Bukan Avanza, Mitsubishi Xpander di Vietnam Jadi Rival Toyota Innova

13/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Bukan Avanza, Mitsubishi Xpander di Vietnam Jadi Rival Toyota Innova
Di Indonesia, Mitsubishi Xpander seolah menjadi 'musuh bebuyutan' bagi Toyota Avanza. Tapi Mitsubishi Xpander di Vietnam justru berhadapan dengan Toyota Innova.

Kelahiran Mitsubishi Xpander pada pertengahan tahun 2017 menjadi angin segar bagi para pencinta mobil segmen Low MPV di Indonesia. Low MPV sendiri merupakan salah satu segmen yang paling 'gemuk' karena diisi oleh banyak pabrikan.

Saat ini, tercatat ada Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander, Wuling Confero, Honda Mobilio, dan juga Mitsubishi Xpander yang bermain di segmen Low MPV.

Sebelum Xpander hadir, pasar Low MPV Tanah Air didominasi oleh mobil sejuta umat Toyota Avanza. Avanza hampir tak pernah lepas dari predikat mobil paling laris se-Indonesia tiap tahun sejak kelahirannya pada 2003.

Mitsubishi Xpander

Xpander mengisi segmen MPV di Vietnam

>>> Toyota Innova Facelift Meluncur Duluan di Vietnam, Berapa Harganya?

Mitsubishi Xpander di Vietnam Bersaing dengan Innova

Kedatangan Mitsubishi Xpander yang diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 berhasil mengganggu posisi Avanza. Xpander kerap menempel Avanza dan turut mengisi daftar mobil terlaris di Indonesia. Hingga saat ini pun keduanya kerap disandingkan ketika berbicara penjualan mobil Low MPV.

Berbeda negara, lain pula selera akan mobil dan penempatan segmennya. Kalau di Indonesia Xpander berhadapan langsung dengan Avanza, tapi tidak dengan di Vietnam.

Mitsubishi Xpander di Vietnam mengisi segmen MPV dan justru bersaing dengan kakak Avanza yakni Toyota Innova. Mengutip Zing, Selasa (12/10/2020), pada akhir 2018 Innova masih menjadi yang terpopuler di segmen MPV Vietnam sebelum Xpander lahir. Penjualan Innova pada tahun 2018 mencapai 14.581 unit atau menguasai pangsa pasar MPV sebesar 83,8 persen.

Mitsubishi Xpander

Harganya disebut lebih terjangkau untuk segmen MPV

Namun pada Mei 2019, posisi Toyota Innova mulai digeser oleh Xpander. Tercatat pada akhir 2019 Xpander terjual lebih dari 20.000 unit mobil atau sekitar 55,11 persen pangsa pasar segmen MPV. Sementara Innova hanya menjual 12.164 unit mobil atau setara 33,36% persen.

Persaingan antara keduanya pun masih terus berlanjut hingga saat ini. Hingga September 2020, penjualan Xpander hanya mencapai 9.906 unit sedangkan Innova 3.338 unit.

>>> Harga Innova Bisa Rp 179 Jutaan Bila Pajak Mobil Baru 0% Berlaku

Toyota Innova Facelift Jadi Modal Lawan Xpander

Salah satu kunci yang membuat Mitsubishi Xpander cepat laris dan membalap penjualan Innova adalah harganya. Perbedaan harga antara keduanya bisa di kisaran 200-300 juta vietnam dong atau setara Rp 120-190 jutaan, dimana Xpander lebih murah.

Di samping itu, dari sisi pengeluaran untuk konsumsi bahan bakar Xpander juga cenderung lebih hemat ketimbang Innova.

Toyota Innova Facelift

Wujud Toyota Innova Facelift

Toyota baru-baru ini meluncurkan Innova model terbaru di Vietnam. Vietnam juga menjadi negara perdana yang merilis Toyota Innova Facelift ini.

Hadirnya Toyota Innova Facelift diharapkan bisa menjadi salah satu modal untuk bisa berhadapan dengan Xpander. Tapi sayang peluncuran Toyota Innova Facelift justru kurang disambut antusias oleh warga Vietnam. Bahkan ada yang menyebut Toyota Innova tak berubah sama sekali, layaknya wine tua di botol baru.

Di Vietnam, sudah empat tahun lebih Toyota Innova tak didandani. Hingga akhirnya Toyota Innova bersolek dengan sejumlah ubahan di sisi desain eksterior dan juga interior.

>>> Cintamobil TV: Komparasi Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross 2020

Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top