Cetak Sejarah, 2 Pebalap Indonesia Turun di Le Mans 24 Jam 2021

10/03/2021

Pasar mobil

3 menit

FIA dan Automobile Club de l'Ouest (ACO) sudah mengeluarkan daftar pembalap yang akan turun di Le Mans 24 jam 2021. Dan dari nama-nama tersebut, terselip dua pembalap Indonesia, siapa saja?

Jika Anda adalah seorang pecinta balap dan menyukai balapan ketahanan seperti Le Mans 24 jam, maka edisi 2021 menjadi salah satu yang tidak boleh dilewatkan. Kenapa?

Pasalnya, dalam entry-list (daftar pembalap) yang dikeluarkan oleh FIA dan ACO, terdapat dua pembalap Indonesia yang akan turun di Le Mans 24 jam 2021. Ini merupakan kali pertama talenta balap Indonesia mentas di ajang sebesar Le Mans.

>>> Incar Le Mans 24 Jam, Sean Gelael Beralih ke WEC Dengan JOTA LMP2

Sosok pembalap Le Mans Indonesia

Adapun dua pembalap itu adalah Sean Gelael dan Andrew Haryanto, keduanya akan membalap di ajang balap ketahanan legendaris di dua kelas yang berbeda.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Gelael akan turun di Le Mans 24 jam tahun ini bersama JOTA Racing. Sean akan mengendarai mobil LMP2 Oreca 07 #28 bersama Stoffel Vandoorne dan Tom Blomqvist.

Sean Gelael memenangi Asian Le Mans Abu Dhabi

Gelael mengikuti ajang Asian Le Mans Series sebagai persiapan jelang Le Mans 24 jam

Sebelumnya, ketiga pembalap melakukan pemanasan di Asian Le Mans Series 2021. Sean dan Blomqvist mencetak dua kemenangan beruntun di Abu Dhabi dan menuntaskan musim di posisi kedua klasemen akhir.

Sementara itu, Andrew Haryanto akan membalap di kelas LMGTE-AM berpasangan dengan Alessio Picariello dan satu pembalap lagi yang belum diumumkan. Adapun mobil yang akan dipakai adalah Porsche 911 RSR-19, mobil balap GTE yang berbasis Porsche 911 generasi 991.

>>> Mengenal Lebih Dekat Spesifikasi Mobil Balap LMP2 Sean Gelael

Apa itu Le Mans 24 jam?

Berbeda dari balap yang lebih popular di Indonesia seperti F1 atau MotoGP, balap ketahanan memiliki konsep yang jauh berbeda. Konsep balapan ketahanan adalah multi-class, di mana ada lebih dari satu kategori/kelas balapan, berbeda dari MotoGP atau F1 yang hanya satu kelas saja.

Absolute Racing membalap di Le Mans 24 jam

Andrew Haryanto juga akan membalap di Le Mans, bertarung di kategori LMGTE-AM

Menjadi bagian dari kalender FIA World Endurance Championship (WEC), Le Mans 24 jam sudah digelar sejak 1923, dan menjadi salah satu dari kelompok Triple Crown sebagai ajang balap paling bergengsi di dunia, bersama F1 GP Monaco dan Indianapolis 500.

Durasi balapan bukan ditentukan oleh banyaknya lap, namun durasi waktu tertentu, mulai dari 4 jam, 6 jam, 8 jam, 12 jam, sampai 24 jam. Maka dari itu, tak heran setiap tim memiliki lebih dari satu pembalap untuk bergantian, khusus Le Mans 24 jam, jumlah pembalapnya ada tiga.

>>>  Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

 
back to top