CEO Spotify Daniel Ek Jadi Investor Pabrik Baterai Mobil Listrik

01/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
CEO Spotify Daniel Ek Jadi Investor Pabrik Baterai Mobil Listrik
Northvolt telah berhasil mengumpulkan dana hingga $ 600 juta untuk bisa memperluas kapasitas produksi, daur ulang serta kegiatan litbang baterai mobil listrik.

Pembuat baterai listrik Northvolt telah berhasil mengumpulkan dana sekitar $ 600 juta yang memungkinkan perusahaan untuk melakukan investasi lebih lanjut dalam memperluas kapasitas produksi, daur ulang serta kegiatan litbang baterai mobil listrik. Menariknya dari semua investor terdapat nama besar seperti CEO Spotify Daniel Ek.

>>> Tesla Mau Produksi Baterai Biar Bisa Jual Mobil Listrik Lebih Terjangkau

Gambar menunjukan Pabrik baterai mobil listrik

Pabrik Northvolt di Swedia

Northvolt Dipimpin Mantan Kepala Sumber dan Rantai Pasokan Tesla

Daniel Ek pebisnis yang berhasil mendirikan bisnis streaming musik, berpartisipasi dalam penggalangan dana Northvolt tersebut. Dana yang terkumpul tersebut akan membantu Northvolt memperluas produksi dan aktivitas litbang saat bersiap untuk mulai memproduksi baterai listrik tahun depan. 

Perusahaan yang didirikan oleh mantan eksekutif dari Tesla Inc ini berada di depan upaya Uni Eropa untuk membangun rantai pasokan domestik untuk kendaraan listrik guna mendukung pasar Eropa yang ingin membatasi penjualan mobil bensin dan diesel.

“Kami sedang berlomba untuk membangun kapasitas manufaktur di Eropa, dan saya yakin perusahaan yang paling baik dalam menarik banyak modal, sambil menskalakan cetak biru paling cepat, akan menjadi yang paling sukses. Dengan dukungan mitra kelas dunia ini, kami telah menciptakan fondasi yang kokoh untuk melanjutkan dan melaksanakan rencana kami untuk memungkinkan pembuatan baterai ramah lingkungan dalam skala besar di Eropa.” kata CEO Northvolt Peter Carlsson dalam pernyataan resminya.

>>> Auto2000 Sediakan Fasilitas Uji Emisi Gas Buang Gratis saat Servis Berkala

Gambar menunjukan Pabrik baterai mobil listrik

Pabrik Northvolt di Jerman

Northvolt Tengah Bangun 2 Pabrik di Swedia dan Jerman

Northvolt saat ini sedang membangun satu pabrik di Skelleftea, Swedia, dan satu di Salzgitter, Jerman. Pembangunan pabrik dipimpin oleh Baillie Gifford yang merupakan salah satu pemegang saham terbesar di Tesla, Divisi Perbankan Pedagang Goldman Sachs dan Volkswagen Grup.

Carlsson pernah bertanggung jawab Sebagai kepala sumber dan rantai pasokan Tesla sebelum ia mendirikan Northvolt di tahun  2015. Northvolt  bertujuan untuk menguasai 25 persen pangsa pasar baterai listrik di Eropa. Pendanaan segar juga akan digunakan untuk membangun fasilitas daur ulang baterai lithium-ion di sebelah gigafactory Northvolt di Swedia. Menurut Northvolt, fasilitas itu akan menjadi yang terbesar di dunia.

Northvolt merupakan perusahaan pemasok untuk sel dan sistem baterai mobil listrik berkualitas tinggi yang berkelanjutan di Eropa. Didirikan pada tahun 2016 untuk memungkinkan transisi Eropa menuju masa depan dekarbonisasi, perusahaan telah membuat kemajuan pesat dalam misinya untuk menghadirkan baterai lithium-ion paling ramah lingkungan di dunia. Diantaranya mitra industri dan pelanggan Northvolt adalah ABB, BMW Group, Scania, Siemens, Vattenfall, Vestas, dan Volkswagen Group.

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Dikendalikan dengan Denyut Nadi, Mobil Listrik Vision AVTR Diuji Coba

28/09/2020

Pasar mobil

2 menit

Mercedes-Benz akhirnya mengungkapkan rekaman pengemudian di dunia nyata dari hasil pengembangan mobil listrik Vision AVTR yang terinpirasi oleh Avatar.

Lihat juga

Nissan Akan Luncurkan 9 Mobil Listrik Baru di China

28/09/2020

Mobil baru

3 menit

Nissan berharap dapat kembali mendapatkan profitabilitas di tahun 2021 dengan memanfaatkan peluncuran 9 mobil listrik baru yang akan dipasarkan di China.

Lihat juga

BMW Tengah Menggarap Mobil Listrik Berperforma Tinggi

27/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Divisi Performa Tinggi BMW M saat ini tengah membangun sebuah mobil listrik dengan daya kuda yang cukup bertenaga dibangun berbasiskan BMW i4 EV 2020.

Lihat juga

Mobil Listrik Volkswagen ID.4 Masih Gunakan Rem Tromol, Kenapa?

26/09/2020

Mobil baru

2 menit

Dengan harganya yang mencapai Rp 600 jutaan, ternyata mobil listrik Volkswagen ID.4 masih menggunakan rem tromol, bukannya rem cakram. Ternyata ini alasannya.

Lihat juga

Geely Ingin Tawarkan Platform Mobil Listrik untuk Pabrikan Lain

24/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Mobil listrik menjadi salah satu masa depan di industri otomotif. Jadi tak salah jika Geely berencana untuk tawarkan arsitektur EV untuk pembuat mobil lain.

Lihat juga
 
back to top