Budi Karya: Transportasi Umum Jakarta Targetkan 5 Juta Penumpang Pada 2024

03/07/2018

Pasar mobil
Share this post:
Budi Karya: Transportasi Umum Jakarta Targetkan 5 Juta Penumpang Pada 2024
Untuk mengatasi kemacetan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mencanangkan peningkatan transportasi umum untuk mengangkut 5 juta orang per hari pada 2024.

Rencana tersebut disampaikan dalam peninjauan Depo MRT lebak Bulus pada hari Minggu (1/7) kemaren. Ia mengungkapkan angkutan masal di Jakarta yang masih kurang terorganisir diharapkan bisa diperbaiki untuk memenuhi target 5 juta penumpang per hari. Jumlah tersebut dapat dipenuhi dengan membangun moda transportasi serta meningkatkan kapasitas penumpang.

"Saya pikir kita mampu untuk melaksanakan 2024 itu angkutan massal Jakarta sudah bisa dilaksanakan dengan baik. Dan pada saat itu lebih dari lima juta manusia perhari bisa diangkut, artinya 50% pergerakan di Jakarta ini bisa diakomodasi," jelas Budi.

Gambar yang menunjukan angkutan penumpang MRT dengan banyak penumpang di dalamnya

MRT bisa mengangkut lebih banyak penumpang dibandingkan ankutan lainnya

Kapasitas transportasi umum kota Jakarta, terang Budi, baru bisa mengangkut 1.1 juta hingga 2.5 juta penumpang per hari. Kapasitas 5 juta penumpang bisa ditingkatkan dengan menghadirkan Light Rapid Transportastion, Mass Rapid Transportation, serta Bus Rapid Transportation serta pengembangan kereta listrik.

>>> Berikut lokasi uji coba perluasan ganjil genap yang berlaku hari ini

Kehadiran MRT yang disebut mampu menampung hingga 1 juta penumpang per hari, bisa disandingkan dengan LRT dengan perkiraan 400 ribu penumpang setiap hari per rangkaian. "Kalau kita katakanlah ada 4 LRT, itu kira-kira 1.6 juta. Berarti [keseluruhan] sudah 5 juta," terang Budi.

Gambar yang menunjukan transportasi umum MRT yang sedang melaju

MRT khusus Jakarta meliputi 13 stasiun dengan panjang 15.7 kilometer

Saat ini, pengerjaan proyek MRT untuk jalur utara – selatan fase I telah mencapai pengerjaan 94% untuk rute Lebak Bulus – Bundaran HI yang meliputi 13 stasiun dengan jarak tempuh sepanjang 15.7 kilometer.

>>> Ingin mendapatkan mobil bekas yang terjangkau? Dapatkan penawaran terbaik di sini

Presiden Direktur PT MRT Jakarta William Sabandar dalam kesempatan yang sama juga menegaskan pembangunan fase I sedang dalam tahap integrated testing and commissioning yang rencananya akan dilakukan pada bulan Agustus mendatang. Pengujian meliputi persinyalan, telekominukasi, dan kelistrikan.

Pada bulan September, William menjelaskan bahwa pihaknya akan mulai mengujicoba kereta. Terdapat empat rangkaian kereta dengan 6 gerbong per kereta. "Jadi 24 gerbong. Secara bertahap akan tiba sampai November. Jadi pada bulan November seluruh perangkat sudah siap untuk diujicobakan. Pada Desember kita masuk periode uji coba kereta."

>>> Dapatkan berita lalu lintas terkini lainnya hanya di Cintamobil

Gambar yang menunjukan angkutan MRT yang sedang melaju dengan jalanan dengan mobil yang sedang berjalan lancar

Transportasi umum bisa meredam kemacetan yang menjadi makanan pokok penduduk Jakarta

Meskipun begitu, saat ini rangkaian yang ada baru berjumlah 2 buah. Sementara target MRT beroperasi secara komersil direncanakan rampung pada bulan Maret tahun depan. Untuk tiket, pihak MRT menyebut belum ada kepastian harga yang ditetapkan.

>>> Dapatkan berita otomotif terbaru hanya ada di Cintamobil

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top