Carlos Ghosn: “Ada Kekuatan yang Lebih Besar Ingin Menyingkirkan Saya”

03/02/2019

Pasar mobil
Share this post:
Carlos Ghosn: “Ada Kekuatan yang Lebih Besar Ingin Menyingkirkan Saya”
Dalam wawancara eksklusif dengan Nikkei pada Rabu lalu, mantan bos Nissan Motors Carlos Ghosn mengungkapkan bahwa ia ‘tidak ragu’ semua tuduhan terhadapnya adalah hasil dari “komplotan dan pengkhianatan” oleh eksekutif Nissan yang menentang rencana integrasi Mitsubishi-Nissan-Renault.

Wawancara ini merupakan yang pertama kali ia lakukan semenjak penahanannya pada 19 November lalu. Pada wawancara yang dilakukan di lantai 10 Gedung Penahanan Tokyo, Carlos Ghosn mengakui bahwa adanya “rencana untuk mengintegrasikan” Renault, Nissan dan Mitsubishi Motors. Rencana tersebut telah dibahas oleh Presiden Nissan, Hiroto Saikawa pada bulan September tahun lalu, ia menambahkan.

Carlos Ghosn memakai kemeja berwarna hitam

Wawancara pertama Ghosn dengan media dilakukan Bersama Nikkei

Ghosn diizinkan oleh Pengadilan Distrik Tokyo untuk berbicara dengan Nikkei. Wawancara media dengan para pemimpin bisnis terkemuka dalam penahanan memang sangat jarang dilakukan di Jepang. "Kami tidak punya banyak waktu. Mari kita mulai," kata Ghosn di awal wawancara. Ketika jatah 15 menit hamper habis, ia meminta petugas untuk "sedikit lebih" waktu, dan diberikan perpanjangan lima menit.

>>> [Infografik] Carlos Ghosn, dari Le Cost Killer Menjadi Le Cost Frauder

Dalam penjelasannya, taipan kelahiran Brasil tersebut menampik tuduhan bahwa tugasnya selama 19 tahun di Nissan adalah sebuah “kediktatoran”, dengan mengatakan tuduhan tersebut merupakan narasi yang diciptakan oleh saingan yang ingin menyingkirkannya. "Orang-orang menerjemahkan kepemimpinan yang kuat menjadi diktator, untuk mendistorsi realitas" dengan "tujuan menyingkirkan saya," tambahnya.

Sebelumnya, Ghosn menginginkan dalam aliansi tiga perusahaan otomotif besar ini, ada “otonomi di bawah satu perusahaan” yang sejalan dengan bagaimana ia mengoperasikan aliansi dalam beberapa tahun terakhir. Sekutu Ghosn berpendapat bahwa beberapa eksekutif Nissan takut konsentrasi kekuasaan jatuh di bawah kepemimpinannya.

>>> Review mobil terbaru bisa Anda dapatkan di sini

Carlos Ghosn memakai jas berwarna hitam di atas panggung

Ghosn beranggapan penangkapannya terkait merger Renault-Mitsubishi-Nissan

Ghosn juga dituduh menerima 7,82 juta Euro (sekitar Rp 124 Miliar) dalam “pembayaran yang tidak patut” melalui Nissan-Mitsubishi B.V, sebuah perusahaan aliansi yang berbasis di Belanda. Ia mengungkapkan bahwa klaim pembayaran yang tidak benar adalah “distorsi realitas”.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap hanya di Cintamobil.com

Ia juga dituduh membeli properti mewah di Rio de Janeiro dan Beirut yang menurut Nissan dibayar tidak layak melalui anak perusahaannya. Dia membenarkan rumah-rumah tersebut dengan alasan bahwa dia "membutuhkan tempat yang aman di mana [dia] dapat bekerja dan menerima orang-orang di Brasil dan Lebanon."

Lebih lanjut, Ghosn juga membantah dugaan yang menyebutnya akan melarikan diri dan menghancurkan bukti. "Saya tidak akan lari, saya akan membela diri," tambahnya. "Semua buktinya ada pada Nissan, dan Nissan melarang semua karyawan bicara padaku."

ilustrasi wawancara Ghosn berbaju biru dengan Nikkei

Ilustrasi pertemuan Nikkei dan Ghosn yang Digambar oleh Hajime Hagiwara

Pada akhir pembicaraan ia mengungkapkan tentang kehidupannya di pusat penahanan. Ghosn mengatakan masa-masanya “ada naik dan turun”. Adapun ketika ditanya tentang kesehatannya, ia mengatakan “baik-baik saja”.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Carlos Ghosn Diberhentikan Sebagai CEO, Menolak Tuduhan Penggelapan Uang

26/11/2018

Pasar mobil

Presiden Nissan dan CEO Renault Carlos Ghosn akhirnya diberhentikan dari posisinya sebagai ketua dewan Nissan menyusul tuduhan “pelanggaran keuangan yang parah” dengan investigasi saat ini sedang dilakukan.

Lihat juga

CEO Nissan Diambang Pemecatan Setelah Dugaan Penggelapan Uang Perusahaan

20/11/2018

Pasar mobil

Nissan Motor Co Ltd bersiap untuk memutuskan jabatan Carlos Ghosn dari jabatan CEO setelah dugaan bahwa ia menggunakan uang perusahaan untuk penggunaan pribadi dan melakukan beberapa pelanggaran serius lainnya.

Lihat juga

Belum Hilang, Mitsubishi Lancer Siap Berbagi Platform dengan Aliansi Renault Nissan

16/11/2018

Mobil baru

Meskipun SUV dengan cepat menjadi kendaraan pilihan yang dipilih secara global, Mitsubishi masih memikirkan segmen kendaraan penumpang dengan rencana pengembangan Mitsubishi Lancer dan Mirage dengan aliansi Renault Nissan.

Lihat juga

Renault-Nissan-Mitsubishi Ikut Tanamkan Sistem Infotainment Berbasis Android

Aliansi otomotif Renault-Nissan-Mitsubishi mengumumkan kemitraan mereka dengan Google untuk menanamkan sistem infotainment berbasis Android di kendaraan masa depannya.

Lihat juga

Begini Cara Nissan Menguji Coba Daya Tahan Cat Mobil Mereka

Tidak banyak yang tahu bagaimana pengembangan komponen kendaraan dilakukan. Dan saat ini, Nissan berbagi wawasan tentang salah satu hal yang sering dianggap remeh, yaitu daya tahan cat.

Lihat juga
 
back to top