Cintamobil TV: Fitur Mazda CX-5 GT Makin Banyak & CX-9 Ada Varian AWD-nya!

20/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Di tahun 2021, Mazda melakukan facelift pada koleksi medium SUV Mazda CX-5 GT & Mazda CX-9 AWD. Bagaimana perbedaannya?

Pasar medium SUV di Indonesia mulai diramaikan dengan lineup terbaru. Sebut saja CRV Turbo Prestige yang versi facelift, Wuling Almaz RS, dan Mazda meluncurkan medium SUV, yakni Mazda CX-5 GT dan Mazda CX-9 AWD. Kali ini tim Cintamobil TV akan mengulas tentang Mazda CX-5 GT dan Mazda CX-9 AWD, seperti apa spesifikasinya? Simak di sini!

>>> 3 Contact Centre Korlantas untuk Dapat Informasi Lalu Lintas

Mazda CX-5 GT

Eksterior Mazda CX 5 GT

Jika Anda ingat bersi Mazda CX 5 2020 facelift, tak banyak fitur yang menarik. Namun, Mazda CX-5 2021 memiliki banyak fitur canggih yang diupgrade untuk mengutamakan kenyamanan dalam berkendara.

Mazda CX-5 GT

Grille besar pada Mazda CX-5 GT 

Jika dilihat dari eksteriornya, memang sebenarnya dibandingkan yang 2020 ataupun sebelum facelift, tampilannya tak jauh berbeda. Masih sama-sama sporty karena grille yang berukuran besar dengan akses bintang. Desain velg juga berubah dengan finishing warna yang saat ini terlihat lebih elegan dan mewah. Namun, selebihnya untuk area belakang pun masih sama dengan versi sebelum facelift.

Mesin Mazda CX 5 GT

mesin Mazda CX-5 GT

Fitur terbaru pada mesin 

Mobil ini memiliki improvement di bagian mesinnya. Tenaganya mengalami peningkatan 4 HP, yakni 194 HP dan peningkatan torsi 6 Nm menjadi 258 Nm. Tak hanya hal tersebut, mobil ini juga memiliki fitur terbaru di mesinnya. Dilengkapi dengan fitur silinder De-Activation yang mana saat berjalan mesin hanya menggunakan dua silinder, sedangkan sisa duanya beristirahat. Tujuannya untuk bisa menurunkan konsumsi BBM-nya agar penggunaan jadi lebih irit.

Interior Mesin Mazda CX 5 GT

head unit Mazda CX-5 GT

Head unit berukuran lebih besar

Saat Anda memasuki mobil Mazda CX-5 GT 2021, terdapat beberapa fitur yang tersedia di tipe elitnya. Seperti adanya Head-Up Display (HUD), speaker Bose, dan panel instrument full digital. Ukuran head unit juga jadi lebih besar, jika di varian sebelumnya 7inch, di varian facelift ini sudah berukuran 8 inci dengan bezel yang lebih tipis. Panel instrumen menunjukkan putaran mesin, panas mesin, dan indikator bensin yang masih analog. Serunya lagi panel instrumennya memiliki font terbaru. Hal ini juga bisa terlihat dari font tulisan CX-5 di bagian belakang karena mengikuti panel instrumen.

Untuk fitur berkendara, mobil ini sudah disematkan Blind Spot Monitoring yang membantu Anda melihat area belakang juga ada fitur Rear Cross Traffic Alert untuk memudahkan Anda saat di parkiran.  

kabin Mazda CX-5 GT

Material soft touceh yang lebih banyak

Sementara untuk material Mazda CX-5 GT 2021, sudah banyak area premium soft touch yang membuat berkendara jadi lebih nyaman. Ditambah lagi mobil ini memiliki posisi duduk ergonomis dan setir yang bisa diatur secara fleksibel. Jok terbuat dari kulit yang empuk.
Fitur lainnya pada interior adalah tersedianya sunroof yang bisa Anda buka. Selebihnya, untuk bagian interior mobil ini masih sama dengan versi sebelumnya.

Harga Mazda CX-5 GT 2021

Bagaimana dengan harga Mazda CX 5 GT 2021? Sebelum facelift, harganya adalah Rp 549 juta. Sedangkan di versi facelift ini, dengan penambahan HUD, Head Unit baru, Panel Instrumen terbaru, velg dengan desain terbaru, dan fitur tambahan, mobil ini menjadi Rp 555 juta alias kenaikan harga hanya Rp 6 juta.

