Mitsubishi Xpander AP4 Jadi Jawara Sprint Rally di Tanjung Lesung

12/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Mitsubishi Xpander AP4 Jadi Jawara Sprint Rally di Tanjung Lesung
Mitsubishi Xpander AP4 kembali menorehkan prestasi gemilang dengan memenangi ajang Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021 di Sirkuit Badak, Tanjung Lesung, Banten.

Tampil dominan sepanjang hari pertama, Sabtu, 10 April 2021, Mitsubishi Xpander AP4 yang dikendarai Rifat Sungkar dan navigator M. Redwan kembali jadi mobil terkencang di hari Minggu.

Meski sempat mengalami masalah suspensi, Rifat dan navigatornya tak tertandingi untuk finis pertama dengan catatan waktu total 10 menit 8,2 detik. Unggul 11 detik atas rivalnya di kelasnya.

>>> 10 Keunggulan Mitsubishi Xpander Ini Cocok Buat Pengemudi Pemula

Kalahkan sesama mobil AP4, atasi masalah suspensi

Pada hari kedua, yang terbagi ke dalam 3 Special Stage (SS), Rifat dan Redwan menerima perlawanan sengit dari pasangan M. Rihan Variza dan Andi Rendy, yang juga memakai mobil AP4.

Mitsubishi Xpander AP4

Kondisi trek memberikan tantangan tersendiri bagi para pembalap

Meski Mitsubishi Xpander AP4 yang dikemudikan mengalami masalah suspensi, Rifat dan Redwan masih bisa menjaga keunggulan sampai akhir Stage, dan memenangi Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021.

“Lomba kali ini sangat seru. Terjadi persaingan yang cukup ketat dengan M. Rihan dan Ryan Nirwan, saling kejar catatan waktu di tiga SS terakhir. Tapi alhamdulillah kami dapat menutup lomba dengan juara,” ujar Rifat Sungkar.

>>> Perbedaan Mobil Xpander Sport dan Tipe Lainnya

Sempat diganggu cuaca buruk, berjalan sesuai rencana

Meski terjadi pembatalan SS1 di hari pertama akibat kondisi lintasan yang tidak memungkinkan, alhasil hari Minggu berjalan dalam 3SS dan membuat Sprint Rally akhir pekan berlangsung dalam 4 Special Stage dengan jarak total 19 km.

Mitsubishi Xpander AP4

Rifat dan Redwan memulai tahun 2021 dengan kemenangan

Namun, hal ini memberikan tantangan tersendiri kepada semua peserta. Menurut Rifat, event Sprint Rally pembuka tahun 2021 ini menghadirkan persaingan ketat, bukan hanya kelas M1 namun merata di semua kelas.

“Event kali ini terbilang istimewa, lokasi balap yang bagus, di pinggir pantai dan menghadirkan suasana berbeda dari balapan-balapan sebelumnya. Sebuah fenomena baru. Tidak hanya itu animo pesertanya sungguh luar biasa," ujar Rifat.

“Dengan kondisi cuaca yang kurang bagus, semangat pereli tidak kendur, malah menghadirkan persaingan yang begitu menarik."

Selain Rifat dan Redwan yang menang di Grup M, duet Rizal Sungkar-M. Rizky Fauzi menjuarai Grup FI, Indie Fiankoco-Fendi Bagus Erfianto menjuarai Grup R, serta Rifky Bahcrie-Adhi KZ keluar sebagai juara grup J.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap dari dalam dan luar negeri bisa Anda simak di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top