Carlos Ghosn Diberhentikan Sebagai CEO, Menolak Tuduhan Penggelapan Uang

26/11/2018

Pasar mobil
Carlos Ghosn Diberhentikan Sebagai CEO, Menolak Tuduhan Penggelapan Uang
Presiden Nissan dan CEO Renault Carlos Ghosn akhirnya diberhentikan dari posisinya sebagai ketua dewan Nissan menyusul tuduhan “pelanggaran keuangan yang parah” dengan investigasi saat ini sedang dilakukan.

Carlos Ghosn ditangkap di Tokyo pada Senin (19/11) minggu lalu karena kecurigaan bahwa ia telah melanggar Financial Instruments and Exchange Act dengan tidak melaporkan pendapatannya lebih dari $ 43 juta selama lima tahun.

Nissan juga menuduh Ghosn melakukan banyak kesalahan seperti menyalahgunakan aset perusahaan untuk penggunaan pribadi hingga pengalihan $ 1.5 juta untuk merombak rumah pribadinya, seperti yang dilaporkan NBC News.

Tuduhan ini membuat pembuat mobil dan petugas Jepang melakukan penyelidikan intensif atas Ghosn serta informasi keuangan perusahaan. Dewan Nissan menyatakan pada hari Senin bahwa pihaknya akan berusaha untuk memberhentikan Ghosn dari posisinya sebagai ketua dan dalam sebuah pertemuan Kamis (22/11) lalu, dewan Nissan menyetujui penghapusan sang eksekutif.

>>> [Infografik] Carlos Ghosn, dari Le Cost Killer Menjadi Le Cost Frauder

Gambar Carlos Ghosn bersama dewan Mitsubishi

Carlos Ghosn diberhentikan dari jabatan CEO Nissan

Wakil Direktur Dewan Nissan Greg Kelly juga dikeluarkan pada Kamis lalu akibat terlibat dan ditangkap bersamaan dengan Ghosn. Nissan juga telah membuat dua komite terpisah sebagai reaksi terhadap pemberhentian Ghosn dan Kelly.

Komite tersebut akan mengevaluasi kompensasi mereka di perusahaan, dan yang lain mengidentifikasi dan memilih pengganti yang potensial. Hingga saat ini, salah satu kandidat pengganti Ghosn yang potensial diyakini adalah CEO Nissan lainnya, Hiroto Saikawa.

>>> Ingin membeli mobil baru? Lihat saja listingnya di Cintamobil.com

Penolakan Ghosn

Dilansir dari beberapa media, Carlos Ghosn membantah tuduhan bahwa ia menggunakan dana perusahaan untuk gaya hidup mewahnya. Ia juga mengklaim bahwa tidak pernah berniat untuk membuat laporan keuangan palsu.

Taipan kelahiran Brazil tersebut belum berbicara secara terbuka sejak ia ditangkap. Ia mengatakan kepada jaksa bahwa ia tidak bermaksud untuk mengecilkan pendapatannya seperti tertulis pada laporan keuangan, menurut NHK Jepang. Sedangkan Kelly juga membantah tuduhan tersebut, mengatakan bahwa gaji Ghosn dibayarkan dengan tepat.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap lainnya hanya di sini

Gambar penolakan Carlos Ghosn

Diberhentikan, namun Ghosn menolak tuduhan tersebut

Sebuah tim kecil yang melibatkan anggota dewan Nissan melakukan penyelidikan rahasia terhadap kekhawatiran tentang kemungkinan penghancuran bukti oleh Ghosn, sebagaimana dijelaskan oleh Kyodo News Jepang, mengutip sumber tanpa nama.

Untuk sementara waktu, Ghosn masih tetap menjadi ketua dan CEO Renault, sebagai bagian dari Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi. Penetapan tersebut berlangsung sebagai hasil voting pada Selasa (20/11) lalu meskipun ada tekanan dari pemerintah Perancis untuk menahan Ghosn dari peran tersebut tetapi meminta Nissan untuk berbagi penyelidikan internalnya. Hal ini menjelaskan skeptisisme terhadap tuduhan yang dihadapi Ghosn.

>>> Berita terupdate dan terlengkap tentang dunia otomotif hanya di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top