Bukan Cuma Klimis, Chevrolet Vega Ini Punya Tenaga Monster

23/01/2021

Pasar mobil

5 menit

Bukan Cuma Klimis, Chevrolet Vega Ini Punya Tenaga Monster
Chevrolet Vega berkelir kuning dengan aksen hitam ini merupakan hasil restorasi untuk mengembalikan kejayaannya di tahun 1970-an. Namun mesinnya menggunakan LSX 454 bertenaga 650 Hp.

Chevrolet Vega di Indonesia mungkin tak setenar Camaro SS. Namun mobil yang diproduksi antara tahun 1970 hingga 1977 itu punya reputasi baik di negara asalnya, Amerika Serikat (AS), bahkan sampai saat ini. Tak heran kalau saat ini masih cukup banyak yang mengincar Vega untuk direstorasi demi jadi mobil koleksi.

Pun demikian dengan Chevrolet Vega 1971 berkelir kuning yang satu ini. Secara penampilan, jelas sekali mobil tersbeut lebih dari cukup dari kata kinclong alias klimis. Terlihat jelas jika hasil restorasi pada mobil itu benar-benar sempurna.

>>> Renault Bakal 'Hidupkan' Model Jadul dan Dijadikan Mobil Listrik

Usianya Sudah 50 Tahun Tapi Tenaganya Setara Mobil Baru

Chevrolet Vega restorasi

Penampilannya mengembalikan kejayaan mobil ini di era 1970-an

Dikutip dari Autoevolution, Jumat (22/01/2021), Chevrolet Vega ini dijuluki "Jega". Selain bodinya yang begitu mengkilap, dibalik kap mesinnya juga tersimpan LSX 454 small-block. Istimewanya, mesin 7.400 cc V8 tersebut ternyata diketahui baru digunakan sejauh 6.006 kilometer.

Mesin itu kemudian dikombinasikan injektor LS2, intake manifolt LSXR, throttle body 102 mm, engine management Holley Dominator, koil MSD, dan radiator custom dari bahan aluminium. Dipasangkan dengan transmisi otomatis 4L60-E mobil klasik ini pun sanggup mengeluarkan tenaga 620 Hp. Sebuah kemampuan yang layak diadu dengan mobil-mobil sport modern.

>>> Modifikasi Land Rover Defender Bermesin Chevrolet Camaro

Dijual Rp 1,3 Miliar

Engine LSX 454

Mesin LSX 454 bertenaga 650 Hp

Selain mesinnya yang begitu bertenaga, Chevrolet Vega ini juga sudah menggunakan rangka baja MaxG Art Morrison. Untuk kaki-kaki bagian belakang, Jega juga sudah memakai linkage untuk gardan belakang, lalu dipasang juga double adjustable shock. Perangkat itu untuk memperkuat kinerja ban belakang yang tapaknya juga lebar.

Mengingat tenaganya yang begitu besar, maka perangkat penghenti lajunya juga harus mumpuni. Itu sebabnya rem dengan rotor 13 inci yang dijepit kaliper empat piston dari Wilwood sudah disiapkan. Sistem pengereman ini dirasa mampu menguasai velg Weld S71 5 spoke yang dibalut ban BFGoodrich g-Force Rival.

Jika Anda berminat, Vega bertenaga monster ini dipasarkan oleh Cruisin' Classics dengan harga USD 94.995 atau kira-kira Rp 1,3 miliar. Sebuah harga yang fantastis untuk hasil restorasi yang fantastis pula.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top