Bukannya Dipidanakan, Hacker BMW ini Malah Mendapatkan Penghargaan

25/05/2018

Pasar mobil
Share this post:
Bukannya Dipidanakan, Hacker BMW ini Malah Mendapatkan Penghargaan
Biasanya, hacker yang meretas sistem sebuah produk akan dipolisikan dan dituntut sesuai hukum yang berlaku. Berbeda halnya dengan peretas yang mengotak-atik sistem keamanan BMW. Perusahaan asal Jerman itu pun memberikan penghargaan terhadap peretas tersebut.

Adalah perusahaan keamanan siber dari China yang mengungkap kekurangan sistem keamanan dari BMW i3, dan X1, serta Seri 5 dan Seri 7 generasi sebelumnya. Delapan dari kekurangan tersebut terkait dengan sistem infotainment mobil, empat terhubung dengan unit telematika kendaraan dan dua lainnya terkait gerbang diagnostik armada.

Tencent Keen Security Lab mengatakan, “serangkaian serangan ini dapat dimanfaatkan oleh peretas terampil dengan biaya yang sangat rendah.” Selain itu, mereka juga menunjukkan bagaimana peretas bisa memicu dan mengendalikan fungsi mobil dengan jarak jangkau yang luas.

Gambar yang menunjukan jajaran petinggi BMW yang memberikan penghargaan kepada Tencent Keen Security Lab

BMW beserta Tencent Keen Security Lab dalam acara pemberian penghargaan

Sembilan peretasan yang dilakukan membutuhkan koneksi fisik dan harus dilakukan antara mobil dan peralatan peretasan. Namun lima lainnya bisa dilakukan dari jarak jauh dengan memanfaatkan titik lemah dalam koneksi Bluetooth dan GSM serta layanan infotainment ConnectedDrive dari BMW.

>>> GIIAS 2018 mengungkapkan merek otomotif yang menjadi peserta

Peretasan yang diteliti selama satu tahun tersebut memperingatkan kerentanan sistem keamanan BMW. Pihak produsen juga sudah mengkonfirmasi temuan Tencent dalam waktu dua minggu dan mengumumkan bahwa mereka telah melakukan peningkatan yang diluncurkan di backend Group BMW dan diunggah ke unit kontrol melalui koneksi internet.

Produsen mobil terkenal asal Jerman tersebut terkesan dengan penemuan Tencent yang menyebut penelitian mereka sebagai pekerjaan yang luar biasa. Berkat peringatan keamanan tersebut. BMW menganugerahkan Penghargaan Riset TI dan Digitalisasi BMW Group. Bahkan, kedua perusahaan sedang mendiskusikan kegiatan pengembangan dan penelitian gabungan secara mendalam.

>>> Informasi pasar mobil paling update ada disini

Gambar yang menunjukan kendaraan berwarna biru dengan logo BMW di depannya

BMW lebih lanjut mengadakan kersama untuk mengatasi masalah keamanan

Keputusan BMW untuk memberikan penghargaan dan merencanakan proyek gabungan dengan Tencent merupakan salah satu program yang dilakukan oleh perusahaan teknologi lainnya. Sejak 2011, Facebook telah mengungkapkan akan memberikan $ 6.3 Juta atau hampir Rp. 90 Milyar bagi peretas yang bisa menemukan celah keamanan dari sistem mereka.

Sistem yang terhubung ke internet menjadi salah satu program standar yang dimasukkan produsen ke dalam kendaraan. Dengan investasi besar ini, perusahaan mencari ‘white hat hacker’ untuk menggali celah keamanan dalam mengembangkan dan mencegah terjadinya kerusakan. Langkah ini dinilai sebagai tindakan preventif untuk mengantisipasi kerusakan perangkat lunak yang sebelum dieksploitasi.

>>> Dapatkan beragam berita otomotif disini

Share this post:
 
back to top