Catat, SIKM Jakarta Hanya Boleh untuk 11 Urusan Ini!

29/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Catat, SIKM Jakarta Hanya Boleh untuk 11 Urusan Ini!
SIKM menjadi dispensasi bagi warga untuk bisa keluar / masuk Jakarta selama masa PSBB. Namun perlu diperhatikan SIKM hanya berlaku untuk urusan-urusan tertentu.

Pergub DKI Jakarta No. 47 Tahun 2020 mengizinkan warga melakukan kegiatan bepergian keluar / masuk Provinsi DKI Jakarta atau Jabodetabek dengan syarat-syarat tertentu. Salah satunya mengantongi Surat Izin Keluar / Masuk (SIKM) bagi setiap orang, pelaku usaha, atau orang asing untuk urusan tugas dan pekerjaannya.

Sedangkan bagi warga yang tidak bisa menunjukkan SIKM hanya bisa berkutat seantero Jabodetabek dan tak bisa keluar wilayah. Begitu juga sebaliknya, warga yang berada di luar Jabodetabek dan tidak bisa menunjukkan SIKM mereka tidak bisa masuk ke wilayah Jabodetabek dan harus kembali ke daerah asal.

Langkah tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19). Dengan adanya Surat Izin Keluar Masuk aparat yang bertugas di titik penyekatan bisa langsung mengizinkan pengendara meneruskan perjalanan tanpa banyak melayangkan pertanyaan karena SIKM menjadi bukti mereka termasuk warga yang diizinkan.

>>> Tidak Punya SIKM Jakarta, 2.989 Pengendara Disuruh Putar Balik

Berlaku untuk 11 urusan

SIKM menjadi dispensasi bagi warga untuk bisa keluar / masuk Jakarta selama masa PSBB. Namun perlu diperhatikan SIKM tidak sembarangan diterbitkan, hanya untuk urusan-urusan tertentu saja.

Foto menunjukkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan wajib SIKM

Pemprov DKI Jakarta mewajibkan surat izin bagi warga yang mau keluar / masuk wilayah Jakarta

Saat pengajuan warga harus melampirkan berbagai berkas seperti Surat Pengantar dari RT/RW/Kelurahan/Desa asal, Surat Keterangan Sehat bermaterai, Surat Keterangan Bekerja di Jabodetabek untuk warga non-Jabodetabek atau Surat Keterangan Bekerja di luar Jabodetabek bagi warga Jabodetabek, dan lain-lain. Semua data diverifikasi untuk memastikan benar-benar valid.

Mengutip laman Corona.Jakarta.co.id, Pemprov DKI hanya menerbitkan SIKM untuk 11 sektor usaha, yaitu:

  1. Kesehatan
  2. Bahan Pangan/ Makanan/Minuman
  3. Energi
  4. Komunikasi dan Teknologi Informatika
  5. Keuangan
  6. Logistik
  7. Perhotelan
  8. Konstruksi
  9. Industri Strategis
  10. Pelayanan Dasar, Utilitas Publik, dan Industri yang ditetapkan sebagai Objek Vital Nasional dan Objek Tertentu
  11. Pemenuhan Kebutuhan Sehari-hari

Bukan untuk piknik

Dengan demikian jelas Surat Izin Keluar / Masuk (SIKM) tidak bisa digunakan untuk kepentingan lain seperti piknik, mengunjungi saudara, sekolah, dan kegiatan-kegiatan lain. Warga disarankan untuk tidak memaksakan diri dengan mencari-cari alasan palsu saat mengajukan permohonan. Begitupun bagi warga yang telah mendapatkan SIKM juga dilarang dipergunakan untuk hal-hal diluar aktivitas yang diizinkan sebagaimana saat pengajuan. Pelanggaran atas aturan ini bisa dikenakan sanksi berat mulai penjara bertahun-tahun hingga denda sayang sangat besar.

>>> Tips Aman Menjual Mobil di Tengah Pandemi Corona

Foto menunjukkan seorang petugas sedang melakukan pemeriksaan SIKM

Jika tidak bisa menunjukkan Surat Izin Keluar Masuk, pengendara diminta putar balik ke daerah asal

>>> Berita mobil terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Sampai Hari ke-3 Lebaran, 171 Ribu Kendaraan Menuju Jakarta

29/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Jasa Marga mencatat sebanyak 171 ribu kendaraan menuju Jakarta di hari kedua dan ketiga Lebaran 2020, turun 69% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Lihat juga

Tidak Punya SIKM Jakarta, 2.989 Pengendara Disuruh Putar Balik

28/05/2020

Event - Promosi

3 menit

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memutarbalikan sebanyak 2.989 kendaraan karena tidak punya SIKM selama operasi penyekatan arus balik mudik 2020.

Lihat juga

111 Ribu Kendaraan Tercatat Menuju Jakarta pada Libur Lebaran

28/05/2020

Event - Promosi

3 menit

Jasa marga mencatat ada 111 ribu kendaraan menuju kota Jakarta pada Libur Lebaran tahun 2020. Volume lalu lintas tercatat menurun di tengah larangan mudik.

Lihat juga
 
back to top