Bugatti Type 57S Ini Segera Dilelang dengan Harga Rp 132 Miliar

14/01/2021

Pasar mobil

5 menit

Bugatti Type 57S merupakan mobil yang jarang terlihat ada yang memilikinya, bahkan unit yang akan dilelang ini pun sudah teronggok di gudang selama lebih dari 50 tahun. Namun 19 Febraru 2021 mobil ini akan dilelang dengan nilai yang diperkirakan tembus lebih dari seratur miliar.

Bugatti memang sudah tersohor sebagai pabrikan yang kerap memproduksi mobil tercepat versi jalan raya, misalnya saja melalui Chiron dan Veyron. Selain itu pabrikan yang berada di bawah payung Volkswagen (VW) Group ini juga sudah terkenal selaku pembuat mobil ultra mewah. Tak heran harga mobil-mobil Bugatti bisa tembus puluhan miliar rupiah.

Bahkan kedua pamor ini sudah lama di pegang pabrikan yang didirikan oleh Ettore Bugatti di tahun 1909 itu. Sejumlah mobil klasik Bugatti seperti Type 35 dan Type 57C dimasanya merupakan mobil ultra luxury yang cuma dimiliki kalangan jetset. Dan sampai kini harga mobil tersebut tidak pernah mengalami depresiasi walau usianya sudah beberapa dekade.

Kalau Anda juga pecinta mobil klasik Bugatti, rasanya harus tahu tentang keberadaan Bugatti Type 57S yang satu ini. Sebab Bugatti Type 57S tahun 1937 tersebut saat ini sedang mencari pemilik baru.

>>> Renault Bakal 'Hidupkan' Model Jadul dan Dijadikan Mobil Listrik

Tertidur Lebih dari 50 Tahun

Bugatti Type 57S Lelang

Restorasi terakhir rampung di tahun 1969

Yang istimewa dari Type 57S ini adalah mobil tersebut baru dimiliki oleh tangan ketiga. Pemilik pertamanya Robert Ropner, anggota keluarga Ropner Shipping Line yang memesan mobil ini secara khusus dari Bugatti. Kemudian pasca Perang Dunia mobil ini berpindah tangan ke Rodney Carke, pendiri tim balap British Connaught Grand Prix.

Selanjutnya Bill Turnbul membeli Bugatti Type 57S ini kemudian melakukan restorasi penuh hingga rampung di tahun 1969. Sayangnya mobil tidak pernah melaju di jalan raya selama lebih dari 50 tahun setelah proses restorasi selesai. Karena beberapa saat sebelum restorasi selesai, sang pemilik terlebih dulu menemui ajalnya. Namun Bill sempat berpesan kepada pewaris hartanya untuk menyelesaikan restorasi mobil tersebut.

>>> Singer Modifikasi Porsche 911 Klasik, Siap Ikut Reli Dakar!

Mobil Jalan Raya Tercepat di Masanya

Bugatti Type 57S Interior

Kondisinya masih seperti mobil baru

>>> Review Bugatti Chiron Sport 2018: Hanya Untuk Konglomerat Penikmat Mobil Sejati

57S merupakan model yang diproduksi Bugatti di rentang tahun 1934-1940 bersama dengan Type 57, dan Type 57C. Menggunakan mesin 3.300 cc, saat itu Type 57S menjadi mobil jalan raya tercepat. Ini karena Type 57 mengambil basis dari mobil balap Bugatti di era 1930-an. Salah satu keistimewaannya adalah sasis mobil ini menggunakan material ringan yang sama dengan Type 57G Tank, mobil balap Bugatti yang turun dalam kejuaran di tahun 1936.

Dengan usia yang hampir 84 tahun, kondisi Bugatti Type 57S ini sangat luar biasa. Cat hitam pada eksteriornya bahkan terlihat masih bersinar. Sementara interiornya juga masih dibiarkan original.

"Ini merupakan unit yang benar-benar luar biasa. Selama ini Bugatti 57S hanya menjadi penghuni museum, tapi kini mobil tersebut ditawarkan ke pasar setelah terdiam sejak 1969," kata Sholto Gilbertson, Director Bonhams Motor Cars UK, seperti dikutip dari Carbuzz, Kamis (14/01/2021).

Apabila uang bukan masalah bagi Anda untuk mendapatkan Bugatti super langka ini, maka siapkan nomor rekening Anda. Karena lelang akan dimulai oleh Bonhams pada 19 Februari 2021. Perkiraan harganya menyentuh 7 juta Pound yaitu sekitar Rp 132,7 miliar. Jika nilai ini benar-benar tembus, maka Type 57S akan jauh lebih mahal dibanding Bugatti Chiron.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top