Butuh Ketelitian dan Kesabaran, Begini Sulitnya Detailing Mobil Formula 1

23/07/2019

Pasar mobil

1 menit

Untuk sebuah mobil sport, pengerjaan cat memiliki pengaruh penting dalam pengendaraan. Cat yang terlalu tebal akan menambah bobot mobil. Begitu pula dengan detailing mobil Formula 1 yang membutuhkan kehati-hatian dan pengerjaan yang detail.

Bagi sebagian orang, membersihkan mobil merupakan tugas yang melelahkan. Apalagi melakukan detailing pada bodi dan cat mobil. Bayangkan ketika Anda harus mengerjakan detailing sebuah mobil? Apalagi detailing mobil Formula 1 yang memiliki berbagai komponen yang kompleks dan struktur bodi yang berbeda dengan mobil pada umumnya.

pengerjaan detailing mobil Formula 1 milik Mercedes berwarna hitam
Larry Kosilla dari Ammo NYC yang sedang mengerjakan detailing mobil Mercedes

Bagi Larry Kosilla dari Ammo NYC mengerjakan detailing mobil Formula 1 merupakan pekerjaan sehari-hari. Bagi yang belum tahu, mobil Formula 1 menggunakan cat yang sangat tipis untuk menghemat berat. Tetapi masalahnya, hal ini membuat detailing menjadi sangat sulit. Seperti yang dilakukan oleh Larry Kosilla saat merawat McLaren MP4-19B 2004.

>>> Polisi Grebek Pabrik Ferrari-Lamborghini Illegal di Brazil

Dalam video berdurasi 19 menit, Kosilla disewa oleh McLaren memberikan penanganan maksimal untuk mobil bermesin Mercedes-Benz FO110Q V10 yang dikemudikan oleh David Coulthard pada masa itu. Nantinya, mobil ini akan mendapatkan pengerjaan bodi sebelum dipajang di diler.

Karena pengerjaan cat yang harus dibuat tipis untuk menghemat bobot kendaraan, Kosilla harus mengerjakan sebagian besar detail dengan tangan. Pekerjaan yang tentu saja membutuhkan ketelitian. Dia pun harus memeriksa pergelangan tangan dan pad untuk memastikan tidak menekan terlalu keras dan merusak permukaan bodi.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap lainnya hanya di sini

Video pengerjaan detailing mobil Formula 1 dari Ammo NYC

Potongan-potongan suspensi dan bentuk tubuh yang menukik dan meliuk membuat sebagian pengerjaan pengecatan menjadi lebih sulit. Selain itu, beberapa pahatan yang membuat desain ikonik kendaraan Formula 1, intake, serta tampilan sayap menambah kompleksitas pengerjaannya.

Seperti yang bisa terlihat pada video di atas, pengecatan yang membutuhkan detail selama pengerjaan tentu saja tidak mudah. Tapi yang pasti, hasil akhir yang sempurna menegaskan bagaimana sebuah mobil Formula 1 bisa disebut sebagai sebuah karya seni. 

>>> Update berita terkini seputar otomotif hanya di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top