Bus Biogas Scania, Bus AKAP Ramah Lingkungan

01/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Bus biogas Scania menjadi solusi efektif yang ditawarkan Scania untuk menjawab kebutuhan terhadap bus jarak jauh yang efisien, nyaman dan ramah lingkungan.

Entah sudah janjian lebih dahulu atau tidak, yang jelas pada 30 Juni 2021 bersamaan dengan debut global truk listrik Mercedes-Benz eActros di Stuttgart, Jerman, pabrikan Scania melakukan peluncuran perdana bus bertenaga liquid biogas. Bus biogas ini menandai kolaborasi antara Scania (pemasok sasis bus), Flixbus (mobility provider) dan Gasum (penyedia biogas). Nantinya bus biogas tersebut akan melayani rute jarak jauh Stockholm-Oslo yang mencapai 521,7 km. 

Teknologi Biogas

gambar gas

Dulu biogas dengan sistem gas bertekanan, kini biogas menganut sistem cair 

Di kawasan Eropa, biogas dalam format gas bertekanan tinggi sudah lama digunakan sebagai bahan bakar untuk bus kota, mobil dan kendaraan ringan lainnya. Namun biogas dalam format gas bertekanan tinggi kurang cocok untuk bus jarak jauh karena membutuhkan tabung berukuran besar sehingga menyita banyak ruang.

Solusinya adalah teknologi penyimpanan biogas cair melalui pendinginan biogas hingga mencapai suhu -160o Celsius sehingga biogas menjadi cairan dan memiliki kandungan energi lebih tinggi. Dengan demikian penggunaan biogas semakin meluas untuk angkutan barang berat lewat jalur darat maupun laut. 

>>> Sasis Bus Makin Canggih, Yuk Intip Perkembangannya

Bus Ramah Lingkungan

Dari sisi teknis, Scania mengklaim bus biogas ini mampu mengurangi emisi gas buang hingga 90% lebih rendah daripada bus bermesin diesel yang selama ini dituduh sebagai salah satu sumber polusi lingkungan. Kelebihan lain yang ditawarkan oleh biogas cair adalah fossil-free dan energi terbarukan karena bahan baku biogas berasal dari pengolahan limbah.

gambar bus

Pengisian cepat, ramah lingkungan, efisien, kabin senyap menjadi nilai jual andalan bus biogas

Pada sisi lain, pemakaian biogas juga mengurangi emisi partikel debu dan senyawa NOx sehingga memperbaiki kualitas udara secara umum. Jangan lupa, bus biogas memakai mesin yang lebih senyap daripada mesin diesel.

Saat ini, penyebaran biogas di Eropa sudah mencapai 17% dan di Swedia, pemakaian biogas sebagai bahan bakar kendaraan sudah meraih 95%. Nantinya, sekitar 50% armada truk heavy duty di Eropa akan memakai biogas sebagai bahan bakarnya.

>>> Bidik Pasar Eropa, Hyundai Jajal Bus Listrik Di Jerman

Bus Kota Biogas

Sebenarnya, bus biogas Scania untuk bus kota sudah cukup lama beredar di Brasil dan Inggris. Salah satu contohnya adalah bus biogas Scania K280 6X2 yang dikembangkan sejak tahun 2016 dan melayani rute Itaipu Binacional – Iguaçu National Park (PNI) di Brasil.

gambar bus

Bus kota BBB (bahan bakar biogas) di Brasil 

Sejak puluhan tahun lalu, Brasil menerapkan kebijakan bahan bakar alternatif seperti biofuel hingga biogas dan memberikan insentif khusus bagi pabrikan otomotif yang memproduksi kendaraan dengan mesin flex fuel.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top