Cintamobil TV: Wuling Almaz RS, Fiturnya Melebihi Mobil Rp 500 Juta

26/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sebuah fitur canggih Advance Driver Assistance System (ADAS) dari Wuling Almaz RS membantu perjalanan mengemudi Anda jadi lebih aman dan menyenangkan.

Teknologi pada mobil tak hanya memberikan keselamatan saja, tapi juga kenyamanan berkendara. Begitu juga dengan Wuling Almaz RS yang memiliki sederet fitur canggih, salah satunya teknologi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang mencakup Advance Driver Assistance System (ADAS).

Melalui fitur ADAS, fitur canggih lainnya pun terintegrasi, sebut saja Adaptive Cruise Control (ACC), Intelligent Cruise Assistant (ICA), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistant (TJA), Lane Departure Warning (LDW), dan Lane Keeping Assistance (LKA).

Kali ini tim Cintamobil TV akan mencoba menjajal fitur canggih ADAS atau sistem bantuan pengemudi (driver assistance). Bagaimana fitur ini membantu tim Cintamobil.com melewati jalan macet ibukota? Intip penjelasannya.

Aplikasi My WULING+

Sebelum memulai perjalanan, tim Cintamobil TV menggunakan aplikasi My WULING+ untuk membantu selama perjalanan. Melalui aplikasi tersebut, pengemudi akan dimudahkan dalam melakukan perawatan, mengetahui informasi terkait Wuling, hingga tips perawatan kendaraan.

Sebagai informasi, My WULING+ merupakan aplikasi yang menghubungkan Wuling dengan pengguna dan dealer dalam satu platform. Melalui aplikasi ini, Anda sebagai pelanggan bisa bertanya kepada teknisi secara online, pemesanan test drive, booking service, dan road assistance 24 jam. Bahkan melalui aplikasi ini, Anda akan terhubung dengan laman User Community dan Fans Club.

Aplikasi My WULING+

Kontrol Wuling Almaz RS melalui aplikasi My WULING+

Nah, untuk menggunakan fitur ADAS, tim Cintamobil TV sudah men-download aplikasi My WULING+ dan semua fitur canggih tersebut bisa dikontrol melalui smartphone Anda. Mulai dari menyalakan mesin jika Anda ingin memanasi mobil, menyalakan AC, buka tutup kunci, hingga membuka bagasi.

Kelebihan lainnya, aplikasi My WULING+ juga langsung terkoneksi dengan head unit di dalam mobil. Anda juga bisa set Maps sebelum berangkat, sehingga saat masuk kabin Maps sudah tahu tujuan Anda.

>>> 5 Tips Hemat Bahan Bakar Mobil untuk Perjalanan Jarak Jauh

Fitur Geo-Fencing Security

Nah, ada satu fitur inovasi terbaik untuk Anda yang sedang hobi bersepeda. Tak hanya memiliki bagasi yang luas sehingga mampu menampung sepeda, tapi juga hadirnya fitur Geo-Fencing Security. Fitur ini merupakan salah satu fungsi Internet Car dari Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang menjadi fitur unggulan.

Geo-Fencing Security merupakan kemampuan mobil yang terkoneksi internet untuk memiliki area “pagar” keamanan virtual sendiri. Sistem akan memberikan notifikasi jika Wuling Almaz RS melewati area Geo-Fencing Security yang sudah Anda terapkan. Itu artinya, Anda nggak perlu khawatir saat bersepeda meninggalkan mobil karena akan ada alarm yang menginformasikan jika mobil dicuri.

Fitur menyalakan AC melalui aplikasi

Aplikasi My WULING+ bisa untuk memanaskan mobil & menyalakan AC

Tak hanya itu, aplikasi My WULING+ juga memudahkan Anda memerintahkan beberapa pekerjaan layaknya asisten. Hanya menggunakan suara melalui smartphone, Anda tinggal memerintah, seperti untuk membuka tutup sunroof atau mengecilkan AC. Semuanya terkoneksi melalui Voice Command.

