Catat! 27 Pintu Keluar Tol di Jateng Tutup Total Pada 16-22 Juli 2021

13/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sebanyak 27 pintu keluar tol di Jawa Tengah bakal tutup total mulai tanggal 16 hingga 22 Juli 2021 guna mengurangi mobilitas warga jelang hari libur Idul Adha.

Jelang libur nasional Hari Raya Idul Adha, Polda Jateng bakal menutup 27 pintu keluar tol di Jawa Tengah mulai tanggal 16 hingga 22 Juli 2021. Informasi tersebut disampaikan Kapolda Jawa Tengah Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St., M.K. Menurut beliau, penutupan dilakukan untuk mengurangi mobilitas warga dikarenakan masih berlangsung PPKM Darurat

“Terhitung mulai tanggal 16-22 Juli 2021 Polda Jateng akan menutup 27 Pintu Exit Tol serta memperketat 224 Titik Penyekatan/Check Point guna mengurangi kegiatan/mobilitas masyarakat.” kata Irjen Pol. Luthfi, dikutip dari laman Tribrata News Jateng, (13/7/2021).

Foto Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol. Ahmad Luthfi

Jelang Idul Adha 2021 Polda Jateng bakal menutup akses masuk Jawa Tengah via jalan tol

Dari Brebes hingga Sragen

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menyampaikan hal serupa. Penutupan pintu keluar tol dimulai dari ujung barat Jawa Tengah di Kabupaten Brebes hingga ujung timur di Kabupaten Sragen.

Hanya kendaraan-kendaraan tertentu saja yang diperbolehkan masuk Jateng. Khususnya yang masuk kategori kritikal seperti kendaraan energi, kesehatan, keamanan, logistik dan transportasi, industri makanan dan minuman serta penunjangnya, petrokimia, semen, objek vital nasional, penanganan bencana, proyek strategis nasional, konstruksi, utilitas dasar (listrik dan air), serta industri pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari.

>>> Syarat Perjalanan Transportasi di Masa PPKM Darurat Diperketat

"Semua exit tol dari Brebes sampai perbatasan Sragen," kata Kombes Pol Iqbal. "Dari Jakarta tidak bisa ke Jateng, dari Jatim juga tidak bisa ke Jateng," tegasnya.

Atas keputusan ini diimbau kepada masyarakat untuk bisa memaklumi demi kebaikan bersama. Meski ada libur panjang diimbau untuk tidak bepergian.

"Kami imbau untuk masyarakat agar tetap di rumah saja. Ini penting karena untuk menyelamatkan seluruh warga dari bahaya virus corona," pesannya.

Selain menutup pintu keluar tol, petugas juga bakal memperketat 224 titik penyekatan atau check point di berbagai daerah.

Akses masuk Jawa Tengah

Jalan Tol Trans Jawa menjadi satu-satunya akses masuk Jawa Tengah via jalan tol. Gerbang Tol Pejagan Kabupaten Brebes berada paling barat dan Gerbang Tol Sragen Timur Kabupaten Sragen berada paling Timur.

Sedangkan untuk akses masuk via jalan nasional non tol ada banyak titik. Semuanya bakal dijaga dengan ketat jelang libur panjang Hari Raya Idul Adha.

>>> PPKM Darurat di Semarang, 5 Gerbang Tol Masuk Kota Tutup Total

Foto Gerbang Tol Sragen Timur

Gerbang Tol Sragen Timur, akses jalan tol paling timur di Jawa Tengah

>>> Trik Aman Mengemudi Mobil Besar di Masa PPKM Darurat

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top