Bukan dari Indonesia, Mitsubishi Bakal Rakit Xpander di Malaysia

09/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Bukan dari Indonesia, Mitsubishi Bakal Rakit Xpander di Malaysia
Mitsubishi Motors Malaysia akhirnya mengumumkan bahwa MPV andalannya Xpander bakal dirakit langsung di negeri jiran itu bukan diimpor dari Indonesia.

Mitsubishi Xpander rupanya juga bakal dijual di Malaysia. Menjalani debut global di Tanah Air pada tahun 2017, Mitsubishi Motors Malaysia (MMM) telah mengumumkan bahwa MPV andalannya Xpander bakal dirakit secara lokal alias CKD dan tak diimpor dari Indonesia. 

Mitsubishi sendiri tengah menyiapkan fasilitas produksi Xpander di kawasan Pekan, Pahang. Nantinya, Mitsubishi Xpander di Malaysia akan dirakit di Pekan. Ini berbeda dengan sebelumnya dimana Mitsubishi merakit ASX dan juga SUV Outlander di Tan Chong Motors, Segambut

Mitsubishi Xpander

Xpander telah dijual di beberapa negara ASEAN

>>> 20 Mobil Terlaris Juli 2020, Suzuki Carry Geser Avanza - Xpander

Dirakit Langsung di Malaysia

Pabrik Mitsubishi di Pekan akan memiliki fasilitas pengelasan bodi yang telah dibekali peralatan canggih seperti ED-Coating 360 derajat dan juga pengecatan lewat robot. Diharap pekerjaan pengecatan yang dilakukan oleh robot hasilnya bisa lebih merata. 

Di samping itu, fasilitas pabrik juga memiliki tempat untuk menguji mobil guna memastikan fitur keselamatan pada mobil berfungsi secara keseluruhan seperti Active Stability Control (ASC), sebelum mobil masuk ke produksi final dan dijual ke pasaran. 

CEO MMM Tomoyuki Shinnishi menyebut perakitan Xpander secara lokal di Malaysia ini dilakukan demi memenuhi kebutuhan konsumennya di sana. 

"Harganya akan lebih kompetitif dan menjadi pilihan mobil keluarga sekaligus pencinta petualangan. Terutama bagi mereka yang menginginkan kenyamanan dalam mobil  berkapasitas tujuh penumpang, maka perjalanan akan makin menyenangkan," ungkap Shinnisihi dikutip Cintamobil.com dari Paultan, Rabu (9/9/2020). 

>>> 10 Hal Ini Membuat Mitsubishi Xpander Cross Pas Diajak New Normal Adventure

Mitsubishi Xpander di Malaysia Belum Dirilis

Sejak pertama kali dirilis di Indonesia pada tahun 2017, Mitsubishi Xpander baru satu kali mendapat ubahan pada awal tahun 2020. Tampilan Mitsubishi Xpander lebih segar dengan hadirnya grille berdesain baru dan juga lampu depan LED. Kemudian ada juga beberapa tambahan fitur di bagian interiornya. 

Di negeri jiran itu, wujud Mitsubishi Xpander untuk warga Malaysia mulai terungkap. Kabarnya, Mitsubishi Xpander di Malaysia bakal dibekali dengan Apple CarPlay dan juga kamera 36 derajat serta tampilan interior serba hitam. 

Mitsubishi Xpander

Xpander menjadi salah satu Low MPV terlaris di Indonesia

Di balik kapnya, tak banyak perbedaan dengan Xpander di Indonesia yakni mesin 4A91 empat silinder berkapasitas 1.5L yang bisa menghasilkan tenaga setara 105 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm. Mesin bakal dipasangkan dengan transmisi matik empat percepatan. 

Sebelum meluncur, Mitsubishi memamerkan Xpander di beberapa tempat untuk menarik minat warga Malaysia. Namun, publik tak bisa mengetahui banyak karena Mitsubishi belum menunjukan Xpander lebih mendetail di Malaysia. 

Sebagai informasi, mengutip data distribusi ekspor Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Mitsubishi masih mengirim Xpander secara CBU ke Malaysia pada bulan Juli 2020 sebanyak 30 unit. Selain Malaysia, Mitsubishi Xpander juga diekspor ke banyak negara seperti Filipina, Vietnam, Thailand, dan lainnya. 

>>> Klik sini untuk lanjut baca berita otomotif yang hot lainnya

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Kepincut Xpander, Mitsubishi Thailand Rancang Mirage Paling Keren

25/07/2018

Mobil baru

6 menit

Desain futuristik Mitsubishi Xpander yang mengantarkan pada kesuksesan penjualan Mitsubishi Indonesia bikin Mitsubishi negara lain kepincut. Mereka terangsang membuat model baru dengan harapan bisa menyusul kesuksesan Xpander.

Lihat juga

Sukses di Indonesia, Mitsubishi Xpander Merantau ke Thailand

20/08/2018

Pasar mobil

5 menit

Setelah sukses memberikan dampak besar bagi segmen Low MPV di Indonesia, Mitsubishi akhirnya memperkenalkan Mitsubishi Xpander di Thailand, Sabtu (18/8) lalu.

Lihat juga

Thailand Jadi Sasaran Ekspor Mitsubishi Xpander Berikutnya

04/06/2018

Pasar mobil

7 menit

Nuansa kebahagiaan Mitsubishi atas keberhasilan mengeskspor perdana Xpander ke Filipina masih terasa. Kini Mitsubishi bakal melanjutkan ekspansinya ke negara lain dan Thailand jadi negara sasaran selanjutnya.

Lihat juga

Hasil Uji Coba Xpander AP4 Akan Dikaji Bareng Ralliart New Zealand

16/07/2020

Event - Promosi

3 menit

Usai uji coba yang sangat memuaskan, XPANDER Rally Team (XRT) akan menganalisis data hasil uji coba Mitsubishi Xpander AP4 bersama Ralliart New Zealand

Lihat juga

Review Mitsubishi Xpander 2020: Ubahan Minimalis Demi Tambah Daya Saing

Rp. 272.100.000

07/03/2020

Editor rate:

Mitsubishi Xpander kembali memperbaharui dirinya, ubahan minimalis ini dipercaya akan makin menambah daya saingnya di kelasnya. Simak review Mitsubishi Xpander 2020 dari Cintamobil berikut ini.

Lihat juga