Bus Listrik Dipersiapkan sebagai Armada Pariwisata di Kota Oxford

12/02/2018

Pasar mobil
Bus Listrik Dipersiapkan sebagai Armada Pariwisata di Kota Oxford
Bukan hanya dalam mobil penumpang, kendaraan listrik sepertinya sudah menjadi primadona baru dalam industri otomotif dunia. Setelah produsen mobil berlomba-lomba memperbarui armada listrik mereka, salah satu kota bersejarah di dunia, Oxford, saat ini juga menggunakan layanan bus listrik bagi para turis.

Penumpang akan menaiki bus listrik untuk berkeliling kota Oxford, lengkap dengan melihat pemandangan Universitas Oxford yang terkemuka. Lima bus pariwisata yang dipasang sepenuhnya berupa bus listrik dan 78 bus diesel lainnya mungkin akan diistirahatkan untuk mengurangi kadar polusi perkotaan Oxford.

Gambar yang menunjukan University of Oxford yang diambil dari bagian atas

University of Oxford, universitas kebanggaan Oxford

Dewan kota mengatakan bahwa kadar oksida nitrat yang berbahaya di kota ini telah turun sebesar 36.9% dalam 10 tahun terakhir dan akan terus menurun. Departemen untuk Dana Teknologi Transportasi Bus Bersih sudah mepersiapkan dana untuk mengelola bus listrik ini sebesar £ 1.7 Juta (atau sekitar Rp. 320 Milliar) dan memberikannya kepada dewan kota.

>>> Baca juga Revolusi mobil otonom bisa menjadi cara pencegah kemacetan

Departemen ini telah membagi 40 Juta Poundsterling di antara 20 pemerintah daerah untuk mengurangi emisi dari bus. Langkah-langkah untuk mengurangi polusi udara di Oxford termasuk Zona Rendah Emisi, yang diperkenalkan di pusat kota oleh dewan kota dan Dewan Oxfordshire County pada tahun 2014 lalu.

Gambar yang menunjukan bus listrik yang sedang berjalan di kota Oxford

Salah satu bus listrik yang ada di Oxford

Kebijakan pertama dari jenisnya untuk pemerintahan di luar kota London mengharuskan semua bus yang digunakan di Oxford ditukar menjadi kendaraan dengan emisi rendah. Dewan kota mengatakan bahwa mereka ingin mendirikan Zero Emission Zone di pusat kota sebelum 2020.

>>> Baca juga berita pasar mobil lainnya disini

Dalam pernyataannya, Susan Brown, pemimpin Dewan Kota Oxford, mengungkapkan bahwa,

“Saya senang bahwa hibah ini akan meungkinkan kami untuk mengenalkan bus listrik sepenuhnya ke Oxford. Saat ini, Oxford memiliki tingkat polusi udara di pusat kota yang berada di atas tingkat legal sehingga dapat merusak kesehatan penduduk dan pengunjung kota Oxford. Kami melihat semua tindakan yang mungkin untuk mengurangi polusi di pusat kota kami.”

Pemerintah mengatakan bahwa tahun lalu mereka berencana untuk melarang mobil bensin, diesel serta van untuk melaju di kota pada 2040 mendatang. Dewan kota bahkan sudah bekerja sama dengan Oxford Bus Company, yang memiliki City Sightseeing Oxford dan Stagecoach pada tawaran penggunaan bus listrik.

Gambar yang menunjukan bagian perkotaan dan gedung-gedung kuno yang ada di Oxford

Ofxord diharapkan terbebas dari mobil bensin dan diesel pada 2040 mendatang

Dewan kota, dengan dukungan dari pemerintah daerah, telah diberi dana pemerintah sebesar £ 500.000 untuk memasang titik pengisian untuk taksi listrik. Sumbangan dana £ 800.000 lainnya juga akan digunakan untuk memasang 100 titik pengisian kendaraan listrik di sekitar Oxford.

Langkah ini digunakan oleh pemreintah dan dewan kota untuk memperbaiki kualitas udara yang buruk. Menteri Lingkungan, Therese Coffe menambahkan, “Kualitas udara yang buruk mempengaruhi kesehatan masyarakat, ekonomi dan lingkungan. Oleh karena itu, kami bertekad untuk berbuat lebih banyak.”

>>> Baca juga berita otomotif lainnya disini

 
back to top