Spesifikasi Mazda CX-5 GT

Spesifikasi Mazda CX5 GT
Mesin 2.488 cc 4-silinder 
Tenaga 194 hp/6.000 rpm
Torsi 258 Nm/4.000 rpm
Transmisi FWD/ Otomatis 6 percepatan
Dimensi PxLxT 5.075 x 1.969 x 1.747 mm
Wheelbase 2.700 mm
Ukuran Ban 225/55 R19
Harga Rp 555,8 juta

>>> Cintamobil TV: Mobil Penghasil Uang Bisa Custom! Suzuki Carry 1.5 Minibus & Blind Van 2021

Mazda CX-9 AWD

Eksterior Mazda CX-9 AWD

mazda CX-9 AWD

Mazda CX-9 AWD

Untuk mobil Mazda CX-0 AWD yang banyak perubahannya bisa dilihat dari tampilan eksteriornya. Seperti tampilan grille yang lebih cerah dan terasa lebih mewah. Sementara untuk bagian bumper dan headlamp juga sudah adaptif yang bisa redup atau aktif secara otomatis.

 

velg mazda CX-9 AWD

Velg mazda CX-9 AWD hadir dengan desain baru

Pada bagian samping, velg memiliki desain terbaru dan warna yang sama dengan Mazda CX-5 GT 2021, yakni sama-sama berwarna silver satin. Sementara di bagian knalpot, dimensinya lebih besar dibandingkan versi sebelumnya sehingga terlihat semakin sporty di bagian belakang.

Interior Mazda CX-9 AWD

door trim mazda CX-9 AWD

Door Trim Mazda CX-9 AWD

Seperti apa interior Mazda CX-9 AWD? Ada banyak perubahan juga dari sisi interior. Terutama di bagian door trim yang sudah memiliki aksen kayu asli, selebihnya untuk materialnya masih sama. Sudah dilengkapi speaker Bose, bagian kabin yang memiliki akses chrome yang membuat mobil ini lebih mewah.

Nah, jika Anda masuk pada bagian baris pertama, panel instrumennya sudah digital, head unit yang semakin besar dan support Apple CarPlay dan Android Auto. Di bagian tengah terdapat aksen chrome dan kayu asli.

>>> Harga Mazda Januari: Daftar harga mobil Mazda 2021

Mesin Mazda CX-9 AWD

Bagian paling signifikan berubah dari mobil ini adalah dari sistem penggerak roda. Dengan penggerak semua roda atau All Wheel Drive, Anda bisa mendapatkan cengkraman dan handling yang lebih baik dibandingkan Two Wheel Drive (2WD) ataupun Front Wheel Drive (FWD). Dengan penggerak semua roda, mobil ini memiliki akselerasi yang lebih baik dan maksimal.

mesin mazda CX-9 AWD

Mazda CX-9 AWD berteknologi SKTACTIV-G 2.5

Mazda CX-9 2021 AWD hadir dengan mesin bensin 2.500 cc dengan teknologi SKYACTIV-G 2.5 T dengan transmisi otomatis SKYACTIV-G 2.5T. Penggerak Mazda CX-9 AWD akan meneruskan tenaganya 100% ke roda depan. Namun saat terjadi selip, secara otomatis sistem AWD akan membagi tenaga ke roda belakang.

Harga Mazda CX-9 AWD

Mazda CX-9 hadir dalam varian FWD dan AWD. Untuk Mazda CX-9 FWD harganya Rp 869,8 juta off the road, sedangkan varian AWD harganya Rp 998,8 juta on the road. Harga yang terpaut sekitar Rp 128 jutaan, manakah yang akan dipilih, Mazda CX-9 AWD atau Mazda CX-9 FWD? 

Spesifikasi Mazda CX-9 AWD

Spesifikasi Mazda CX-9 AWD
Mesin 2.488 cc 4-silinder 
Tenaga 231 hp/5.000 rpm
Torsi 420 Nm/2.000 rpm
Transmisi AWD/ Otomatis 6 percepatan
Dimensi PxLxT 5.075 x 1.969 x 1.747 mm
Wheelbase 2.930 mm
Ukuran Ban 255/50 R20
Harga Rp 998,8 juta

Jadi, mobil Mazda mana yang menjadi favorit Anda?

>>> Temukan Review Mobil Lainnya di Cintamobil.com

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top