Chevrolet Konfirmasi Silverado Electric Akan Diproduksi

07/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Produksi Chevrolet Silverado Electric akan hadir dengan jarak tempuh 644 kilometer dan diproduksi di pabrik Factory Zero bersama pikap Hummer listrik.

General Motors (GM) mengumumkan akan membangun Chevrolet Silverado bertenaga listrik. Nantinya produksinya akan dilakukan di pabrik Factory Zero yang saat ini sedang diperbaiki untuk hanya membuat kendaraan listrik.

Gambar menunjukan Hummer EV

GMC Hummer EV 2021

>>> GMC Hummer VIN 001 Bakal Dilelang

Menyenangkan Pelanggan Ritel dan Komersial

Silverado Electric akan bergabung dengan kendaraan listrik GM lainnya yang akan datang menggunakan platform baterai Ultium milik GM. Presiden GM Reuss mengatakan ia sangat senang dengan potensi EV GM yang akan datang di armada dan ruang komersial, yang keduanya diharapkan akan menjadi pengadopsi awal yang kuat. 

"Kendaraan yang berasal dari Pabrik Zero akan mengubah dunia, dan cara pandang dunia terhadap kendaraan listrik ," kata Reuss seperti dikutip dari laman Autoblog. “Chevrolet akan mengambil semua yang disukai pembeli truk setia Chevy tentang Silverado dan lebih banyak lagi dan memasukkannya ke dalam pickup elektrik yang akan menyenangkan pelanggan ritel dan komersial." tambahnya.

Silverado Electric sendiri merupakan bagian dari rencana GM untuk merilis 30 EV baru secara global pada tahun 2025 di bawah investasi $ 27 miliar (Rp 392 triliun) dalam kendaraan listrik dan otonom selama jangka waktu tersebut. Pada saat itu, perusahaan berencana untuk menjual setidaknya 1 juta EV setiap tahun dalam perjalanan menuju transisi menjadi pembuat mobil listrik sepenuhnya di tahun 2035.

>>> GM Akan Gunakan Teknologi Baterai Listrik Superior

Gambar menunjukan Pabrik Zero

Pabrik Factory Zero

Silverado Electric 

GM sendiri saat ini sedang dalam proses memperlengkapi kembali pabrik Factory Zero senilai $ 2,2 miliar (Rp 31 triliun) menjadi fasilitas yang cukup fleksibel untuk membangun berbagai mobil dan truk di seluruh portofolio merek GM.  Proyek pertama elektrifikasi produsen mobil asal Amerika ini yakni pick up GMC Hummer serba listrik dan Cruise Origin yang bisa mengemudi sendiri.

Mengingat bahwa Silverado Electric akan berbagi platform dan jalur perakitan dengan Hummer EV, kemungkinan besar keduanya juga akan berbagi powertrain. Silverado EV akan memanfaatkan teknologi baterai Ultium baru dari General Motor yang dapat ditingkatkan untuk membuat paket baterai sebesar 200-kWh. 

Chevrolet mengklaim baterai tersebut akan memberikan Silverado Electric jangkauan hingga 644 kilometer dalam sekali pengisian daya. Jelas jangkauan dalam pengujiannya di jalan akan bervariasi, terutama saat membawa banyak beban.

>>> Rem Bus dan Truk Harus Cepat dan Pendek. Ini Alasannya

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top