Carro Jadi Unicorn Marketplace Otomotif Pertama di Asia Tenggara

15/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Dealer mobil bekas dan marketplace otomotif Carro umumkan dapatkan suntikan dana dari SoftBank Vision Fund 2 sebesar US$360 juta.

Carro, marketplace otomotif terbesar di Asia Tenggara umumkan dapatkan suntikan dana US$360 juta dalam putaran pendanaan Seri C yang dipimpin oleh SoftBank Vision Fund 2. 

>>> Beli Mobil Bekas di Tangerang Lebih Mudah lewat CARRO Automall Point

Keyakinan Investor Atas Kekuatan Transformatif AI di Industri Otomotif

Pendanaan terbaru ini menjadikan Carro sebagai unicorn marketplace otomotif pertama di Asia Tenggara. Investor yang turut dalam putaran pendanaan ini termasuk beberapa investor terkemuka berbasis di Indonesia seperti EV Growth.

Aaron Tan, CEO dan Pendiri Carro mengungkapkan bahwa capaian ini merupakan tonggak sejarah baru bagi Carro. Dukungan dan keyakinan investor ini menegaskan keyakinan pada kekuatan transformatif AI di industri otomotif saat ini. 

Gambar menunjukan diler mobil Carro

Carro Automall Point

“Ini adalah tonggak bersejarah bagi kami. Kami berterima kasih atas dukungan kuat dari investor, yang menegaskan keyakinan kami pada kekuatan transformatif AI di industri otomotif untuk memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa. Saat digitalisasi membentuk lanskap global melalui kebiasaan konsumen dan praktik bisnis baru, ini adalah waktu yang sangat tepat bagi pasar mobil online end-to-end seperti Carro,” ujarnya.

Carro akan menggunakan dana segar tersebut untuk memperkuat posisi pasarnya dan memperluas produk marketplace otomotif di pasar Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Singapura. Empat negara ini merupakan pasar yang mengalami pertumbuhan signifikan pada tahun lalu. Carro juga akan meningkatkan portofolio layanan keuangannya dengan memperluas di luar pembiayaan pinjaman in-house, serta mempercepat pengembangan kemampuan AI.

>>> 3 Langkah Jual Mobil Bekas dalam 45 Menit di Cintamobil.com

Sejak Tahun 2016 SoftBank Group Jadi Investor Carro

SoftBank Group pertama kali berinvestasi di Carro pada tahun 2016 melalui SoftBank Ventures Asia, perusahaan modal ventura yang merupakan anak usaha dari SoftBank.  Softbank dan anak usahanya akan terus mendukung inisiatif pertumbuhan Carro selama bertahun-tahun.

Carro menyediakan layanan full stack untuk semua aspek kepemilikan mobil dan menggunakan teknologi AI untuk mengubah pengalaman pembelian dan penjualan mobil. Carro memelopori layanan inovatif seperti layanan pembelian mobil online, tanpa kontak fisik pertama di Singapura, layanan berlangganan mobil pertama, dan asuransi mobil berbasis perilaku dan penggunaan pertama di seluruh negara. 

Gambar menunjukan Carro

Carro Automall

Per Maret 2021, Carro membukukan pertumbuhan pendapatan lebih dari 2,5x dan melanjutkan posisi EBITDA positif untuk tahun kedua secara berturut-turut. Carro juga dinobatkan sebagai perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di Asia Pasifik pada tahun 2021 oleh The Financial Times dan Statista.

“SoftBank mendukung ambisi Carro untuk ekspansi ke pasar baru dan menggunakan teknologi AI untuk membuat proses marketplace otomotif melalui pembelian mobil lebih cerdas, lebih sederhana, dan lebih aman.” kata Greg Moon, Managing Partner di SoftBank Investment.

>>> Cari Tahu Tanda Awal Kompresor AC Mobil Bermasalah dan Biaya Penggantiannya!

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top