‘Carlos Ghosn Prediksikan Nissan Bangkrut dalam 2 Hingga 3 Tahun’

23/01/2020

Pasar mobil

2 menit

‘Carlos Ghosn Prediksikan Nissan Bangkrut dalam 2 Hingga 3 Tahun’
Dalam wawancara lebih dari 10 jam sebelum meninggalkan Jepang, Carlos Ghosn memprediksikan Nissan Motor Co. akan bangkrut dalam dua hingga tiga tahun ke depan.

Saga Carlos Ghosn dan Nissan masih berlanjut. Perbincangan tentang mantan ketua dan kepala eksekutif Nissan Motor Co, dan Renault SA semakin hangat setelah kedapatan menyelinap dengan gaya film aksi keluar Jepang. Dan yang terbaru, Ghosn memprediksikan Nissan Motor Co akan mengalami kebangkrutan dalam tiga tahun ke depan.

Hal tersebut disampaikan oleh Nobou Gohara, mantan jaksa penuntut yang merupakan pengacara dan kritikus sistem peradilan Jepang setelah melakukan wawancara selama 10 jam dengan Ghosn. "Dia mengatakan kepada saya bahwa Nissan mungkin akan bangkrut dalam dua hingga tiga tahun," kata Gohara, yang mengadakan konferensi pers di Tokyo pada hari Rabu (22/1).

pengacara Carlos Ghosn Nobou Gohara melakukan konferensi pers 
Nobou Gohara ketika melakukan konferensi pers di Tokyo

>>> Tahanan Rumah di Jepang, Carlos Ghosn Dilaporkan Mendarat di Lebanon

Ghosn tidak mengungkapkan alasan rinci penyebab kesulitan yang akan dialami Nissan, jelas Gohara. Berdasarkan daya penjualannya, perusahaan yang berbasis di Yokohama ini memang sedang menderita penuruan penjualan mobil di Cina dan Eropa.

Dalam keterangan persnya, Gohara mengatakan bahwa ia bertemu dan mewawancarai Ghosn sebanyak lima kali selama periode dua bulan, tepat sebelum mantan eksekutif Nissan melarikan diri. Jelas Gohara, wawancara terjadi dikarenakan Ghosn berencana untuk menerbitkan sebuah buku sebelum menjalani masa persidangan.

>>> Daftar harga mobil terbaru bisa dicek di sini

Pertemuan terakhir mereka terjadi dua hari sebelum pelarian Ghosn ke Beirut pada akhir Desember lalu. Gohara juga menegaskan telah mengantongi izin dari Ghosn mengungkapkan rincian percakapan mereka kepada publik.

mantan CEO Nissan Carlos Ghosn menolak tuduhan Nissan
Ghosn mengaku dijebak atas tuduhan yang dilemparkan Nissan

Selama penangkapan, Carlos Ghosn bersikeras mengatakan tidak bersalah atas tuduhan tersebut. Dia mengaku menjadi korban dari konspirasi Nissan ketika sedang mengerjakan proyek merger Hissan dan aliansi Renault.  "Nissan dan jaksa bekerja sama untuk membawa kasus pidana terhadap Ghosn,” ungkap Gohara.

Tak hanya Ghosn, mantan eksekutif di kantor CEO Nissan, Greg Kelly, ditangkap pada hari yang sama dengan Ghosn serta menghadapi tuduhan pelanggaran keuangan. Keduanya dituduh melakukan pelanggaran keuangan dan diduga tidak melaporkan gaji lebih dari $109 juta (sekitar Rp1,5 triliun).

>>> Berita mobil terlengkap bisa Anda dapatkan di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top