Bukan Avanza Atau Xenia, Ini Mobil Bekas Paling Dicari Orang Indonesia

04/10/2018

Pasar mobil
Share this post:
Bukan Avanza Atau Xenia, Ini Mobil Bekas Paling Dicari Orang Indonesia
Mobil keluarga Toyota Avanza dan kawan-kawannya tak hanya laris manis di pasar mobil baru, tapi juga banyak dicari di pasar mobil bekas. Meski demikian mobil-mobil sejuta umat tersebut bukanlah yang terlaris. Ada mobil bekas lain paling dicari orang Indonesia saat ini.

Foto Toyota Avanza Veloz 2015 bekas

Toyota Avanza / Veloz tidak lagi jadi primadona pasar mobil bekas

Soal status mobil MPV terlaris di Indonesia Toyota Avanza masih nomor satu, meski saat ini sedang digoyang oleh Mitsubishi Xpander. Lebih dari 1,6 juta unit Avanza terjual di Indonesia sejak kali pertama diluncurkan 15 tahun silam. Keberhasilan Toyota menjual Avanza membuat produsen lain kepincut membuat mobil yang 'sama' berkapasitas 7 penumpang. Tercatat hingga kini selain Avanza, ada beberapa model yang aktif bersaing memperebutkan konsumen yaitu Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, serta dua pendatang baru Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero S.

Berbeda dengan pasar mobil baru MPV yang didominasi low MPV, di pasar mobil bekas mobil MPV juga banyak diminati tapi bukan low MPV. Menurut salah satu kepala cabang penjual di dealer mobil bekas di Jakarta saat ini mobil bekas paling dicari adalah Toyota Innova.

"Situasi ekonomi memang agak sulit, tapi untuk penjualan dan permintaan Toyota Innova masih stabil. Berbeda dengan mobil di bawahnya itu seperti Avanza, Brio, dan Agya memang belakangan ini berkurang," tutur Adji Yuwana Pratama, Kepala Cabang Mobil88 Tebet kepada media belum lama ini.

"Kalau bicara kelas, mobil kelas MPV masih banyak dicari, sedangkan untuk harga di tempat kami sendiri mobil bekas berkisar Rp 200 juta sampai Rp 250 juta. Di pasar otomotif Indonesia merk seperti Toyota, Daihatsu, dan Honda memang cukup stabil penjualannya baik itu baru atau bekas," sambung Adji.

>>> Pedagang Mobil Bekas Senang, Dollar Naik Jualan Naik

Foto mobil Kijang Innova bekas di dealer mobil88

Toyota Innova, kini paling dicari di pasar mobil bekas

Kenaikan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS yang terjadi sejak beberapa bulan terakhir tidak terlalu berdampak pada penjualan mobil bekas di tempatnya. Meski mengalami penurunan, tapi dealer masih bisa menjual sesuai target yang direncanakan di awal. Dealer mobil bekas Mobil88 Cabang Tebet Jakarta Selatan yang dikepalainya masih bisa menjual sekitar 70 unit kendaraan dari berbagai merek. "Untuk penjualan memang sedikit berkurang tapi tidak melenceng dari target yang sudah direncanakan," tutup Adji.

Sementara untuk mobil baru Toyota Innova, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat hingga Agustus 2018 Toyota Innova terjual sebanyak 36.325 unit. Jauh mengungguli penjualan model lain satu segmen seperti Isuzu Panther, Wuling Cortez, Toyota Sienta, Nissan Grand Livina dan yang lain.

>>> Semester I 2018, Kijang Innova Masih Terlalu Kuat Mencengkeram Pasar Medium MPV

>>> Berita informasi dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top