Budaya Baru di Jepang: Menyewa Mobil untuk Tidur Hingga Mengisi Daya Smartphone

08/07/2019

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Budaya Baru di Jepang: Menyewa Mobil untuk Tidur Hingga Mengisi Daya Smartphone
Kebanyakan orang menghabiskan uang dengan menyewa mobil karena memiliki tempat yang akan dituju. Berbeda di Jepang, sebagian konsumen yang menggunakan layanan penyewaan mobil (car-sharing) namun tidak mengendarai mobilnya.

Layanan car-sharing atau berbagi kendaraan di Jepang, Orix, menemukan bahwa banyak pelanggan mereka yang menyewa mobil tetapi tidak mengendarainya. Dilansir The Verge yang mengutip The Asahi Shimbun, Orix meninjau catatan jarak tempuh kendaraan dan mengetahui bahwa sejumlah kendaraan dikembalikan setelah “bepergian tanpa jarak”.

Hal yang sama dilaporkan oleh Times12 Co, salah satu penyedia layanan berbagi mobil terkemuka dengan lebih dari 1.2 juta kendaraan terdaftar. Ternyata bukan untuk bepergian, namun pelanggan di Jepang menggunakan mobil untuk tidur hingga mengisi daya smartphone.

jalanan di Jepang dengan beberapa mobil di jalan 
Sedikitnya ruang publik membuat penduduk Jepang menyewa mobil untuk tidur

Sebagaimana dijelaskan oleh Asahi Shimbun, salah satu responden mengatakan bahwa mereka menyewa kendaraan untuk tidur siang atau digunakan sebagai ruang kerja. Pelanggan lainnya menyimpan tas dan barang pribadi lainnya di mobil sewaan ketika loker di tempat mereka bekerja penuh.

>>> Mobil China Belum Memikat Blue Bird, Ini Alasannya!

Setelah gempa bumi dan tsunami besar yang melanda Jepang Timur pada 2011, mobil sewaan juga digunakan untuk mengisi ulang ponsel. "Saya menyewa mobil untuk makan makanan yang saya beli di sebuah toko karena saya tidak bisa menemukan tempat lain untuk makan siang," kata seorang karyawan pria berusia 31 tahun yang tinggal di Prefektur Saitama, dekat Tokyo.

Harga sewa yang cukup murah membuat banyak pelanggan menggunakan mobil hanya untuk tidur siang. “Biasanya satu-satunya tempat saya bisa tidur siang saat mengunjungi klien saya adalah warnet di depan stasiun, tetapi menyewa mobil untuk tidur hanya beberapa ratus yen (puluhan ribu rupiah), hampir sama dengan tinggal di warnet.”

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap lainnya hanya di sini

petugas yang sedang mempersiapkan mobil berwarna putih
Ada banyak perusahaan penyedia layanan berbagi kendaraan di Jepang

Di Jepang, Anda bisa meminjam kendaraan dengan harga sekitar 400 yen (Rp52.215) untuk satu kendaraan selama 30 menit. Dan mobil yang dipinjam bisa diambil di salah satu dari lebih dari 12.000 tempat parkir perusahaan yang tersebar di seluruh Jepang. Pelanggan dapat memesannya selama beberapa jam atau bahkan sehari penuh melalui smartphone mereka.

Mobil-mobil baru yang bisa dipinjam mudah diakses dan ditemukan. Dengan banyaknya perusahaan penyewaan mobil, sebagian besar mobil menghabiskan sekitar 90 persen setiap hari di tempat parkir, menunggu untuk dikendarai.

>>> Informasi dunia otomotif dalam dan luar negeri terlengkap hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Persiapan Matang, T2 Motorsport Raih Prestasi di Blancpain GT World Challenge Seri Jepang

22/06/2019

Event - Promosi

4 menit

Setelah sukses mencetak podium saat seri balap kedua Blancpain GT World Challenge Asia di Buriram, Thailand, kini Rio Haryanto bersama T2 Motorsport siap tatap seri balap ketiga di Suzuka, Jepang

Lihat juga

Nissan Bawa Teknologi Swakemudi ke Jepang Bersama Nissan Skyline Baru

18/05/2019

Pasar mobil

2 menit

Dengan meluncurkan versi ProPilot yang lebih maju, Nissan memperkenalkan masa depan teknologi swakemudi di Jepang. Disebut dengan ProPilot 2.0, teknologi bantuan mengemudi ini menggabungkan pengemudian di jalan raya dengan kemampuan lajur tunggal hands-off.

Lihat juga

Genjot Mobil Bertenaga Hidrogen untuk Olimpiade, Jepang Berikan Subsidi Toyota Mirai

22/03/2019

Mobil baru

Tidak terlalu fokus pada kendaraan plug-in listrik, pembuat mobil ini memproduksi mobil bertenaga sel bahan bakar hidrogen bernama Toyota Mirai. Dan pemerintah Jepang menyambut baik rencana tersebut dengan memberikan subsidi untuk menyambut Olimpiade 2020 di Jepang.

Lihat juga

Budaya Lowrider Jepang: Hobi untuk Kebebasan dari Dunia Kerja

09/02/2019

Pasar mobil

Meskipun tidak dikenal sebagai negara dengan budaya mobil terbesar di dunia, namun lowrider Jepang menjadi salah satu kebudayaan menarik yang bisa Anda rasakan di Negeri Matahari Terbit tersebut.

Lihat juga

Kesempatan Langka, Konsumen Bisa Konsultasi Seputar Mobil Mitsubishi Dengan Mekanik Jepang

03/11/2018

Event - Promosi

Sukses di tahun pertamanya pada 2017, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) tahun ini kembali menggelar Mitsubishi Service Caravan. Program purna jual berskala internasional ini akan digelar di 2 bengkel resmi Mitsubishi.

Lihat juga
 
back to top