Bus Piala Dunia 1974 dari Mercedes, Ada Asbak Rokok di Setiap Kursi

13/11/2022

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Bus Piala Dunia 1974 dari Mercedes, Ada Asbak Rokok di Setiap Kursi
Mercedes-Benz Museum menampilkan koleksi bus O 302 yang dimodifikasi khusus untuk peserta Piala Dunia 1974 dengan tambahan AC dan asbak rokok di setiap kursi.

Piala Dunia masih menjadi perhelatan akbar sekaligus ajang promosi bagi perusahaan otomotif karena eksposur yang tinggi. Misalnya saja Mercedes-Benz yang menggunakan event besar ini untuk mempopulerkan salah satu bus mereka pada Piala Dunia 1974 yang diselenggarakan di Jerman Barat.

Dimodifikasi khusus

Kala itu, hanya 16 tim nasional yang berpartisipasi dalam turnamen sepakbola tersebut, alih-alih 32 tim seperti saat ini. Mercedes-Benz merupakan salah satu pemasok bus untuk setiap tim. Mereka mengecat bus Mercedes-Benz O 302 yang digunakan dengan warna kuning cerah dan dipadukan dengan bendera masing-masing negara pada bagian atas dan maskot Piala Dunia ’74, Tip dan Tap di jendela belakang.

bus Mercedes-Benz O 302 khusus Piala Dunia 1974
Desain nyentrik dengan warna khas Jerman Barat

Di bagian dalam, Mercedes juga menawarkan berbagai fitur yang mungkin tak bisa ditemukan pada bus yang dipasarkan saat ini. Setiap bangku memiliki asbak rokok tersendiri. Begitu pula keran bir yang tersedia di bagian belakang, Fasilitasnya termasuk sistem stereo Blaupunkt dengan dek kaset serta pendingin udara untuk membuat pemain tetap nyaman sepanjang perjalanan.

>>> Dapatkan harga Mercedes-Benz dan promo terbaru hanya di sini

asbak rokok di bus Mercedes-Benz O 302 khusus Piala Dunia 1974
Ada asbak rokok yang bisa ditemukan di setiap kursi

Skema warna jok menggunakan pelapis kain berwarna merah dan oranye yang identik dengan nuansa Jerman di tahun 1970-an. Sandaran kepala mendapatkan penutup berwarna putih. Mercedes mengungkapkan bahwa setiap pemain tim nasional Jerman mendapatkan pengaturan kursi yang sudah ditentukan sebelumnya.

>>> Demam Piala Dunia, Penggemar ini Membalut Mobilnya dengan Stiker Pemain

Dipamerkan di Mercedes-Benz Museum

Mercedes memperkenalkan bus O 302 pada awal 1965 dengan memproduksi lebih dari 32.000 unit bus. Ada dua pilihan mesin yang diperkenalkan, yaitu mesin diesel 4-silinder dengan keluaran tenaga maksimal 125 hp dan mesin diesel 6-silinder yang mampu menghasilkan daya maksimal 236 hp.

bus khusus Mercedes-Benz untuk Piala Dunia 1974
Mercedes-Benz O 302 bisa dilihat di Mercedes-Benz Museum

Untuk memperingati gelaran Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar mulai tanggal 20 November mendatang, Mercedes-Benz Museum menampilkan bus Mercedes-Benz O 302 yang digunakan pada ajang mulati nasional 48 tahun yang lalu.

Hanya saja bus yang ditampilkan pada museum tersebut bukanlah contoh asli. Pasalnya setelah turnamen berakhir, bus yang digunakan kembali dicat ulang, menanggalkan segala atribut yang digunakan, dan kembali menjadi bus pengangkut penumpang biasa.

>>> Pemilik Mobil Mercedes-Benz Di Bogor Pasti Suka Event Ini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com. Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencar
 
back to top