Jika melewati jalan macet, Anda juga bisa menggunakan Traffic Jam Assistant yang membantu Anda menyetir, seperti mengegas, mengerem, atau menyetir sendiri sehingga kaki Anda bisa beristirahat. Tak perlu khawatir dengan keimanannya, fitur ini akan menyesuaikan dengan mobil di sekitar. Anda pun bisa mengatur kecepatan hingga 100 km per jam. Bahkan jika dibawa ngebut pun, akan tetap akan karena fitur ini akan mengatur sendiri gas, rem, kecepatan dan setir.

Nah, bagaimana fitur ini bekerja? Simak selengkapnya di video ini, yuk!

>>> Review Wuling Almaz Limited Edition 2020: Wuling Khusus Untuk Lawan Pandemi

Arti Fitur ADAS Pada Wuling Almaz RS

FItur Wuling Almaz RS

Fitur Traffic Jam Assistant pada Wuling Almaz RS

Bagaimana menurut Anda? Seru sekali bukan jika fitur ADAS pada Wuling Almaz RS ini? Nggak hanya aman tapi juga membuat pengemudi juga nyaman. Berikut ini arti fitur-fitur pada ADAS di Wuling Almaz RS. 

  • Adaptive Cruise Control (ACC): Otomatis menyesuaikan kecepatan mobil dengan kecepatan kendaraan di depannya untuk menjaga jarak aman. Bekerja pada kecepatan 0-150 km per jam.
  • Bend Cruise Assistance (BCA): Otomatis akan mengurangi kecepatan saat mobil memasuki tikungan. Fitur bekerja pada kecepatan 0-150 km per jam. 
  • Traffic Jam Assistance (TJA) & Intelligent Cruise Assistance (ICA): Berfungsi untuk membantu menjaga jarak aman saat lalu lintas padat maupun lancar. Fitur bekerja pada kecepatan 60-150 km per jam. 
  • Lane Departure Warning (LDW): Sistem akan memberikan peringatan saat mobil keluar lajur tanpa dikehendaki. Bekerja pada kecepatan 60-180 km per jam. 
  • Lane Keeping Assistance (LKA): Otomatis mengoreksi arah kemudi untuk kembali ke lajur yang aman. Bekerja pada kecepatan 10-180 km per jam. 
  • Safe Distance Warning (SDW): Sistem akan memberikan peringatan ketika mobil di depan Anda berada di bawah jarak aman. Fitur bekerja pada kecepatan 65-150 km per jam. 
  • Forward Collision Warning (FCW): Mendeteksi adanya potensi tabrakan depan dan memberikan peringatan dalam bentuk suara, visual, atau rem sekejap yang disesuaikan dengan tingkat bahayanya. Fitur bekerja pada kecepatan 30-150 km per jam. 
  • Automatic Emergency Braking (AEB): Sistem akan otomatis melakukan pengereman darurat jika pengemudi tidak merespons peringatan tabrakan yang terdeteksi.  Fitur bekerja pada kecepatan 70-150 km per jam. 
  • Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA): Menyesuaikan besarnya gaya pengereman secara otomatis sesuai risiko bahaya, jika gaya injak rem pengemudi tidak mencukupi. Fitur bekerja pada kecepatan 7-150 km per jam.
  • Collision Mitigation System (CMS): Jika tabrakan tidak bisa dihindari akibat kecepatan terlalu tinggi atau mendadak, sistem akan memaksimalkan pengurangan kecepatan untuk mengurangi keparahan cedera atau kerusakan. Fitur bekerja pada kecepatan 70-150 km per jam.
  • Intelligent Head Beam Assistance (IHMA): Kendaraan otomatis menyesuaikan ketinggian cahaya lampu utama sesuai dengan kondisi pencahayaan lingkungan sekitar. Fitur bekerja di atas kecepatan 30 km per jam.

Meskipun fitur canggih memudahkan Anda dalam mengemudi, bukan berarti Anda bisa asal di jalan. Tetaplah menjadi pengemudi yang bertanggung jawab. Jangan main smartphone apalagi tidur meskipun fitur dari Wuling ini membantu Anda. Nah, menurut Anda bagaimana? Hebatnya lagi kecanggihan Wuling Almaz RS seperti ini bahkan melebihi fitur mobil Rp 500 juta, lho!

>>> Baca artikel tentang otomotif terbaru hanya di Cintamobil.com

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top