CEO Nissan Diambang Pemecatan Setelah Dugaan Penggelapan Uang Perusahaan

20/11/2018

Pasar mobil
CEO Nissan Diambang Pemecatan Setelah Dugaan Penggelapan Uang Perusahaan
Nissan Motor Co Ltd bersiap untuk memutuskan jabatan Carlos Ghosn dari jabatan CEO setelah dugaan bahwa ia menggunakan uang perusahaan untuk penggunaan pribadi dan melakukan beberapa pelanggaran serius lainnya.

Produsen mobil Jepang tersebut mengatakan bahwa berdasarkan laporan yang diterima, Nissan sedang menyelidiki kemungkinan praktik ‘tidak benar’ dari Ghosn dan Direktur Representative Greg Kelly selama beberapa bulan. Hingga berita ini diturunkan, Nissan sedang bekerja sama dengan investigator untuk menyelidiki kasus ini.

Gambar Carlos Ghosn sedang mempresentasi dalam acara

Carlos Ghosn terlibat skandal penggelapan uang perusahaan

"Penyelidikan menunjukkan bahwa selama bertahun-tahun baik Ghosn dan Kelly telah melaporkan jumlah kompensasi dalam laporan efek Bursa Efek Tokyo yang kurang dari jumlah sebenarnya, untuk mengurangi jumlah yang diungkapkan dari kompensasi Carlos Ghosn," kata Nissan dalam sebuah pernyataan.

Nissan mengatakan akan melaporkan wartawan pada Senin malam. Juru bicara Renault dan aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi Motors tidak segera membalas panggilan dan pesan yang meminta komentar tentang laporan penangkapan.

>>> Indonesian BimmerFest 2018, Pertama Kalinya BMW i8 Roadster Meluncur di Semarang

Masalah yang semakin menyebar

Masalah ini akhirnya berbuntut panjang. Pasalnya, Presiden Perancis Emmanuel Macron mengatakan Perancis ingin memastikan stabilitas di aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi di tengah tuduhan pelanggaran terhadap Ghosn. Negara Perancis memiliki 15 persen saham Renault, dan Macron mengatakan bahwa pemerintah ‘akan sangat waspada tentang stabilitas aliansi”. Ia menyebutkan berjanji untuk mengawasi pekerja Renault.

Macron berbicara kepada wartawan selama kunjungannya ke Belgia segera setelah Nissan Motor Co. mengumumkan akan memecat Ghosn sesaat penyelidikan internal menemukan pelanggaran yang dilakukannya. Ghosn didakwa tidak melaporkan jutaan dolar kekayaan yang dimilikinya.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap lainnya hanya di sini

Gambar Carlos Ghosn dan Emmanuel Macron memfoto bersama

Carlos Ghosn (kiri) bersama Presiden Perancis, Emmanuel Macron

Hubungan Ghosn dengan Renault telah terjalin selama belasan tahun. Lahir di Brasil, pria keturunan Lebanon dan warga negara Prancis ini memulai karirnya di Michelin di Perancis dan akhirnya pindah ke Renault. Bergabung dengan Nissan pada 1999 setelah Renault membeli saham Nissan, ia menjadi CEO pada tahun 2001.

Pada 2016, Ghosn juga mengambil alih tanggung jawab di Mitsubishi yang bermasalah setelah Nissan membeli satu pertiga saham seharga $ 2.2 Miliar. Ghosn sebelumnya dikenal sebagai salah satu nama besar dalam industri otomotif Jepang. Namun hingga saat berita ini diturunkan, ia belum berkomentar tentang dakwaan tersebut.

>>> Berita terupdate dan terlengkap tentang dunia otomotif hanya di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top