China 'Bantu' Peningkatan Penjualan Toyota Secara Global

07/10/2020

Pasar mobil

4 menit

China 'Bantu' Peningkatan Penjualan Toyota Secara Global
Toyota mengklaim bisa pulih lebih cepat dari prediksi. Peningkatan penjualan Toyota ini salah satunya 'dibantu' oleh pasar otomotif China yang mulai membaik.

Tak ada satupun industri yang kebal dari hantaman virus corona. Sektor otomotif khususnya yang paling terpukul. Banyak negara yang melaporkan penjualan mobilnya menurun. 

Menurunnya penjualan mobil di banyak negara disebabkan oleh beberapa alasan. Mulai dari karyawan terinfeksi corona yang memaksa pabrik harus tutup dan juga enggannya konsumen untuk pergi ke luar rumah. 

Namun seiring berjalannya waktu, perlahan-lahan para produsen mobil sudah mulai pulih. Jenama asal Jepang Toyota misalnya yang mengklaim sudah pulih lebih cepat dari prediksi. 

Penjualan Toyota

Pasar otomotif China memberikan kontribusi besar

>>> Januari-Agustus 2020, Penjualan Toyota Avanza Masih yang Terbaik

Dibantu China

Melansir Autoindustriya, Rabu (7/10/2020), sebagai raksasa otomotif di dunia, Toyota menyebut pencapaiannya telah mendekati 90 persen dibandingkan penjualan tahun lalu. Di beberapa negara pun penjualan Toyota tercatat mulai meningkat. 

Salah satu negara yang membantu peningkatan penjualan Toyota adalah pasar otomotif China. Di Negeri Tirai Bambu itu penjualan Toyota naik hingga 27,2 persen. Ada sejumlah model yang berkontribusi terhadap peningkatan penjualan Toyota di China seperti Levin (model Sport berbentuk Corolla) dan juga Lexus ES. 

Secara keseluruhan Toyota berhasil membukukan 164.354 unit penjualan dalam waktu satu bulan. Produksi Toyota di China itu pun naik sebesar 15 persen. Tercatat 119.711 unit diproduksi dari berbagai lini pabrik perakitan. 

Bila di China penjualan Toyota meningkat, tapi tidak dengan di rumah sendiri. Di Jepang, penjualan Toyota justru menurun 10,6 persen dengan menjual 104.535 unit. 

Harrier model terbaru menjadi penyelamat peningkatan penjualan Toyota bersama dengan Yaris dan juga Raize. Yaris model terbaru rupanya sukses memikat warga Jepang dan menjadi yang terlaris di Negeri Sakura sepanjang Agustus. 

Sedangkan Raize duduk di posisi kedua penjualan terlaris sepanjang bulan kedelapan tahun 2020. 

>>> Penjualan Toyota Agya di Tengah Corona Meningkat Berkat Model Baru

Mengandalkan Model Baru

Sementara secara global, penurunan penjualan Toyota mencapai 10,6 persen tapi itu bisa lebih rendah lagi jikalau pasar otomotif China tak merangkak hingga 30%. 

Tercatat sepanjang Januari hingga Agustus 2020, Toyota telah menjual 5.766.821 unit mobil termasuk merek-merek di bawah naungannya seperti Lexus, Daihatsu, dan juga Hino. Toyota juga bakal mengandalkan penjualan mobil barunya yang bakal menyambangi dealer-dealer sebelum tahun 2020 berakhir. 

Penjualan Toyota

Fortuner jadi salah satu andalan di pasar ASEAN

Di pasar ASEAN misalnya Toyota baru-baru ini meluncurkan Fortuner dan Hilux di beberapa negara. Fortuner dan Hilux juga menjadi favorit di Thailand dan berkontribusi untuk meningkatkan penjualannya. 

Di Indonesia pun termasuk salah satunya. Bila Hilux sudah lebih dulu mengaspal, Innova dan Fortuner facelift juga telah disiapkan untuk meluncur di Tanah Air. 

>>> Ada Imbauan di Rumah Saja, Toyota Gencar Jualan Mobil Lewat Online

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top