Bos Toyota Sebut Mobil Listrik Bisa Hilangkan Jutaan Pekerjaan

22/09/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Prediksi terbaru dari CEO Toyota, Akio Toyoda, mengungkapkan bahwa peralihan dari mesin konvensional ke mobil listrik bisa menghilangkan jutaan tenaga kerja.

Hampir sama dengan banyak negara di Eropa, Jepang merupakan salah satu negara yang sedang gencar-gencarnya mempromosikan mobil listrik untuk mengurangi emisi karbon. Namun rencana pemerintah Jepang untuk menjadikan negara tanpa emisi karbon pada 2050 dinilai bisa berakibat fatal pada pengurangan jutaan tenaga kerja.

Jutaan tenaga kerja

Hal ini disampaikan langsung oleh CEO Toyota, Akio Toyoda, yang memperingatkan bahwa jutaan tenaga kerja yang berada di sektor otomotif berisiko hilang jika pemerintah Jepang melanjutkan ambisi mereka untuk mencapai netralitas karbon di Negeri Sakura tersebut.

CEO Toyota yang bernama Akio Toyoda
Akio Toyoda memprediksikan tenaga kerja yang hilang akibat mobil listrik

Saat berbicara di depan publik, Toyoda yang juga merangkap sebagai ketua asosiasi pembuat mobil Jepang menjelaskan bahwa perubahan radikal pabrikan dari kendaraan bermesin konvensional ke mobil listrik bisa melumpuhkan industri manufaktur. Pernyataan ini merupakan imbas dari rencana Jepang untuk mengurangi emisi karbon secara penuh pada tahun 2050.

“Jepang adalah negara yang bergantung pada ekspor,” kata Toyoda. “Jadi, netralitas karbon sama saja dengan masalah ketenagakerjaan di Jepang. Beberapa politisi mengatakan bahwa kita perlu mengubah semua mobil menjadi EV atau bahwa industri manufaktur sudah ketinggalan zaman, tetapi menurut saya tidak demikian.”

>>> Di Indonesia Masih Sepi, Persaingan Mobil Listrik di China Sengit

Mobil hybrid lebih baik

Sebagaimana dilansir oleh Auto News, Toyoda mencatat bahwa Jepang memproduksi sekitar 10 juta kendaraan per tahun dengan 50% di antaranya diekspor ke berbagai negara. Pengamat memperkirakan bahwa Jepang bisa memproduksi 8 juta kendaraan bermesin pembakaran internal, termasuk hibrida dan PHEV pada tahun 2030.

“Ini berarti produksi lebih dari 8 juta unit akan hilang, dan industri otomotif berisiko kehilangan sebagian besar 5,5 juta pekerjaan.Jika mereka mengatakan mesin pembakaran internal adalah musuh, kami tidak akan dapat memproduksi hampir semua kendaraan,” jelas Toyoda.

>>> Mengulik Toyota GR Sport dan GR Limited Terbaru. Mana yang Cocok untuk Anda?

mobil hybrid Toyota C-HR keluaran tahun 2017
Mobil hybrid diyakini lebih baik dalam peralihan ke era elektrifikasi

Di balik penentangannya terhadap mobil bermotor listrik, Toyota meyakini bahwa kendaraan hibrida merupakan jembatan penting menuju era electric vehicle (EV). Mobil hybrid menjadi komponen penting di tengah kurangnya infrastruktur pengisian daya.

“Dalam mencapai netralitas karbon, musuhnya adalah karbon dioksida, bukan pembakaran internal,” kata Toyoda. “Untuk mengurangi emisi karbon dioksida, diperlukan inisiatif praktis dan berkelanjutan yang sejalan dengan situasi yang berbeda di berbagai negara dan kawasan.”

>>> Dapatkan harga mobil Toyota GR Sport terbaru dan promo menarik hanya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top