Kisah Cadillac Gage V-150, Panser Pengawal PPKM Darurat 

05/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Cadillac Gage V-150 menjadi kendaraan tempur lapis baja jenis panser yang diandalkan TNI-AD untuk membantu pengawalan kebijakan PPKM Darurat di Jakarta

Ganasnya penyebaran virus Corona-19 di Indonesia mengharuskan pemerintah melakukan berbagai langkah untuk memutus rantai penyebaran penyakit tersebut. Salah satunya adalah kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang berlangsung pada sejumlah kawasan di Jakarta.

Tidak tanggung-tanggung, pelaksanaan PPKM Darurat di sisi flyover Tapal Kuda Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, dikawal oleh TNI yang menurunkan panser untuk menutup akses warga dari Depok menuju Jakarta pada Senin 5 Juli  2021. Inilah kisah panser sang penjaga PPKM Darurat.

>>> SVI MAX 3, Modifikasi Toyota Land Cruiser Jadi Mobil Militer Tahan Peluru

Andalan Kavaleri & Kala PPKM Darurat

Kendaraan lapis baja tersebut adalah panser Cadillac Gage V-150 buatan Cadillac Gage, Amerika Serikat yang masuk Indonesia pada  tahun 1970-an dan hingga kini menjadi andalan YonKav 7/Sersus (Batalyon Kavaleri 7/Panser Khusus) Kodam Jaya yang bermarkas di Cijantung, Jakarta Timur.

gambar panser

Panser V-150 TNI-AD pada era tahun 1970-an

Ada empat varian panser V-150 yakni versi intai (senapan mesin 12,7 mm), versi meriam (90mm), versi twin gun (senapan mesin 7,62 mm,  angkut personel) dan versi komando. Panser ini didukung ban run flat sehingga masih bisa melaju hingga sejauh 80 km walau ban kempis dan punya kemampuan lintas air berbekal  putaran roda. 

Pengalaman Tempur

Sebagai kendaraan lapis baja,  panser  V-150 lumayan kenyang pengalaman tempur. Mulai dari Aceh, Timor Timur hingga Papua untuk operasi militer dalam negeri. Sedangkan di luar negeri, panser V-150 pernah memperkuat misi pasukan perdamaian PBB di Kamboja.

gambar panser

Panser V-150 saat melakukan tugas pengamanan di wilayah Papua

Panser ini juga diandalkan untuk menindak kerusuhan massa pada Mei 1998. Saat itu panser V-150 digunakan  PHH (Pasukan anti Huru Hara) dengan  kawat berduri yang terpasang di sekeliling bodi.

Retrofit

Untuk mengoptimalkan usia pakainya (sudah berdinas sejak tahun 1970-an), panserCadillac Gage V-150 menjalani program retrofit di Direktorat Peralatan Bengkel Pusat Peralatan TNI-AD. Program tersebut mencakup penggantian mesin asli (bensin V8) dengan mesin Diesel V6-155 6 silinder (tenaga 149  hp dan  torsi 385 Nm) sehingga performanya  setara semula dengan  konsumsi  bahan bakar lebih hemat.

gambar panser

Panser V-150 sudah di-retrofit dengan mesin diesel dan transmisi otomatis

Selain ganti mesin, panser V-150 versi retrofit dilengkapi  transmisi otomatis Allison AT-545 4-speed sehingga lebih nyaman  dan mudah bagi pengemudi. Sebagai perbandingan, panser V-150 retrofit punya jarak tempuh hingga 800 km dan kecepatan maksimum 89 km/jam. Sedangkan panser V-150 dengan mesin asli Chrysler V8 jenis bensin memiliki jarak tempuh 643 km dan  kecepatan maksimum  88,5 km/jam.

>>> Kendaraan Militer Maung Bisa Dibeli Warga Sipil Seharga Rp 600 Jutaan

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

 
back to top