Nissan Tertarik Kembangkan Apple Car?

11/02/2021

Pasar mobil

2 menit

Setelah perbincangan dengan Hyundai dan Kia menemui jalan buntu beberapa waktu lalu, Nissan menunjukkan ketertarikannya mengembangkan mobil listrik Apple Car. 

Beberapa waktu sebelumnya Hyundai dan Kia menegaskan bahwa mereka tidak mengambil kesempatan kerja sama dalam mengembangkan Apple Car. Rumor terbaru menyebutkan bahwa Nissan tertarik untuk bermitra dengan Apple. Spekulasi tersebut muncul usai petinggi Nissan menyampaikan ketertarikannya pada Selasa (9/2) lalu.

Bersedia kembangkan mobil listrik

Selama wawancara daring mengenai pendapatan 2020, CEO Nissan Makoto Uchida menjawab mengenai kemungkinan kolaborasi dengan Apple setelah mundurnya Hyundai dari perbincangan tersebut, dilansir dari The Wall Street Journal.

"Kita perlu mengambil inisiatif baru," ungkapnya "Bekerja dengan perusahaan yang berpengetahuan luas, dengan pengalaman yang baik, melalui kemitraan dan kolaborasi," jelas Uchida.

Meski bukan pernyataan konfirmasi, tapi tanggapan tersebut menggambarkan kesediaan Nissan untuk bekerja sama dalam proyek yang dilaporkan telah banyak ditolak pabrikan otomotif besar lainnya. Keunggulan Nissan dalam mempopulerkan kendaraan listrik melalui Nissan Leaf menjadi daya tarik pabrikan Jepang tersebut.

mobil listrik Nissan Leaf berwarna biru
Nissan lebih dulu mengembangkan mobil listrik Nissan Leaf

>>> Hyundai-Kia Tepis Kabar Produksi Apple Car

Komentar Uchida muncul kurang dari seminggu setelah laporan yang mengindikasikan bahwa Apple sedang berdiskusi dengan beberapa perusahaan mobil Jepang mengenai kontrak produksi dan pasokan dalam pengembangan mobil listrik mereka. Setidaknya, ada enam perusahaan yang disebut sedang berada dalam negosiasi aktif.

Apple Insider menyebutkan bahwa Honda dan Mazda tidak dapat mengomentari masalah tersebut. Sedangkan Mitsubishi menegaskan klaim bahwa Apple terlibat dalam perusahaan Tiga Berlian tersebut adalah sebuah rumor belaka. Sementara Nissan beberapa waktu lalu menolak berkomentar.

>>> Mobil Listrik Apple Dirilis Tahun 2024

Nissan kandidat terdepan

Rumor tentang Apple Car telah meningkat selama beberapa minggu terakhir. Beragam laporan Januari lalu di Amerika dan Korea Selatan memberikan petunjuk mengenai pembicaraan lanjutan Apple dengan Hyundai. Produsen mobil Korea Selatan itu awalnya mengkonfirmasi sedang dalam diskusi untuk memproduksi kendaraan listrik dengan Apple.

pabrik produksi mobil Nissan di Amerika
Ada empat pabrik manufaktur Nissan tersebar di seantero Amerika

Menurut analis ekuitas Mio Kato, Nissan merupakan “kandidat yang paling mungkin untuk melakukan diskusi serius dengan Apple. Pasalnya pabrikan yang berbasis di Yokohama tersebut masih memiliki cadangan produksi yang bisa digunakan di Amerika. Nissan saat ini memiliki 4 fasilitas manufaktur di Amerika; Smyrna, Tennesse, Canton, dan Mississippi.

>>> Dapatkan pilihan mobil baru dan bekas berkualitas hanya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

 
back to top