BYD Dirikan Pabrik Baterai Kendaraan Listrik di Brasil

11/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
BYD Dirikan Pabrik Baterai Kendaraan Listrik di Brasil
Pabrik baterai kendaraan listrik yang didirikan BYD di Brasil telah mulai beroperasi. Pabrik tersebut adalah pabrik ketiga BYD di Brasil dan pertama yang memproduksi baterai lithium.

Raksasa kendaraan listrik asal China, BYD telah membuka pabrik baterai lithium-iron phosphate (LiFePO4) pertamanya untuk kendaraan listrik di kota Amazonas di Manaus di barat laut Brasil. Pabrik baterai kendaraan listrik BYD ini akan memasok baterai pada awalnya untuk bus listrik murni yang diproduksi secara lokal.

>>> Gara-Gara Virus Corona, Pabrik Mobil BYD Kini Produksi Masker

Gambar menunjukan Pabrik BYD

Pabrik baterai pertama BYD di Brasil hadir di kota Amazonas

Pabrik Ketiga BYD di Brasil

Pabrik pabrik baterai seluas 5.000 m2 itu memiliki kapasitas produksi hingga 1.000 baterai per tahun. Produksi awal diproyeksikan hadirkan sebanyak 272 baterai LiFePO4 pada November mendatang.

Menurut Tyler Li, yang bertanggung jawab atas bisnis BYD di Brasil, mengatakan bahwa pabrik baterai tersebut sangat otomatis dan menggunakan teknolgi robotik.

“Kami memproduksi 28 baterai setiap dua hari,” kata Tyler Li, presiden BYD Brazil seperti dikutip dari smart-energy (11/9/2020). 

“Pengoperasiannya sangat cepat dan teknis karena kami memiliki infrastruktur yang dirakit dan dibuat robot untuk mengirimkan baterai dengan lebih cepat dan aman,” ucap Li.

>>> Daftar Lokasi Lelang Mobil Jakarta yang Bisa Anda Ikuti

Gambar menunjukan Bis listrik

Baterai yang diproduksi untuk memasok baterai untuk bus listrik

Baterai yang Dihasilkan Dibuat untuk Bus EV

Baterai LiFePO4 dikatakan sangat cocok untuk menggerakkan kendaraan listrik. Baterai tersebut memberikan tingkat pelepasan tinggi yang dibutuhkan untuk akselerasi dan memiliki bobot yang lebih rendah dan umur yang lebih lama.

Baterai yang diproduksi awalnya akan dipasokan oleh BYD untuk 12 bus gandeng listrik murni di kota São José dos Campos di pedalaman São Paulo pada Oktober 2021. Bus sepanjang 22 meter itu akan mencakup rute yang hanya 14,5 km menghubungkan wilayah selatan dan timur kota. Ketika terisi penuh, jangkauan bus mencapai sekitar 250 km.

“Dengan investasi kami di pabrik tersebut, kami juga akan dapat bermitra dengan perusahaan yang tertarik untuk meningkatkan elektrifikasi peralatan mereka,” jelas Li.

“Usulan kami adalah untuk mempopulerkan dan memfasilitasi elektrifikasi mobilitas dan peralatan di negara ini.” tutupnya.

>>> Klik sini untuk lanjut baca berita otomotif terkini lainnya 

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Harga Maserati MC20 Rp 9 Milyar, Siap Hadir Awal Tahun 2021

11/09/2020

Mobil baru

3 menit

Supercar terbaru asal Italia ini disebut siap mengaspal di Indonesia awal tahun depan. Eurokars Group Indonesia menyebutkan harga Maserati MC20 berada di kisaran Rp 9 Milyar.

Lihat juga

Kendaraan Pribadi Tak Lakukan Uji Emisi, Apa Sanksinya?

09/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Pemprov DKI Jakarta mewajibkan kendaraan pribadi untuk melakukan uji emisi setidaknya setahun sekali mulai Januari 2021 seperti tertuang dalam Pergub.

Lihat juga

Simak Aturan Berkendara saat PSBB Berlaku Lagi di Jakarta

10/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan akan memberlakukan PSBB secara ketat seperti awal. Ada sejumlah aturan yang wajib dipatuhi termasuk saat berkendara.

Lihat juga

Ganjil Genap Jakarta Dihapus Lagi, Kendaraan Pribadi Jangan Keluyuran

10/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Aturan ganjil genap Jakarta untuk sementara dihapuskan. Meski begitu bagi pemilik kendaraan pribadi diimbau agar tetap berada di rumah bukan bebas berpergian.

Lihat juga

Nissan Stop Produksi 3 Model di Thailand, Ada X-Trail dan Teana

10/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Nissan Motor Thailand dikabarkan memutuskan untuk stop produksi tiga modelnya yakni X-Trail, Teana, dan juga Sylphy berkaitan dengan pengembangan mobil listrik.

Lihat juga