Cegah Pemudik, 8 Titik Penyekatan di Kabupaten Bogor Dijaga Ketat

08/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sebanyak 8 titik penyekatan di Kabupaten Bogor dijaga secara ketat untuk mencegah pemudik dari Jakarta menuju Jawa Barat bagian selatan. Berikut lokasinya!

Larangan mudik lebaran 2021 ditindaklanjuti dengan penyekatan banyak ruas jalan di berbagai wilayah. Dari jalan utama seperti jalan tol dan jalan nasional non tol hingga jalur-jalur alternatif dan jalur tikus. Penyekatan tidak hanya di ruas jalan yang berbatasan dengan ibu kota, tapi hingga ke daerah dari Sumatra hingga Bali.

Titik penyekatan Kabupaten Bogor

Di Kabupaten Bogor Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) memberlakukan penyekatan di 8 titik jalur utama. Penjagaan dilakukan secara ketat oleh petugas gabungan Polri, TNI, dan petugas dari instansi lain mengingat Kabupaten Bogor merupakan akses utama dari ibu kota menuju Jawa Barat bagian selatan.

>>> 8 Titik Penyekatan Kota Depok untuk Cegah Pemudik Nekat

Foto menunjukkan Travel diamankan karena membawa pemudik

Sanksi tegas buat yang nekat mudik

Berikut 8 titik penyekatan di Kabupaten Bogor sebagaimana diunggah di akun IG @kabupaten.bogor.

  1. Check point Cibinong di SP Pasar Cibinong, berbatasan dengan Kota Depok
  2. Check point Cileungsi di SP Limus Nunggal, berbatasan dengan Kota Bekasi
  3. Check point Gunung Putri di SP Kota Wisata, berbatasan dengan Jakarta
  4. Check point Parung, berbatasan dengan Sawangan
  5. Check point Jasinga, berbatasan dengan Kabupaten Lebak Provinsi Banten
  6. Check point Cigombong, berbatasan dengan Kabupaten Sukabumi
  7. Check point Rindu Alam Puncak, berbatasan dengan Kabupaten Cianjur
  8. Check point Parung Panjang berbatasan dengan Tangerang Banten

Sebagaimana penyekatan wilayah lain pengendara yang terindikasi melakukan mudik langsung diminta putar balik ke daerah asal. Sedangkan pengendara dengan tujuan yang diizinkan (non mudik) diberikan akses untuk keluar masuk. Dengan catatan harus membawa surat izin perjalanan atau Surat Izin Keluar Masuk (SIKM), menunjukkan surat bukti sudah divaksin, dan surat hasil rapid test antigen.

Sanksi tegas

Ancaman sanksi tegas diberlakukan bagi para pemudik nekat. Pengguna kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor harus putar balik. Sedangkan travel gelap dan mobil barang yang dipakai ‘menyelundupkan’ pemudik diberikan sanksi lebih berat berupa denda dan dipaksa putar balik atau kendaraan diamankan.

>>> Hari Pertama Larangan Mudik, 1.200 Kendaraan Diminta Putar Balik di Jabar

Foto menunjukkan Lokasi penyekatan di Kabupaten Bogor

Titik penyekatan mudik Kabupaten Bogor

Sejauh ini pengetatan larangan mudik dan sanksinya dilaksanakan serius di bawah pengawasan Bupati Bogor Ade Yasin. Sejumlah kendaraan roda empat diamankan petugas karena kedapatan membawa pemudik dari ibu kota menuju daerah Ciamis dan Cilacap.

"Dari luar Jabodetabek tidak diperbolehkan masuk (ke Bogor) meski membawa surat hasil rapid antigen karena ada indikasi mudik yang mulai dilarang sejak 22 April oleh Pemerintah Pusat," ungkapnya.

>>> Tinggal di Kota Bogor, Temukan mobil pilihanmu di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top