Catat! Berpergian di Wilayah Jabodetabek Tak Perlu Pakai Surat Izin

12/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan bahwa warga yang berpergian di wilayah Jabodetabek saat ada larangan mudik tak perlu menggunakan surat izin.

Belakangan ini masyarakat dibuat bingung perihal surat izin untuk berpergian di wilayah Jabodetabek saat larangan mudik berlaku. Ada Kepala Daerah yang menyatakan untuk pergi di dari satu wilayah ke wilayah lain dibutuhkan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

>>> Cara Membuat SIKM untuk Keluar-Masuk Wilayah Jabodetabek

Berpergian di Wilayah Jabodetabek Tak Perlu SIKM

Cara Membuat SIKM untuk Keluar-Masuk Wilayah Jabodetabek

SIKM keluar bila memenuhi persyaratan

Namun ada pula yang menyebut tak perlu lantaran Jabodetabek masih berada dalam satu wilayah aglomerasi. Mengurus SIKM sendiri tidak mudah dan tak bisa sembarangan. Hanya ada empat kategori masyarakat yang bisa memperoleh SIKM untuk melakukan perjalanan dengan kepentingan non mudik yaitu: 

1. Kunjungan Keluarga Sakit
2. Kunjungan Duka Anggota Keluarga Meninggal
3. Ibu Hamil yang didampingi oleh satu orang keluarga, dan
4. Kepentingan persalinan yang didampingi paling banyak dua orang.  

Di luar itu, artinya pergerakan masyarakat dibatasi termasuk untuk bekerja. Pemerintah pun akhirnya turun tangan untuk meluruskan hal itu. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto kembali menegaskan bahwa mereka yang berpergian di dalam wilayah aglomerasi tak lagi butuh surat izin namun dengan pengecualian. 

“Tetapi, mobilitas antar wilayah dalam aglomerasi tidak memerlukan surat bebas Covid dan surat izin perjalanan (SIKM). Sementara, kebijakan untuk tempat wisata yaitu untuk yang berada di Zona Merah dan Oranye, dilarang untuk buka/operasi. Sedangkan di zona lain, diizinkan untuk buka/operasi dengan kapasitas maksimal 50% dan penerapan Prokes 3M secara ketat," tegas Airlangga dalam keterangan resminya. 

Pergi ke Luar Jabodetabek Tetap Butuh SIKM

Larangan Mudik Lebaran 2021

Pihak kepolisian sudah menyiapkan 381 titik penyekatan

Namun lain cerita bila Anda ingin berpergian keluar wilayah Jabodetabek. Anda diwajibkan membuat SIKM sesuai dengan Keputusan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 569 tahun 2021 tentang Prosedur Pemberian Surat Izin Keluar Masuk Wilayah Provinsi Daerah Khusus Ibu kota Jakarta Selama Masa Penuadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. 

Jabodetabek bukan satu-satunya wilayah aglomerasi dimana warganya masih diizinkan untuk berpergian antar kota. Ada juga 8 wilayah kota, kabupaten dan aglomerasi yang warganya boleh berpergian pada Lebaran Idul Fitri tahun ini dengan rincian sebagai berikut:

1. Medan, Binjai, Deli Serdang, dan Karo (Mebidangro)
2. Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek)
3. Bandung Raya
4. Semarang, Kendal, Demak, Ungaran, dan Purwodadi
5. Jogja Raya
6. Solo Raya
7. Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan (Gerbangkertosusila)
8. Makassar, Sungguminasa, Takalar, dan Maros.

>>> Bus AKAP dan AKDP Jabodetabek Tak Boleh Beroperasi Selama Ada Larangan Mudik

 

 
Penulis
Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019
 
back to top