna sewarna dengan bodi polimetal grey yang membuat tampilan mobilnya sangat dinamis, agresif, dan disambung dengan spoiler belakang yang tampilannya rapi minimalis. Sekadar informasi, untuk warna polimetal grey hanya tersedia di Mazda CX-3 1.5L Sport.

Fitur Mazda CX-3 Sport 2021

Fitur baru lainnya ada pada bagian kunci yang memiliki desain lebih pipih dan lock di bagian sampingnya. Terdapat fitur Walk Away Lock, yang akan mengunci otomatis mobil jika Anda kelupaan mengunci. Sangat praktis, bahkan karena dilengkapi dengan Keyless Entry, Anda hanya perlu memencet tombol di bagian gagang saja untuk masuk ke bagian dalam.

>>> 6 Konsep Modifikasi Mobil Mazda Sedan dan Hatchback

Interior Mazda CX-3 2021

Kesan mewah masih tetap Anda dapatkan saat memiliki varian terendah dari Mazda CX-3 ini. Mulai dari jok yang ergonomis saat Anda duduk, penggunaan material kulit sintetis yang dipadu dengan fabric di bagian bawahnya membuat Anda semakin nyaman.

kabin Mazda CX-3 1.5L Sport 2021

Kabin Mazda CX-3 Sport 2021

Pada bagian head unit, ukurannya lebih besar daripada sebelumnya. Ada fitur wireless Apple CarPlay yang mengoneksikan smartphone Anda. Ada juga fitur Head Up Display, airbag berjumlah enam buah dari depan hingga ke belakang, dan Blind Spot Monitoring Assist untuk membantu Anda ketika mundur dan tak melihat kendaraan di sekitar Anda.

Memang tak banyak yang berubah dari fitur jika dibandingkan sebelum facelift. Door trim sudah berwarna grey sesuai dengan bagian warna luar, balutan kulit di bagian sandaran tangan hingga di bagian console tengah. Console ini bisa Anda fungsikan sebagai tempat penyimpanan tambahan atau meletakkan minuman.

Climate control Mazda CX-3 Sport 2021

Climate Control pada Mazda CX-3 Sport 2021

Ada juga fitur Electric Parking Brake dan Auto Hold Brake, AC Climate Control untuk mengatur suhu sesuai kebutuhan. Beberapa fitur lainnya yang tak ada di dalam varian terendah ini adalah sunroof dan pengoperasian jok yang masih manual. Namun, rasanya dengan fitur yang ada sebenarnya tergolong cukup lengkap, apalagi untuk bersaing dengan rivalnya, seperti Honda HR-V.

>>> Ini Jadinya Kalau Mazda RX-7 Veilside Tokyo Drift Bergaya Slamed

Kekurangan Mazda CX-3 1.5 Sport

Meskipun dilengkapi dengan banyak fitur, mobil ini juga tak lepas dari kekurangan. Salah satunya soal akomodasi di bangku baris kedua. Posisi duduknya tergolong cukup tegak dan legroom yang tak begitu lega.

jok Mazda CX-3 1.5L Sport 2021

Legroom yang sempit di jok baris kedua

Fitur tambahan seperti slot 12 volt atau slot USB juga tak ada, sehingga agak kesulitan untuk pengisian daya gadget di bagian belakang. Belum tersedianya ventilator AC juga di bagian belakang. Hal lainnya yang tim Cintamobil TV kurang sukai dari Mazda CX-3 Sport 2021 ini adalah tekstur karbon di bagian panel power windownya, baik di bagian depan maupun belakang. Tekstur ini justru membuat mobil terlihat kurang maksimal dan kurang mewah. Akan lebih menarik, jika menggunakan warna glossy black seperti di bagian head unit atau ventilasi AC di bagian depan.

Review Bagasi Mazda CX-3 1.5L Sport

Beralih ke bagian bagasi yang bagi beberapa pengemudi cukup vital, apalagi jika Anda sering bepergian jauh dan membawa banyak barang. Karena masih menggunakan platform yang sama dengan versi sebelumnya, bagian bagasi pun masih sama.

bagasi Mazda CX-3 1.5L Sport 2021

Tak ada perubahan dari sisi bagasi 

Jika harus bersaing dengan Honda HR-V tentu masih kalah besar. Namun, jika Anda membutuhkan space yang lebih lapang, Anda bisa memaksimalkan kapasitas bagasi dengan melipat bangku baris kedua dan cukup fleksibel untuk di split. Dengan harga mobil sekitar Rp 350 jutaan, bagian partisi untuk penyimpanan ban cadangan terkesan murahan dan kurang eksklusif.

>>> Chevrolet Konfirmasi Silverado Electric Akan Diproduksi

Mesin Mazda CX-3 1.5L Sport

mesin Mazda CX-3 1.5L Sport 2021

Mesin Mazda CX-3 1.5L Sport 2021

Mazda CX-3 1.5L Sport disenjatai dengan jantung mekanis berkode SKYACTIV-G-4-Cylinder. Meskipun kode mesinnya sama dengan Mazda 2, tapi beda outputnya. Mesin ini memiliki tenaga 111 HP pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 122 NM di putaran mesin 4.000 rpm. 

Harga Mazda CX-3 1.5L Sport

Untuk varian termurah, mobil ini memiliki value for money yang sangat baik dan menjadi salah satu pilihan yang paling menyenangkan dan memiliki banyak kelebihan dibandingkan rivalnya. Apalagi harganya terjangkau, yakni Rp 359.100.000, yang artinya hanya berbeda Rp 100 ribu dengan varian Honda HR-V 1.5 Special Edition.

Jadi, bagaimana apakah Anda lebih memilih Mazda CX-3 1.5L Sport 2021 atau justru Honda HR-V 1.5 Special Edition yang hanya berbeda Rp 100 ribu?

>>> Baca Review Mobil Lainnya di Cintamobil.com

Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top