Cezeri, Mobil Terbang Turki yang Sukses Uji Coba di Istanbul

17/09/2020

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Cezeri, Mobil Terbang Turki yang Sukses Uji Coba di Istanbul
Era mobil terbang bisa dibilang semakin dekat. Setelah Jepang, sekelompok pengembang dari Turki mengungkapkan keberhasilannya dalam menguji mobil terbangnya.

Jepang bukanlah satu-satunya negara yang serius mengembangkan proyek mobil yang bisa terbang. Sekelompok peneliti dari Turki tak ketinggalan memamerkan teknologi kendaraan udara. Setelah diperkenalkan tahun lalu, mobil terbang pertama Turki yang dikenal dengan nama Cezeri berhasil menyelesaikan serangkaian uji coba dan terbang di Istanbul, Turki.

Mobil masa depan Turki

Dirancang dan diproduksi oleh para insinyur asal Turki, Cezeri berhasil terbang setinggi 10 meter dengan prototipe sebesar 230 kilogram dalam pengujian yang dilakukan Selasa (15/9) lalu. Cezeri dikembangkan oleh 50 orang teknisi dari Cezeri Robot yang berada di bawah bimbingan Selçuk Bayraktar selaku Technical Manager and Turkey Technology Team Foundation.

uji mobil terbang Cezeri pada malam hari
Pengujian dilakukan pada Selasa malam di Istanbul, Turki

>>> Perusahaan Jepang Sukses Uji Coba Mobil Terbang untuk Pertama Kalinya

"Kami akan membuat prototipe yang lebih maju dalam proses yang akan datang, dan melakukan penerbangan dengan manusia [dengan mobil terbang ini]," Selcuk Bayraktar mengungkapkan dalam keterangan resminya, sebagaimana dikutip dari AA.com.

Bayraktar menambahkan, butuh waktu 10 hingga 15 tahun bagi Cezeri untuk bisa digunakan di jalanan dan 3 hingga 4 tahun pengembangan untuk tujuan rekreasi. “Setelah mobil pintar, revolusi teknologi otomotif akan terjadi pada mobil yang bisa terbang. Jadi dari sudut pandang ini, kami mempersiapkan teknologi yang lebih baik nanti, bukan hari ini,” tambahnya.

Diambil dari nama penemu Muslim

Cezeri menjadi temuan paling menjanjikan setelah diperkenalkan pada Teknofest 2019 lalu. Festival penerbangan dan teknologi terbesar di Turki tersebut diselenggarakan dari tanggal 17 hingga 22 September dan dikunjungi oleh hampir 2 juta orang.

mobil terbang Cezeri di festival Teknofest 2019
Cezeri pertama kali diperkenalkan pada Teknofest 2019 lalu

Ozan Yağcı selaku manajer proyek Cezeri mengungkapkan masalah baterai menjadi salah satu penghalang dalam pengembangan teknologi ini. “Sebelum puluhan kendaraan ini terbang di udara, semuanya perlu ditetapkan secara berkala karena terlalu banyak detail yang harus dipertimbangkan,” ungkapnya.

Nama Cezeri sendiri diambil dari nama seorang penemu Muslin pada abad ke-12, Ismail al-Jazari, atau dikenal dengan nama Cezeri dalam bahasa Turki. Ia terlibat dalam ratusan penemuan, termasuk temuan-temuan penting yang menjadi dasar penerbangan di seluruh dunia. 

>>> Kilk sini untuk berita otomotif yang terbaru lainnya

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Perusahaan Jepang Sukses Uji Coba Mobil Terbang untuk Pertama Kalinya

31/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Sebuah perusahaan Jepang baru-baru ini mengumumkan bahwa pihaknya sukses dalam menguji mobil terbang untuk pertama kalinya. Rencananya mobil meluncur 2023.

Lihat juga

Toyota Rangkul Joby Aviation Dalam Pengembangan Mobil Terbang Elektrik

18/01/2020

Pasar mobil

4 menit

Moda transportasi udara menjadi alternatif jitu di masa depan. Toyota pun aktif dalam pengembangan mobil terbang elektrik

Lihat juga

Porsche dan Boeing Kerja Sama Kembangkan Mobil Terbang Premium, Ini Tampangnya

13/10/2019

Pasar mobil

2 menit

Pencinta Porsche dan ingin membeli mobil terbang? Kedua hal ini bisa menjadi kenyataan. Pembuat mobil Jerman ini dilaporkan telah menandatangani nota kesepahaman dengan Boeing. Dan beberapa waktu lagi, kita bisa melihat mobil terbang premium milik Porsche berkeliaran di langit.

Lihat juga

Wah, Hyundai Siapkan Divisi Khusus Mobil Terbang

02/10/2019

Pasar mobil

5 menit

Bukan hanya mobil ramah lingkungan, saat ini para pabrikan juga mulai mengembangkan mobil terbang sebagai solusi dari kemacetan di perkotaan. Bahkan, Hyundai sampai menyiapkan divisi khusus untuk pengembangan mobil terbang.

Lihat juga

Penelitian Terbaru Jelaskan Mobil Terbang Bisa Mengatasi Perubahan Iklim

12/04/2019

Pasar mobil

Penelitian terbaru menyebutkan mobil terbang bukan hanya untuk mengatasi kemacetan atau untuk gaya-gayaan. Tetapi lebih dari itu, mobil terbang bisa mengatasi perubahan iklim. Bagaimana caranya?

Lihat juga