CES 2020: Nissan Kenalkan Teknologi Baru e-4ORCE, Bikin Mobil Listrik Serasa Mobil Sport Premium

09/01/2020

Pasar mobil

3 menit

CES 2020: Nissan Kenalkan Teknologi Baru e-4ORCE, Bikin Mobil Listrik Serasa Mobil Sport Premium
Di ajang CES 2020 Nissan memperkenalkan teknologi baru e-4ORCE, teknologi all wheel control twin motor yang akan bikin mobil listrik serasa mobil sport premium.

Pameran teknologi tahunan bertaraf internasional, Consumer Electronic Show 2020 (CES 2020) digelar di Las Vegas, Amerika Serikat (AS) pada 7-10 Januari 2020. Ribuan perusahaan teknologi turut ambil bagian dalam ajang ini memamerkan inovasi terbaik dan terbaru yang dimiliki. Salah satunya bidang otomotif, ajang CES jadi momen penting untuk memperkenalkan beragam teknologi otomotif masa depan.

Nissan e-4ORCE

Foto menunjukkan Nissan Ariya Concept tampak dari samping depan

Nissan Ariya Concept, crossover yang sepenuhnya zero emission

Nissan hadir di ajang bergensi ini membawa Ariya Concept, yaitu model baru crossover yang sepenuhnya bertenaga listrik. Nissan juga memperkenalkan teknologi baru e-4ORCE yaitu teknologi all wheel control twin motor yang turut disematkan pada Ariya. Teknologi ini memberikan torsi instan ke keempat roda untuk menghasilkan tenaga yang seimbang dan dapat diprediksi serta handling yang setara dengan mobil sport premium.

Dalam rilisnya dijelaskan tentang e-4ORCE, "E" mewakili teknologi Nissan yang diaktifkan oleh sistem penggerak motor listrik 100%. "4ORCE," diucapkan "force," membangkitkan kekuatan fisik dan energi. Angka "4" menunjukkan kemampuan mengemudi kontrol semua roda.

“Teknologi kontrol All Wheel Twin Motor e-4ORCE menawarkan penanganan dan stabilitas yang tepat, yang memberikan rasa percaya diri yang lebih besar kepada pengemudi,” kata Takao Asami, wakil presiden senior riset dan teknik Nissan. "Teknologi ini memungkinkan kinerja menikung dan traksi yang sangat baik pada permukaan yang licin dan pengendaraan yang nyaman untuk semua penumpang." lanjutnya.

>>> Mau beli mobil Nissan, ini daftar harganya lengkap!

Foto menunjukkan dashboard dan kabin Nissan Ariya Concept

Tampilan head unit Nissan Ariya Concept dengan teknologi Nissan e-4ORCE

Ada teknologi baru e-4ORCE, mobil listrik Nissan bakal serasa mobil sport premium

Dikembangkan dari Nissan GT-R

Bukan tanpa alasan e-4ORCE bakal memberikan kinerja yang lebih baik dalam hal akselerasi maupun stabilitas, teknologi ini dikembangkan dari sistem Advanced Total Traction Engineering System for All-Terrain (ATTESA) Electronic Torque Split (ETS) yang diterapkan pada Nissan GT-R dan sistem 4x4 cerdas yang dipakai Nissan Patrol.

Selain menghasilkan torsi instan, insinyur Nissan mengembangkan teknologi baru e-4ORCE untuk secara khusus mengelola output daya kendaraan listrik dan kinerja pengereman agar halus dan stabil.

e-4ORCE meningkatkan kepercayaan diri pengemudi dengan selalu melacak garis laju kendaraan yang diinginkan pengemudi berkat kontrol motor dan rem yang sangat presisi tinggi. Dengan kepercayaan diri untuk menangani berbagai permukaan jalan, bahkan untuk pengemudi pemula di permukaan yang licin, berkendara menjadi lebih menyenangkan.

Di ajang CES 2020, e-4ORCE tak sekadar ditunjukkan pada Ariya Concept sebagai sebuah display, tapi juga terpasang pada mobil test drive yang disediakan. Jadi, pengunjung bisa merasakan bagaimana teknologi baru ini bekerja.

>>> Nissan Ariya Gunakan Bahasa Desain Baru Nissan

>>> Berita otomotif lainnya bisa Anda lihat di sini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top