Bukannya Takut, Dealer Mobil Ini Kasih Diskon untuk Pengidap Virus Corona

03/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Bukannya Takut, Dealer Mobil Ini Kasih Diskon untuk Pengidap Virus Corona
Wabah virus corona mengancam kesehatan dunia. Alih-alih takut, dealer mobil bekas di Selandia Baru malah jadikan virus tersebut sebagai program penjualan.

Dealer mobil bekas di Selandia Baru, 2 Cheap Cars tuai kontroversi setelah memanfaatkan isu virus corona menjadi program penjualan. Memanfaatkan sosial media Reddit, dealer mobil bekas tersebut tawarkan diskon bagi calon pelanggan yang positif terinfeksi wabah corona.

>>> Daihatsu Ayla 2020 Dijadwalkan Rilis Maret, Harganya?

Gambar menunjukan Promosi memanfaatkan virus Corona

Pantaskah promosi yang dilakukan 2 Cheap Cars?

Dilansir dari Newshub ketika media setempat menghubungi tentang iklan kontroversial yang dibuat di media sosial Reddit itu, Kepala eksekutif 2 Cheap Cars Dan Buckley mengatakan "Hanya masalah ringan. Jika Anda memiliki virus corona, datang dan beli mobil dari kami dan kami akan memberi Anda diskon $ 500 (Rp 7,1 juta)," katanya dalam sebuah pernyataan surel.

Alih-alih mendapat respon positif, beberapa pengguna Reddit tidak terkesan dengan taktik pemasaran tersebut. "Ini mengeksploitasi ketakutan konsumen untuk memaksa mereka membeli mobil, dan banyak orang, termasuk saya, tidak setuju dengan metode seperti itu," kata seorang pengguna media sosial Reddit.

>>> Antisipasi wabah Corona, Sediakan Ini di Dalam Mobil Anda

Gambar menunjukan Virus Corona

Wabah corona berdampak juga pada pertumbuhan industri otomotif global

Kontroversi ini bukan pertama kalinya yang dilakukan oleh 2 Cheap Cars. Sebelumnya pada bulan Juli tahun lalu pihaknya didenda hingga $ 400.000 (Rp 5,7 miliar) karena menggunakan taktik penjualan dan upaya ilegal untuk membatalkan jaminan bagi pelanggan. Lebih jauh di tahun 2017, dealer dibanjiri dengan ulasan negatif setelah menawarkan voucher supermarket kepada pelanggan yang meninggalkan ulasan positif di Google.

Virus Corona dengan nama lain COVID-19 sendiri sudah mewabah sejak awal tahun 2020. Tiongkok menjadi negara pertama yang terserang virus ini. Epidemi ini terus menyebar ke seluruh penjuru dunia dan berdampak juga pada industri otomotif.

>>> Pilihan mobil baru dan bekas berkualitas bisa Anda temukan di sini

Penjualan mobil di Tiongkok dilaporkan anjlok hingga 92 persen pada dua minggu pertama Februari tahun ini akibat dampak dari virus corona. Himbauan Pemerintah Tiongkok agar warganya tidak beraktivitas di ruang publik berimbas menjauhnya calon pembeli dari showroom.

Tidak hanya itu saja, agenda pameran otomotif  hingga ajang balap juga terpaksa ditunda akibat virus corona. Geneva International Motor Show 2020 dengan berat hati harus membatalkan acara otomotif tahunan ini.  Dari ajang balap, Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) selaku penyelenggara MotoGP menyebutkan bahwa pihaknya juga akan mengatur ulang jadwal MotoGP, Moto2, dan Moto3. Kabar terbaru MotoGP Qatar, Buriram hingga Thailand harus ditunda penyelenggaraannya.

>>> Berita komunitas otomotif terbaru bisa Anda baca di sini

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Khawatir Virus Corona, Pemerintah Italia Menutup Dua Museum Ferrari

03/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Otoritas setempat menutup dua museum Ferrari di Maranello dan Modena untuk sementara waktu demi menghindari penyebaran virus Corona yang lebih parah di Italia.

Lihat juga

Geely Hadirkan SUV Berteknologi Penangkal Virus Corona

02/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Seluruh lembaga kesehatan dunia berlomba-lomba hadirkan solusi wabah virus corona. Geely mewakili industri otomotif hadirkan SUV yang dapat menangkal virus ini.

Lihat juga

Antisipasi Virus Corona, Sediakan Ini di Dalam Mobil Anda

02/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Virus Corona atau COVID-19 telah dikonfirmasi masuk ke Indonesia. Jangan panik Anda harus tetap tenang, sediakan hal ini untuk keamanan selama berkendara.

Lihat juga

Akibat Corona, Pabrik Hyundai di Korea Selatan Berhenti Produksi

02/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Tidak hanya Cina, dampak penyebaran virus Korona juga menghantam industri otomotif di Korea Selatan, di mana Hyundai menutup lima fasilitas pabrik perakitan mobil di Ulsan.

Lihat juga

UPDATE: Geneva Motor Show 2020 Batal Digelar Akibat Virus Corona

29/02/2020

Pasar mobil

4 menit

Dikarenakan penyebaran virus Corona yang semakin masif di Eropa dan Swiss, membuat pemerintah dan penyelenggara terpaksa membatalkan Geneva Motor Show 2020

Lihat juga