Fitur Keselamatan Ini Bantu Selamatkan Tiger Woods dari Cidera Parah

05/03/2021

Pasar mobil

2 menit

Pakar otomotif dan sistem keselamatan menyebutkan fitur keselamatan Genesis GV80 membantu Tiger Woods sehingga tidak mengalami cedera yang lebih parah.

Investigasi mengenai kecelakaan yang menimpa pegolf ternama, Tiger Woods masih dilakukan. Akibat kecelakaan dengan Genesis GV80 tersebut, Woods mengalami cedera, terlebih pada kakinya. Namun pengamat mengungkapkan bahwa Woods bisa saja mengalami cedera yang lebih parah lagi jika tanpa sistem keselamatan yang digunakan mobilnya.

Berkat fitur keselamatan modern

Kendaraan Woods ditemukan terbalik setelah ia menabrak median jalan, banting setir dan menabrak pohon di California Selatan. Ia ditemukan terperangkap di dalam mobil sadarkan diri dengan darah di wajah dan dagunya, menurut pernyataan tertulis yang disampaikan Deputi Sheriff Los Angeles County Johann Schoegl.

kecelakaan mobil Genesis GV80 di jalanan
Genesis GV80 yang dikendarai Woods mengalami kerusakan di bagian depan

>>> Alami Kecelakaan Sepeda, Fernando Alonso Cedera Rahang

Namun keadaan bisa menjadi jauh lebih buruk seandainya Woods mengendarai mobil selain GV80 berkat sistem keselamatannya yang sudah modern. Hal ini diungkapkan oleh David Harkey, juru bicara IIHS (Insurance Institute for Highway Safety) ketika diwawancarai oleh Detroit News.

"Ini benar-benar merupakan tanda seberapa baik kendaraan ini dibuat saat ini dan kombinasi dari semua fitur keselamatan ini," kata Harkey. "Tak satupun dari kita ingin berada dalam tabrakan parah semacam itu. Tapi peluang Anda untuk bertahan hidup seperti itu sekarang jauh lebih besar dibandingkan satu dekade lalu."

>>> Studi: Ini Penyebab Pengemudi Wanita Rentan Cedera dalam Kecelakaan

Fitur keselamatan Genesis GV80

Harkey menyebutkan pelindung lapis ganda pada bodi mampu meredam dampak benturan ketika terjadi kecelakaan. Lapisan pertama terdiri dari crumple zone pada sasis yang menyerap dampak tabrakan dan menyebarkan ke seluruh bodi untuk menjaga kabin tetap utuh.

Fitur yang membantu mengurangi risiko lainnya terdapat pada sistem pasif, seperti sabuk pengaman dan kantung udara atau airbag. GV80 memiliki 10 airbag, termasuk airbag di lutut pengemudi, sisi samping dan belakang, sisi samping tengah depan, dan kantung udara ketika mobil terbalik.

airbag yang dipasang pada Genesis GV80
GV80 sudah memiliki 10 airbag, termasuk di sisi samping

Woods juga tertolong berkat tingkat kekakuan atap yang lebih kuat. Bahkan kaca panoramic sunroof masih utuh setelah terjadi tabrakan. GV80 memberikan perlindungan yang sangat baik terhadap kepala dan seluruh tubuh. Dilaporkan cedera yang diterima Woods berada pada kaki kanan dengan tibia, fibula, dan tulang kaki yang hancur.

Tiger Woods memang tak memiliki sejarah yang mengesankan dengan kendaraan. Sebelum mengalami kecelakaan dengan Genesis GV80, Wood pernah menabrak hidran dan pohon tetangganya ketika mengendarai mobil Cadillac Escalade 2009 miliknya sendiri pada bulan November 2009 silam.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top