Cetak Sejarah Pertama, Jaguar I-Pace Jadi Mobil Terbaik Eropa 2019

07/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
Cetak Sejarah Pertama, Jaguar I-Pace Jadi Mobil Terbaik Eropa 2019
Jaguar I-Pace akhirnya memenangkan penghargaan European Car of the Year 2019 di Geneva Motor Show, menandai kemenangan pertama pabrikan asal Inggris tersebut dalam penghargaan ini.

Mobil all-electric pertama dari Jaguar dinobatkan sebagai yang terbaik di Eropa menjelang Geneva International Motor Show minggu ini. Meskipun memiliki poin yang sama dengan Alpine A110, Jaguar I-Pace dipilih karena mendapatkan urutan teratas dalam beberapa kategori. Selain itu, Kia Ceed dan Ford Focus duduk di posisi ketiga dan keempat dengan 247 dan 235 poin.

Ian Callum yang sedang memegang piala dan Frank Janssen

Ian Callum (kanan) dan Frank Janssen (kiri), Presiden Juri Car of the Year

“Ini adalah kehormatan besar, bukan hanya karena itu adalah mobil listrik,” jelas Ian Callum selaku direktur desain di Jaguar sebagaimana dilansir dari Euronews. “Mengapa orang harus kaget mobil listrik memenangkan penghargaan? Ini adalah masa depan, kalian semua harus menerimanya.”

>>> Honda E Prototype Meluncur Pertama Kali Di Ajang Geneva International Motorshow 2019

Penghargaan ini diluncurkan pada 1960-an oleh sekelompok majalah mobil dari seluruh Eropa, termasuk Auto Italia, Autocar Inggris, dan L’Automobile Magazine Prancis. Semua mobil yang dinominasikan harus memenuhi syarat sebagai mobil yang dijual di Eropa selama tahun sebelumnya dan terjual setidaknya 5.000 unit. Penghargaan ini diputuskan oleh dewan juri jurnalis mobil Eropa.

Namun penghargaan ini mungkin bukanlah yang terakhir bagi I-Pace untuk tahun ini. Pasalnya, para finalis akan mendapatkan poin lebih ketika dinominasikan sebagai World Car of the Year. Sedangkan I-Pace sudah mendapatkan 55 penghargaan dari seluruh dunia sejak pertama kali diluncurkan, termasuk mobil terbaik Inggris tahun lalu.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap hanya di Cintamobil.com

Jaguar I-Pace berwarna merah

Jaguar I-Pace ketika ‘menerima’ penghargaan European Car of the Year 2019

I-Pace adalah pertaruhan pertama Jaguar dalam segmen crossover listrik premium yang sedang berkembang. Melawan nama-nama besar yang sedang naik daun seperti Tesla Model X dan Audi e-Tron yang akan datang, mobil ini mendapatkan tenaga dari dua motor listrik yang menghasilkan 394 daya kuda dan 694 Nm. Mencapai 100 km/jam dalam 4.5 detik, baterai 90 kilowatt-jam menyediakan jangkauan 377 kilometer.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top