Cegah Masyarakat Mudik Colongan, Polisi Mulai Cegat Jalur Tikus

13/04/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Pihak kepolisian mulai melakukan pencegatan di jalur-jalur tikus sebagai langkah antisipatif dalam mencegah masyarakat yang melakukan mudik colongan.

Pihak kepolisian tengah menggelar Operasi Keselamatan mulai 12-27 April mendatang. Operasi ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait larangan mudik dari pemerintah. 

Untuk itu, sejumlah petugas telah bersiaga di sejumlah titik. Tak terkecuali jalan tikus. Ditlantas Polda Metro Jaya bakal menjaga sejumlah jalur tikus guna mencegat masyarakat yang nekat pulang kampung duluan alias mudik colongan jelang Lebaran 2021.

Antisipasi Arus Balik, Jalur Tikus ke Jakarta Diperketat

Penyekatan sasar jalur tikus

>>> Ini 8 Lokasi Penyekatan Larangan Mudik di Jakarta

Jalur Tikus Juga Jadi Sasaran

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, jalur tikus berpotensi dimanfaatkan masyarakat untuk mengakali kebijakan larangan mudik. Ditlantas Polda Metro Jaya menilai perlu mendata jalur tikus yang disinyalisasi bakal dilalui pemudik. Kombes Sambodo menyebut pemetaan dilakukan pada 6 Mei 2021.

Berkaca pada tahun lalu, yang mendapatkan perhatian adalah jalur Pebayuran ke Kerawang, Cibarusa ke arah Cianjur, dan dari Tangerang ke arah Banten. Tentunya di kawasan tersebut akan didirikan pos pengamanan.

“Kami mapping dan akan kita dirikan pos pos pengamanan di titik-titik itu,” ujar di Daan Mogot dikutip laman Korlantas Polri, Selasa (13/4/2021). 

Sambodo menerangkan, personel ditempatkan untuk menyeleksi kendaraan yang berniat meninggalkan Jabodetabek. Pencegatan tak hanya berlaku untuk kendaraan roda empat saja, motor pun turut menjadi sasaran. Entah itu kendaraan roda dua maupun roda empat.

>>> Daftar Kendaraan yang Masih Boleh Wara-wiri saat Ada Larangan Mudik

Ada 8 Titik Penyekatan

Selain jalur tikus, polisi bakal mendirikan pos delapan pos penjagaan di ruas jalan tol, arteri dan terminal. Adapun delapan titik penyekatan yang bakal diterapkan oleh jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya di larangan mudik Lebaran 2021 jalan Tol ada 2 lokasi yakni Tol Arah Cikampek dan Tol Arah Merak. 

Foto menunjukkan pemeriksaan kendaraan oleh petugas

Ada 333 titik penyekatan yang dibangun untuk awasi mudik tahun ini

Selanjutnya berada di jalan Arteri Non Tol ada 3 lokasi Harapan Indah Bekasi Kota, Jati Uwung Tangerang Kota, Kedung Waringin Bekasi Kabupaten. Kemudian Terminal Bus ada 3 lokasi Pulogebang, Kampung Rambutan dan Kalideres.

“Delapan titik itu adalah delapan titik utama di jalur arteri dan tol yang nanti akan dijaga oleh polda dan polres,” kata Sambodo.

Sebelumnya Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono secara tegas memastikan tidak akan ada yang lolos pada musim mudik tahun ini. Hal tersebut ditegaskan atas hasil evaluasi pengamanan mudik tahun kemarin dimasa Pandemi Covid-19. Tahun lalu dibangun 146 titik penyekatan, sementara tahun ini 333 titik. Termasuk ketegasan menindak travel gelap.

“Semua sinergi kompak untuk melakukan penyekatan secara menyeluruh. Baik, penyekatan di perbatasan provinsi antar provinsi, kabupaten, antar kabupaten semua kita lakukan penyekatan. Termasuk travel gelap, saya pastikan akan saya tindak tegas,” tambah Istiono.

>>> Pengumuman! Masyarakat Dilarang Mudik 6-17 Mei 2021

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top