Bukan Pakai Remote, Mobil Tesla Bisa Dipanggil Lewat Pikiran Manusia

02/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Bukan Pakai Remote, Mobil Tesla Bisa Dipanggil Lewat Pikiran Manusia
Elon Musk bakal kembali mengenalkan terobosan baru. Para pemilik mobil Tesla nantinya bisa memanggil mobil hanya lewat pikiran manusia, tak mengandalkan remote.

Produsen mobil listrik asal Amerika Serikat Tesla terus membuat terobosan, utamanya dalam bidang teknologi otomotif. Salah satu teknologi di dunia otomotif yang membuat nama Tesla berkibar adalah sistem berkendara otonom. 

Tapi tampaknya hal itu belum membuat sang bos Elon Musk puas. Musk dikabarkan tengah menggali terobosan baru yang berhubungan langsung dengan manusia dan teknologi itu sendiri. 

>>> Begini Sulitnya Ketika Shaquille O'Neal Masuk ke Kabin Tesla Model S

Bisa Panggil Mobil Lewat Pikiran

Melansir Carbuzz, Rabu (2/9/2020), Musk untuk pertama kalinya di dunia mengenalkan sistem Neuralink. Apa itu Neuralink? 

Neuralink merupakan chip komputer yang di implan pada otak seekor babi bernama Gertrude. Chip ini disebut Musk mirip sebuah Fitbit dengan kabel kecil di tengkorak kepala. Fungsi chipnya bisa merekam semua aktivitas dan perilaku Gertrude seperti mencium makanan. 

Tesla Model S

Kabin Tesla Model S

Ini merupakan gambaran dari sistem Neuralink nantinya yang akan digunakan pada otak manusia sekaligus mobil Tesla

Musk yang terkenal dengan ide kontroversialnya menyebut, teknologi terbaru ini memungkinkan semua pengendara Tesla bisa memanggil mobilnya. 

Tesla sendiri saat ini sudah memiliki fitur 'Smart Summon' yang memungkinkan mobil bisa menavigasi ke sebuah tempat parkir dan mendatangi si pengendara selama masih dalam batas jarak pandang mereka. 

Musk dalam sebuah sesi tanya jawab juga mengatakan bahwa hal sistem Neuralink akan mudah diterapkan dan bisa segera dipasang pada tiap mobil Tesla. 

>>> Tesla Model 3 Hatchback Akan Jadi Mobil Listrik Murah

Bakal Terwujud dalam Waktu Dekat?

Rencananya, tak lama lagi Musk bakal menjajal teknologi sistem Neuralink pada manusia. Ini merupakan langkah berani dari Musk. Musk sendiri sempat tak dipercaya oleh beberapa pihak hingga akhirnya bisa mewujudkan apa yang menurut orang-orang mustahil.  

Tesla Model S

Sistem Neuralink bakal diterapkan pada mobil Tesla dalam waktu dekat

Termasuk soal penggunaan otak manusia hingga bisa memanggil mobil. Ilmuwan Inggris tak terlalu terkejut dengan apa yang disampaikan Musk soal sistem Neuralink pada mobil Tesla. 

"Tantangan terbesar adalah pekerjaan yang melibatkan otak manusia. Hasil demonstrasi sebenarnya mengecewakan dan tak menunjukan hal yang signifikan," jelas Profesor syaraf di Newcastle University seperti dikutip BBC. 

Dengan seluruh pencapaiannya, Musk bisa saja mempercepat teknologi ini diterapkan pada setiap mobilnya. Wah patut ditunggu nih terobosan baru di dunia otomotif yang satu ini.

>>> Klik sini untuk lanjut baca berita otomotif yang hot lainnya

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Review Tesla Semi Truck 2021: The Game Changer

TBA

04/06/2020

Editor rate:

Tesla Semi Truck adalah The Game Changer di dunia truk, sebab kehadirannya nanti akan merepotkan para pabrikan truk yang masih mengandalkan mesin diesel

Lihat juga

Review Tesla Model S P100D 2020: The Fastest Accelerating Production Car In The World

Rp. 3.000.000.000

28/05/2020

Editor rate:

Tesla Model S P100D ini memegang rekor The Fastest Accelerating Production Car In The World, namun apakah mobil listrik ini hanya menjual sensasi kencang saja?

Lihat juga

Review Tesla Model Y 2019: Penantang Baru SUV Kompak Bertenaga Listrik

24/03/2019

Editor rate:

CEO Tesla, Elon Musk membuat drama baru setelah meluncurkan kendaraan terbaru, Tesla Model Y 2019 yang telah lama ditunggu-tunggu. SUV kompak yang meminjam beberapa sentuhan Model 3 yang lebih dahulu populer diprediksi mampu menyaingi penjualan mobil listrik Tesla lainnya.

Lihat juga

Tesla Depak Toyota dari Merek Mobil Paling Bernilai di Dunia

03/07/2020

Pasar mobil

3 menit

Investor mulai percaya diri akan perkembangan mobil listrik di masa depan. Hal itu membuat saham Tesla melonjak dan menjadikannya merek mobil paling bernilai.

Lihat juga

Tesla Model S Ternyata Tak Mampu Imbangi Porsche Taycan

25/08/2020

Event - Promosi

5 menit

Ketika dilakukan uji kecepatan antara Tesla Model S dan Porsche Taycan Turbo S, ternyata mobil listrik garapan Elon Musk itu tak sanggup mengimbangi Porsche.

Lihat juga